HomeGaya hidupPerawatan WanitaBenarkah Makan Lobak Bisa Memperbesar Payudara?
Perawatan Wanita

Benarkah Makan Lobak Bisa Memperbesar Payudara?

Krisna Octavianus Dwiputra, 14 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lobak dikenal sebagai salah satu sayuran yang sarat nutrisi. Tapi, benarkah sayuran ini bisa memperbesar payudara?

Benarkah Makan Lobak Bisa Memperbesar Payudara?

Beberapa wanita terkadang tidak puas dengan ukuran payudaranya. Tak heran bila berbagai cara membesarkan payudara dilakukan, mulai dari menjalani treatment medis hingga makan makanan tertentu.

Berbicara soal makanan yang dikonsumsi, ada anggapan yang mengatakan lobak bisa membantu wanita membesarkan payudara. Benarkah hal tersebut dari sudut pandang medis?

 

Kandungan Nutrisi Lobak

Fakta nutrisi lobak menurut United States Department of Agriculture (USDA) untuk 1 cup (setara dengan 116 gram) yaitu:

  • Kalori: 19
  • Lemak: 0,1 g
  • Sodium: 45 mg
  • Karbohidrat: 3,9 g
  • Serat: 1,9 g
  • Gula: 2,2 g
  • Protein: 0,8 g
  • Vitamin C: 17 mg

Lobak merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Jumlah tersebut memenuhi 23 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk wanita dan 19 persen dari nilai harian untuk pria.

Artikel lainnya: Kimchi Bermanfaat untuk Cegah Kanker, Mitos atau Fakta?

Benarkah Lobak Bisa Memperbesar Payudara?

Nutrisinya yang cukup baik membuat lobak dapat menjadi salah satu sayuran yang dapat dikonsumsi sehari-hari, bahkan diklaim dapat memperbesar payudara.

Melansir Styles at Life, dikatakan sifat astringen pada sayuran lobak membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan jaringan lokal, termasuk payudara.

Ukuran payudara akan meningkat drastis dengan sirkulasi darah yang lebih baik.

Lantas, apakah lobak benar-benar efektif sebagai bahan alami untuk membesarkan payudara? Menurut dr. Adeline Jaclyn, hal itu masih diragukan karena belum ada penelitian yang benar-benar mendapatkan hasil soal ini.

"Agak sulit menemukan sumber yang lebih kredibel mengenai hal ini. Bisa dibilang, butuh penelitian lebih lanjut dan belum bisa dipastikan lobak membuat payudara menjadi besar," kata dr. Adeline.

Jadi, Anda belum bisa menyimpulkan bahwa lobak dapat memperbesar ukuran payudara. Terlepas dari hal tersebut, lobak tetap dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda dan konsumsilah dalam batas yang wajar.

Artikel lainnya: Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Cara Lain untuk Mengencangkan Payudara Secara Alami

Daripada Anda melakukan tindakan yang belum diakui secara medis untuk memperbesar atau mengencangkan payudara, lebih baik lakukan beberapa tips berikut untuk mewujudkan bentuk payudara yang lebih indah:

1. Latihan Dada

Dengan melakukan gerakan latihan yang tepat pada area dada, otot dada di sekitar payudara dapat secara efektif dikembangkan. Latihan ini pun dapat bermanfaat bagi otot punggung dan bahu. Nantinya, payudara bisa terlihat lebih besar dan kencang.

Namun, dr. Adeline mengatakan olahraga hanya membuat payudara terlihat kencang, bukan memperbesar.

“Olahraga lebih membentuk otot belakang payudara dan sekitarnya, bukan memperbesar payudara secara langsung,” ungkapnya.

Beberapa latihan yang bisa dicoba yaitu push-up, chest press extensions, dan pose kobra.

Artikel Lainnya: Hobi Makan Daging Olahan Bisa Kena Kanker Payudara!

2. Memperbaiki Postur

Memiliki postur tubuh yang prima memang dapat memberikan beragam manfaat. Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, postur tubuh sempurna juga membantu payudara terlihat lebih kencang dan indah.

Latihan yang membantu memperbaiki postur tubuh di antaranya plank dan cat-cow pose.

3. Pertimbangkan Ukuran Bra yang Lebih Pas

Nyatanya, beberapa wanita masih memilih ukuran bra yang tidak tepat. Penelitian menunjukkan, 70 persen wanita memakai bra yang terlalu kecil dan 10 persen memakai bra yang terlalu besar.

Bra yang terlalu sempit bisa meratakan payudara dan membuatnya tampak lebih kecil. Bagian-bagian yang tidak memenuhi cup bra dengan baik pun akhirnya terlihat tidak indah dan mengganggu kenyamanan.

Sementara, bra yang kebesaran tidak bisa menopang payudara dengan sempurna dan cenderung membuatnya terlihat kendur.

Selain itu, memakai bra lama dan sudah tidak berbentuk baik juga dapat berpengaruh. Semakin sering dicuci dan dengan cara yang salah, bra bisa melar dan akhirnya tidak menopang payudara dengan sempurna.

Berapa pun ukuran payudara Anda, pastikan untuk memakai ukuran bra yang tepat. Bra dengan size yang sesuai akan membuat payudara terlihat lebih indah dan kencang.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar pemakaian bra yang tepat, pakai Live Chat di KlikDokter. Sebelum percaya informasi kesehatan tertentu, yuk cari tahu dulu fakta medisnya di KlikDokter!

(FR/JKT)

Kesehatan Payudara

Konsultasi Dokter Terkait