Sukses

Fakta soal Period Poop, Ketidaknyamanan BAB saat Haid!

Sadar atau tidak, wanita sering tak nyaman ketika BAB saat haid. Kondisi itu disebut period poop. Berikut fakta tentang ketidaknyamanan tersebut.

Segala sesuatu memang jadi tak nyaman saat datang bulan, termasuk BAB. Saking tak nyamannya, kadang ada beberapa wanita yang terpaksa menunda-nunda BAB karena nyeri di area bawah itu.

Lantas, apa kondisi yang disebut sebagai period poop ini terbilang normal? Atau sebenarnya, ada kondisi tertentu yang bikin hal ini jadi tak normal?

 

1 dari 3 halaman

Fakta-fakta BAB saat Haid

Secara umum, perubahan BAB saat haid itu terbilang wajar. Hanya saja memang ada beberapa kondisi yang membuatnya menjadi tak normal.

Agar tak menebak-nebak lagi soal period poop, berikut sejumlah fakta yang perlu para wanita ketahui. 

  1. Period Poop Jauh Lebih Bau!

Jangan heran jika feses jauh lebih bau ketika sedang haid. Biasanya ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi selama pramenstruasi. Ketika mau haid, nafsu makan menjadi meningkat akibat hormon progesteron yang juga naik. 

Alhasil, Anda mengonsumsi beragam jenis makanan dan dalam jumlah yang banyak. Saat sudah haid, barulah pola makan tersebut memberikan imbasnya berupa feses yang lebih berbau busuk dan kentut yang mengganggu. 

  1. Period Poop Lebih Keras dan Mengarah ke Sembelit!

Ya, sekali lagi Anda bisa menyalahkan hormon. Meningkatnya hormon progesteron dan rendahnya kadar prostaglandin, yang sangat dibutuhkan di dalam proses penyembuhan luka serta reproduksi, akhirnya memperlambat kerja pencernaan dan membuat feses lebih keras.

Untuk mengatasi hal ini, sangat penting bagi untuk mengonsumsi lebih banyak serat dari sayur dan buah-buahan. Olahraga ringan juga diperlukan untuk merangsang pencernaan tetap berjalan dengan baik.

Jika benar-benar masih keras, obat pelembut feses yang dijual bebas di apotek bisa digunakan. 

Artikel Lainnya: Cek Kondisi Kesehatan Lewat Warna Darah Menstruasi

  1. Period Poop Lebih Menyakitkan!

Kondisi ketidaknyamanan BAB saat haid ini masih berhubungan dengan fakta di atas. Pertama, ini disebabkan oleh feses yang lebih keras

Yang kedua, nyeri juga bisa diperparah oleh kram menstruasi. Sebagian wanita memang ada yang mengalami kram menstruasi hebat. 

Nah, ketika mereka mengejan untuk BAB, rasa nyeri dan kram akan semakin parah. Jika terlalu nyeri, lebih baik jangan terlalu dipaksakan. Lembutkan dulu feses dengan perbanyak minum air putih, makan buah, dan aneka sayuran. 

  1. Bukan Jadi Keras atau Sembelit, Kok Malah Jadi Diare?

Naik turunnya hormon dan senyawa di dalam tubuh menjelang dan saat haid memang bikin wanita pusing. 

Jika Anda diare ketika haid, ada kemungkinan prostaglandin Anda berlebih sehingga frekuensi BAB justru jadi sering, bahkan sampai diare.

Hal ini tentunya akan semakin buruk apabila wanita yang sedang haid punya kebiasaan minum kopi. Kopi memperburuk diare karena kopi memiliki efek pencahar. 

Bila Anda tipikal wanita yang tak bisa lepas dari kopi, beralihlah dulu sementara ke kopi rendah/tanpa kafein (decaf). Bila perlu, hentikan dulu kebiasaan tersebut sampai haid selesai. 

