Sukses

Mengungkap Manfaat Chamomile untuk Kulit Sensitif

Skincare yang mengandung chamomile diduga bisa memberikan banyak manfaat sehat untuk kulit sensitif. Apa kata dokter mengenai hal ini? Cari tahu faktanya.

Chamomile biasanya diolah menjadi teh. Manfaat teh chamomile juga bervariasi; mulai dari mengobati perut kembung, mengatasi insomnia dan sakit kepala, hingga meredakan gejala PMS.

Tidak hanya itu, tumbuhan dengan nama latin Matricaria chamomilla ini juga disebut memiliki banyak manfaat untuk kulit sensitif, lho!

 

1 dari 3 halaman

Apa Benar Chamomile Baik untuk Kulit Sensitif?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Medicine Reports, salah satu senyawa utama yang ditemukan dalam chamomile adalah apigenin. Senyawa tersebut dikatakan dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit. 

Studi yang sama juga mengungkap, chamomile mengandung senyawa lain yang memiliki efek antiradang. Senyawa ini termasuk alfa-bisabolol, alfa-bisabolol oksida A dan B, serta matricin. 

Kombinasi senyawa yang ada di dalam chamomile dituding memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam lapisan kulit dan menghambat pelepasan bahan kimia yang menyebabkan peradangan. 

Hal senada ternyata juga diungkapkan oleh dr. Adeline Jaclyn. Menurutnya, benar bahwa chamomile bagus untuk kulit sensitif. 

“Karena ada efek antiradang di chamomile sehingga dapat meningkatkan fungsi pertahanan kulit," jelas dr. Adeline.

Artikel Lainnya: Manfaat Minum Teh Kamomil yang Perlu Anda Tahu

2 dari 3 halaman

Hati-Hati Efek Samping dan Kontraindikasi Chamomile

Meski mengandung senyawa yang bermanfaat, orang-orang yang memiliki kulit sensitif tetap harus waspada jika ingin menggunakan skincare yang mengandung chamomile.

Faktanya, chamomile adalah bagian dari famili tanaman yang sama dengan ragweed dan krisan. 

Orang yang alergi terhadap tanaman tersebut dapat mengalami reaksi alergi dari ringan hingga parah setelah menggunakan chamomile; baik secara oral maupun topikal. 

Terkait hal tersebut, dr. Adeline berujar bahwa pada dasarnya manfaat chamomile untuk kulit sensitif bersifat individual. 

Artikel Lainnya: Mengintip Manfaat Teh Chamomile untuk Membantu Tidur

Artinya, beberapa orang mungkin merasakan manfaatnya; sedangkan sebagian lainnya tidak atau malah mengalami efek samping merugikan.

"Balik lagi, (manfaat chamomile untuk kulit sensitif) cocok-cocokan. Oleh karena itu, setiap produk sebaiknya uji terlebih dulu sebelum pemakaian," saran dr. Adeline.

Selain efek tersebut, ada pula hal lain yang perlu menjadi perhatian. Chamomile mengandung kumarin yang merupakan senyawa alami dengan efek antikoagulan atau pengencer darah. 

Anda tidak disarankan mengombinasikan konsumsi chamomile dengan coumadin (warfarin) atau obat lain yang memiliki efek serupa. 

Orang dengan gangguan perdarahan juga mesti berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin mengonsumsi atau menggunakan produk berbahan chamomile.

Manfaat chamomile untuk kulit sensitif memang ada. Namun, manfaat tersebut bersifat individual alias tidak bisa dirasakan oleh setiap orang. 

Atas dasar itu, Anda yang punya kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter sebelum menggunakan skincare yang mengandung chamomile.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar