HomeGaya hidupPerawatan WanitaBerbagai Faktor yang Menentukan Ukuran Payudara Wanita
Perawatan Wanita

Berbagai Faktor yang Menentukan Ukuran Payudara Wanita

Tri Yuniwati Lestari, 17 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Payudara wanita umumnya terbentuk dengan proses yang sama. Namun, mengapa saat dewasa ukuran payudara wanita bisa berbeda? Ini faktor penyebabnya!

Berbagai Faktor yang Menentukan Ukuran Payudara Wanita

Setiap tubuh manusia, termasuk payudara wanita, memiliki ciri yang khas dan tidak ada yang sama persis. Payudara awalnya terbentuk sejak di dalam kandungan.

Prosesnya dimulai dari penebalan di area dada janin yang disebut mammary ridge atau garis susu.

Ketika lahir, puting dan sistem saluran susu bayi perempuan telah terbentuk. Selanjutnya, di usia 8 hingga 13 tahun, payudara wanita mulai berkembang.

Nah, karena proses perkembangannya seragam, lantas mengapa ukuran payudara wanita saat dewasa bisa berbeda-beda, ya?

Faktor-faktor yang Pengaruhi Ukuran Payudara Perempuan

Meskipun terbentuk dari proses yang sama, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan ukuran payudara wanita jadi berbeda-beda. Berikut beberapa faktor yang harus diketahui.

1. Nutrisi

Menurut dr. Arina Heidyana, nutrisi adalah faktor yang dapat memengaruhi ukuran payudara wanita. Menurutnya, bila asupan nutrisi baik, pertumbuhan tubuh juga pasti akan baik.

Dikutip dari Womenshealth, ciri-ciri payudara sehat di antaranya memiliki jaringan di bawah kulit payudara yang terasa lembut dan tidak ada benjolan di sekitarnya.

“Agar sehat, asupan nutrisi harian itu terpenuhi dengan cara konsumsi makanan yang bergizi. Boleh juga konsumsi kedelai dan olahannya, ikan, kacang-kacangan, telur, alpukat, semangka, dan lain-lain,” jelas dr. Arina.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi vitamin. Pasalnya, bila tubuh kekurangan vitamin,  produksi hormon bisa terganggu sehingga pertumbuhan payudara bisa terhambat.

Artikel Lainnya: Meremas Payudara Bisa Perbesar Ukurannya?

2. Berat Badan

Payudara Anda adalah bagian tubuh yang kompleks. Payudara terdiri dari jaringan ikat atau pendukung, kelenjar dan saluran susu, serta jaringan lemak.

Wanita perlu tahu, apabila komposisi lemak di dalam tubuh cukup banyak, tak dimungkiri ukuran payudaranya juga lebih besar.

3. Faktor Keturunan

Genetik atau faktor keturunan juga bisa menentukan pertumbuhan dan ukuran payudara. Kata dr. Arina, faktor keturunan memang punya peran penting untuk memengaruhi ukuran payudara.

Namun, bukan berarti ukuran atau payudara wanita kelak akan sama persis dengan milik ibunya.

Artikel Lainnya: Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Bentuk Payudara

4. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan mengalami perubahan, termasuk di bagian payudaranya. Di usia remaja menuju dewasa, ukuran payudara akan terus membesar atau bertambah.

Maka itu, mengonsumsi makanan bergizi dan menggunakan bra yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan payudara sehat.

Di usia senja nanti, jaringan yang mempertahan bentuk payudara akan mengendur. Oleh karena itu, semakin tua usia wanita, semakin kendur dan mengecil juga ukuran payudaranya.

5. Kehamilan

Ketika hamil, ukuran payudara wanita juga bisa berubah menjadi lebih besar. Namun, perubahan ini tidak terjadi permanen.

Setelah ibu melahirkan dan menyusui bayi selama beberapa waktu, payudaranya akan kembali ke ukuran atau bentuk sebelum hamil.

6. Olahraga

Olahraga juga dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara wanita. Apabila Anda sering melakukan latihan yang fokus memperkuat otot dada, payudara bisa terlihat lebih besar dan kencang.

Artikel Lainnya: Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

Adakah Ukuran Payudara yang Ideal?

Dijelaskan oleh dr. Arina, tidak ada ukuran pasti payudara ideal, yang terpenting payudara wanita itu sehat.

Namun, menurut penelitian dari Zava, ada ukuran payudara yang dianggap ideal oleh pria dan wanita.

Guna mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti melakukan survei kepada lebih dari 2.000 orang. Para partisipan diberi pertanyaan tentang ukuran payudara yang dianggap menarik dan ideal bagi mereka.

Hasilnya, sekitar 60 persen pria dan 54 persen wanita menganggap payudara berukuran sedang atau medium itu lebih menarik dan ideal!

Kesimpulan survei juga mengatakan, hanya sekitar 30 persen partisipan yang menganggap payudara besar itu menarik.

Tak hanya itu, partisipan penelitian turut menganggap payudara dengan cup bra C adalah ukuran yang ideal.

Demikian beberapa faktor yang dapat memengaruhi ukuran payudara wanita. Punya pertanyaan lain mengenai payudara atau kondisi kesehatan lainnya? Baca terus artikel di aplikasi Klikdokter dan manfaatkan layanan LiveChat 24 Jam.

(OVI/AYU)

Kesehatan Payudara

Konsultasi Dokter Terkait