Artikel Lainnya: Pola Makan Sehat yang Sehat dan Tepat Ketika Haid

  1. Tidak Bisa Membedakan Kram Perut atau Mau BAB, Apa Normal?

Tenang saja, kondisi yang membingungkan seperti ini terbilang normal. Pasalnya, kontraksi rahim dan usus sama-sama disebabkan oleh prostaglandin sehingga sulit dibedakan. 

Ditambah lagi, kram sering kali disertai dengan rasa tertekan di bagian panggul dan bokong. Nah, jadi makin susah dibedakan, bukan? 

  1. Perlukah Ganti Pembalut atau Tampon Tiap BAB?

Bila saat BAB atau saat cebok terdapat kotoran atau feses di pembalut, Anda wajib menggantinya. Feses dapat mengandung bakteri berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi vagina jika tidak sengaja mengenai pembalut. 

Jika tidak, hal itu tidak diperlukan, apalagi jika pembalut masih dalam kondisi “kosong” atau baru dipakai.

Tetap ingin mengganti pembalut atau tampon setiap kali buang air besar? Boleh-boleh saja, karena itu pilihan Anda. Lakukan yang paling bikin Anda nyaman saja.

  1. Adakah Trik Menyeka atau Cebok yang Perlu Dilakukan saat Period Poop?

Sebenarnya tidak ada trik khusus untuk hal yang satu ini. Intinya sebiasa mungkin feses dan air tidak mengenai pembalut Anda. 

Apabila ada kondisi tertentu yang membuat Anda susah untuk cebok menggunakan air dan sabun ketika haid, tisu basah dapat menjadi solusi. 

Bila perlu, carilah tisu yang basah yang bebas parfum dan bahan kimia, sehingga tidak mengiritasi kulit dan menimbulkan efek samping lainnya. 

Artikel Lainnya: Waspadai Penyakit Dibalik Nyeri Haid Tidak Normal (Dismenorea Sekunder)

2 dari 3 halaman

Kapan Period Poop Jadi Bahaya dan Harus Periksakan Diri ke Dokter?

Nyeri BAB saat haid memang wajar. Tapi hal itu menjadi tidak wajar apabila nyerinya benar-benar intens dan disertai dengan gejala-gejala lain. 

Dokter Devia Irine Putri berpendapat, nyeri tersebut bisa mengarah ke endometriosis (jaringan tumbuh di luar rahim). 

“Karena kondisi ini biasanya melibatkan tuba fallopi, indung telur, usus atau jaringan yang melapisi pelvis. Karena terjadi peradangan, sering kali menyebabkan nyeri saat BAB,” jelasnya. 

Penderita irritable bowel syndrome (IBS) biasanya juga lebih sering mengalami nyeri BAB saat haid. Frekuensinya pun lebih sering daripada orang-orang yang tak punya penyakit ini. 

“Hal ini disebabkan oleh hormon prostaglandin yang memicu kontraksi usus. Akibatnya, penderitanya bisa nyeri saat BAB,” tambahnya. 

Dokter Devia menerangkan, “Tak cuma nyeri, wanita sebaiknya perhatikan juga apakah darah dan lendir pada BAB? Apakah frekuensi BAB-nya lebih dari 4 kali sehari disertai dengan perubahan konsistensi feses? Apakah ada tanda dehidrasi? Apakah nyeri perutnya hebat? Jika iya, lebih baik periksakan diri ke dokter spesialis kandungan.”

Untuk mengecek apakah ada kemungkinan endometriosis, dokter kandungan biasanya akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada lapisan di luar rahim atau tidak. Pemeriksaan fisik lainnya juga diperlukan untuk mengecek kemungkinan penyakit lain. 

Itu dia sejumlah fakta tentang period poop yang mesti Anda ketahui. Bila masih ada pertanyaan seputar ketidaknyamanan BAB saat haid atau keluhan kesehatan lainnya, konsultasikan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar