Sukses

Manfaat Kencur untuk Obati Batuk Bayi

Kencur sudah lama dikenal sebagai obat batuk alami yang efektif. Akan tetapi, bagaimana dengan bayi? Ampuhkah kencur untuk batuk bayi?

Siapa yang tidak cemas saat melihat bayi batuk terus-menerus? Mereka bisa rewel, enggan menyusu, hingga sulit istirahat. Sayangnya, karena usianya yang masih sangat dini, bayi tidak boleh sembarang diberikan obat pereda batuk.

Itulah sebabnya, banyak orang tua memilih bahan alami untuk meredakan batuk bayi. Apakah kencur untuk batuk bayi salah satu yang disarankan?

 

1 dari 3 halaman

Sekilas tentang Kencur

Rimpang dengan nama latin Kaempferia galanga mungkin tidak asing lagi dalam masakan Indonesia. Bentuknya menyerupai jahe, meski rasa dan aromanya jauh berbeda.

Kencur adalah sumber zinc, ethyl aster, pati, borneol, paraeumarin, asam kayu manis, dan mineral yang baik. Karena kandungan-kandungan tersebut, tanaman ini dikenal punya berbagai manfaat untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaatnya yang dikenal secara luas:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mungkin Anda ingat, ketika kecil sering diberikan kencur untuk meningkatkan nafsu makan. Tak keliru memang. Pasalnya, kencur dikenal memiliki khasiat karminatif yang membantu meningkatkan nafsu makan.

2. Sumber Antioksidan

Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan kuman penyebab penyakit. Manfaat ini membuat kencur baik untuk memelihara kekebalan tubuh.

Artikel lainnya: Manfaat Kencur untuk Kesehatan Bayi 6 Bulan ke Atas

3. Kurangi Kembung

Rupanya kencur juga bermanfaat untuk keluhan perut kembung. Caranya, cuci kencur yang sudah dibersihkan dengan dengan air garam hangat. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya secara mentah.

2 dari 3 halaman

Benarkah Kencur Bisa Obati Batuk Bayi?

Lalu, bagaimana dengan manfaat kencur untuk batuk pada bayi? Bolehkah mereka mengonsumsi kencur untuk obati batuk?

Menjawab hal tersebut dr. Devia Irine Putri mengamini manfaat kencur untuk batuk bayi. Apalagi, bayi Anda sedang mengalami batuk berdahak.

"Kencur dikenal sebagai obat batuk alami karena kandungannya ada antioksidan, antiinflamasi. Selain itu, kencur juga punya sifat untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mempermudah mengeluarkan dahak," ungkap dr. Devia Irine.

Artikel lainnya: Ampuhkah Membalurkan Bawang Merah pada Bayi yang Pilek?

"Cara membuat kencur untuk obat batuk bayi bisa dengan air rebusan sari kencur, ekstrak kencur yang biasanya berbentuk bubuk, atau dalam bentuk suplemen," tuturnya lagi.

Soal dosis, dokter muda itu menjelaskan, sejauh ini belum ada takaran yang disarankan untuk mengobati batuk bayi. Lebih baik, berikan dalam jumlah wajar pada si kecil.

Plusnya lagi, karena kencur adalah bahan alami, efek samping yang ditimbulkan relatif minim, kecuali bayi memiliki alergi.

Selain itu, bila Anda ingin memberikan herbal ini pada bayi di bawah 6 bulan, diskusikan dulu bersama dokter. Alasannya, bayi di bawah 6 bulan masih dalam fase ASI eksklusif.

Anda dapat menyiapkan kencur sebagai salah satu pengobatan alternatif alami untuk batuk pada bayi. Namun, pastikan jumlah yang diberikan tidak berlebihan. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada dokter saat batuk bayi tak kunjung mereda.

Dapatkan informasi seputar nutrisi, gangguan kesehatan, dan perkembangan bayi dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar