Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Dear Ladies, 5 Latihan Ini Bisa Bikin Perut Jadi Six Pack

Dear Ladies, 5 Latihan Ini Bisa Bikin Perut Jadi Six Pack

Perempuan juga bisa punya abs (perut kotak-kotak) loh, begini tips untuk bisa dapat perut six pack.

Jangan salah, bukan hanya laki-laki yang bisa punya perut six pack, perempuan juga bisa! Semua itu bisa Anda dapatkan dengan latihan rutin, disiplin, dan mengonsumsi makanan sehat.

Mau tahu bagaimana cara membentuk perut menjadi kotak-kotak. Simak beberapa latihan atau gerakan yang bisa membuat perut Anda jadi sexy dan sick pax

 

1 dari 3 halaman

Latihan untuk Membentuk Otot Perut

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, setiap orang bisa memiliki abs atau otot perut six pack. Cara mendapatkannya pun tidak berbeda antara pria dan wanita.

“Intinya yang diperlukan adalah olahraga khusus untuk membakar lemak di perut dan juga menguatkan otot perut. Bisa cardio, HIIT (High Intensity Interval Training), olahraga melatih otot perut seperti crunches, sit up, push up, plank,” kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: Ladies, Ini Gerakan Dumbbell yang Cocok untuk Wanita!

Berikut ini, olahraga yang bisa diterapkan untuk membentuk perut menjadi kotak-kotak:

1. Kardio

Dikutip dari Women Health kardio bisa menjadi olahraga pilihan untuk membentuk otot perut. Sebab, kardio merupakan aktivitas fisik yang bisa membakar lemak di perut.

Semakin sering latihan kardio, semakin banyak pula lemak di perut terkikis. Anda bisa olahraga kardio dengan melakukan joging, jalan kaki, dan bersepeda.

2. HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT atau latihan interval dengan intensitas tinggi adalah aktivitas fisik yang bagus untuk meningkatkan kebugaran.

HIIT dapat membentuk otot perut dan membuatnya jadi kencang. HIIT juga bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan meningkatkan pembakaran lemak. Melakukan HIIT selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu, bisa menurunkan berat badan mencapai 2 kilogram.

Artikel Lainnya: Wanita Latihan Angkat Beban, Bahayakah?

3. Sit Up

Sit up sudah lama dikenal sebagai gerakan latihan untuk membentuk otot bagian perut. Tak hanya itu, sit up juga membantu memperbaiki postur tubuh. Cobalah untuk melakukan sit up sebanyak 25 kali dalam sehari. Bagian perut Anda pastinya akan mengecil perlahan dan terasa kencang!

4. Crunch

Latihan crunch pada dasarnya mirip dengan sit up. Bedanya, rentang gerakan crunch lebih sempit. Caranya, letakkan kedua tangan di belakang kepala dan pastikan posisi kaki Anda tidak menyentuh lantai. Lalu, angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara bersama-sama. Latihan ini dapat mengencangkan otot perut bagian atas.

5. Plank

Plank adalah gerakan yang efektif untuk mengencangkan perut. Cara melakukan gerak ini mudah, namun mempertahankannya cukup susah.

Mulailah dengan posisi tubuh seperti mau latihan push up. Tekuk kedua siku dan topang badan Anda menggunakan lengan, tangan, dan ujung kaki. Tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki. Jangan lupa untuk mengencangkan bagian perut.

Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik. Apabila masih merasa kuat, tambah durasi menjadi 45 detik sampai 1 menit. Ulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

Artikel Lainnya: Olahraga Pilihan untuk Wanita Lansia

2 dari 3 halaman

Jangan Lupakan Ini!

Selain olahraga, menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi juga penting agar perut perempuan bisa six pack.

“Hindari makanan yang diawetkan atau tidak sehat, tinggi lemak, tinggi karbohidrat dan sodium. Jadi, lebih baik konsumsi makanan sehat misalnya yang mengandung serat. Selain membantu menjaga saluran cerna agar lebih sehat, berat badan jadi terkendali, tidak terjadi juga penumpukan lemak di perut,” kata dr. Devia.

Lalu, guna membantu proses pembentukan otot di perut, disarankan untuk banyak minum air putih serta hindari minuman bersoda atau yang mengandung gula. Tidur cukup juga penting untuk dapat mewujudkan perut kencang dan six pack.

Mau tahu tips kesehatan lainnya? Anda bisa  memanfaatkan layanan Live Chat dari Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar