HomeInfo SehatKulitPilihan Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Kulit

Pilihan Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

dr. Theresia Rina Yunita, 21 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Punya pori-pori besar memang kerap membuat tidak percaya diri dan tampilan riasan pun jadi tidak sempurna. Coba atasi dengan beragam masker alami berikut ini!

Pilihan Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Punya kulit wajah yang terlihat mulus dan sehat, siapa yang tidak mau? Sayangnya, ada saja masalah kulit yang mungkin bisa terjadi dan akhirnya mengganggu penampilan wajah.

Salah satu masalah yang sering dialami adalah pori-pori kulit yang membesar. Pasalnya, area kulit wajah dengan pori-pori besar cenderung lebih berminyak. Hasil riasan pun tidak bisa terlihat maksimal.

Namun, tahukah Anda bahwa mengecilkan pori-pori sebenarnya tidak melulu harus menggunakan obat dokter ataupun laser dengan harga jutaan. 

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba guna mengatasinya. Salah satunya dengan menggunakan masker alami yang tentunya tidak membuat kantong jebol. 

Inilah beberapa jenis masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar:  

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah jadi bahan alami yang banyak digunakan untuk produk kecantikan.

Mulai dari pelembap, hair mask, sampai face mask, lidah buaya kerap jadi andalan untuk berbagai fungsi, termasuk mengecilkan pori-pori.

Sifat dari kandungan dalam lidah buaya adalah melembapkan. Jika dioleskan pada saat dingin, bahan ini bisa membuat pori-pori jadi tampak lebih kecil. 

Cuci bersih lidah buaya, ambil bagian buah yang berwarna bening kemudian oleskan ke wajah. Tunggu 10-15 menit hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih. 

2. Mentimun

Anda bisa menjadikan mentimun sebagai masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah. 

Mentimun memiliki kandungan yang dapat menormalkan kembali tingkat pH kulit. Tak hanya itu, efek dingin dari mentimun juga dianggap efektif mengatasi permasalahan pori-pori besar.

Potong buah mentimun kemudian blender hingga halus, tambahkan air mawar sebagai campuran hingga dapat dioleskan ke seluruh wajah dengan merata. 

Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. 

Artikel lainnya: Cara Aman Membuat Masker Pepaya di Rumah

3. Gula Merah

Gula merah atau brown sugar bisa menjadi bahan rumahan untuk eksfoliasi sel kulit mati. 

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang akan membantu meremajakan kulit dengan harapan bisa mengecilkan pori-pori.

Larutkan gula merah dengan air hangat secukupnya. Tambahkan minyak zaitun, kemudian gunakan sebagai scrub wajah. 

4. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi bahan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda. 

Campurkan 2 sdm oatmeal dengan yoghurt. Letakkan di lemari es selama beberapa jam.

Kemudian, oleskan masker ini ke kulit Anda selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Artikel lainnya: Tips Wajah Glowing dengan Bumbu Dapur

5. Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)

Tahukah Anda bahwa cuka sari apel dapat membuat kulit lebih kencang? Jadi, karena kencang, pori-pori wajah pun terlihat seolah mengecil.

Hanya saja, butuh penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan cuka sari apel karena masih ada risiko iritan pada wajah. 

Jika Anda mau menggunakannya sebagai masker, cobalah terlebih dahulu pada belakang telinga dan tunggu 10-15 menit. 

Apabila ada reaksi kemerahan atau gatal, itu artinya ada potensi iritasi dan alergi terhadap cuka sari apel, jadi sebaiknya hindarilah bahan ini.  

6. Tomat

Salah satu masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah masker tomat. 

Selain untuk mengecilkan pori-pori, buah tomat juga dapat mengurangi kandungan minyak pada wajah. 

Anda bisa celupkan bola kapas ke mangkuk berisi jus tomat, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air. 

7. Kopi

Kopi mengandung antioksidan yang dapat meremajakan kulit, termasuk memperbaiki tekstur dan kekenyalan kulit yang memiliki masalah pori-pori besar. 

Anda bisa menggunakan ampas kopi sebagai masker atau mencampur bubuk kopi dengan yoghurt, kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas. 

Artikel lainnya: Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami Ini

8. Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau, seperti yang kita semua tahu, sangat bagus untuk kulit dan tubuh sehingga bisa menjadi masker alami untuk mengecilkan pori-pori.

Teh hijau mengandung tanin yang berfungsi sebagai antioksidan, yang pada akhirnya dapat membantu mengecilkan pori-pori besar Anda. 

Bubuk teh hijau dapat dicampur dengan air mawar, kemudian digunakan sebagai masker alami. 

Meskipun masker alami di atas bisa menjadi alternatif untuk mengecilkan pori-pori wajah, tentu efektivitasnya berbeda bila dibandingkan dengan laser dan obat dokter. 

Itulah sederet masker alami untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yang besar. 

Sebelum menggunakan bahan alami sebagai alternatif, konsultasikan dulu kepada dokter kulit agar terhindar dari iritasi maupun alergi.

Cari tahu informasi lainnya mengenai kesehatan dan kecantikan kulit dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi secara online lewat fitur Live Chat Dokter.

[RS]

Masker wajahkesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait