Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kehamilan B Belly, Kondisi Perut Ibu Mengandung Berbentuk Huruf B

Kehamilan B Belly, Kondisi Perut Ibu Mengandung Berbentuk Huruf B

Kondisi perut saat hamil bisa membentuk huruf B atau disebut B belly. Mari ketahui fakta soal bentuk perut ini dalam ulasan berikut.

Setiap kehamilan bisa memiliki keunikan yang berbeda-beda pada masing-masing ibu. Ada yang mengalami penambahan berat badan, rambut rontok, stretch mark, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, perbedaan bentuk perut ibu pun bisa berbeda. Mungkin yang terpikir di benak Anda mengenai perut ibu hamil adalah perut besar, buncit, dan cenderung berbentuk bulat. 

Namun, tahukah Anda ada bentuk perut ibu hamil lainnya yang disebut B belly? Yuk, ketahui lebih lanjut berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Kehamilan B Belly?

B belly adalah kondisi perut selama kehamilan yang terlihat seperti memiliki lipatan di tengahnya. Sesuai dengan namanya, perut ibu hamil akan terlihat seperti huruf B.

"Pada kehamilan B belly, perut ibu hamil akan tampak seperti huruf B bila dilihat dari samping. Ada bagian seperti ikat pinggang di tengah yang membagi menjadi perut atas dan perut bawah," jelas dr. Devia Irine Putri.

Kondisi B belly tidak meliputi payudara yang menjadi lebih besar saat hamil.

Artikel Lainnya: Apa yang Dilakukan Bayi di Dalam Perut Ibu?

Pada kehamilan yang umum dijumpai, perut ibu hamil akan berbentuk huruf D dan tidak memiliki bagian pemisah. Namun, berbeda halnya dengan B belly. Beberapa orang menyebut perut huruf B sebagai kehamilan perut ganda.

Lantas, perlukah khawatir bila memiliki bentuk perut tersebut saat hamil? Menurut dr. Devia, B belly hal itu bukanlah masalah besar.

"Sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya. Biasanya hal ini dialami wanita yang punya berat badan berlebih," jelasnya.

Artikel lainnya: Perut Gatal Tanda Janin Tumbuh Rambut, Mitos atau Fakta?

2 dari 4 halaman

Penyebab Kehamilan B Belly

Tidak ada penyebab spesifik B belly dalam kehamilan. Selain karena berat badan berlebih, bentuk perut ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya seperti tinggi badan serta struktur otot dan tulang.

Selain itu, B belly juga bisa disebabkan oleh jarak kehamilan yang terlalu dekat. Faktor inilah yang paling sering terjadi. 

"Jadi, belum sempat otot-otot perut kembali, tapi ternyata sudah meregang lagi," ungkap dr. Devia.

Beberapa penyebab umum lainnya dari perut berbentuk B saat hamil yakni:

  1. Kondisi Fasia 

Hal ini banyak berkaitan dengan terbentuknya perut B belly. Fasia adalah pita jaringan ikat yang berada di bawah kulit. Kesehatan fasia dan kekencangan kulit dapat memainkan peran penting dalam menentukan bentuk perut seseorang. 

  1. Diastasis Recti 

Kondisi ini bisa membuat tampilan perut berbeda. Tekanan perut dari bagian dalam yang terjadi secara berlebihan menjadi pemicu diastasis recti. Otot perut dan jaringan ikat selama hamil bisa jadi sangat meregang. 

Selain itu, diastasis recti bisa menyebabkan perut buncit. Kondisi ini disebabkan pelebaran pada ruang antara otot perut kanan dan kiri. 

Artikel lainnya: 8 Tips Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Pakaian pada Kehamilan B Belly

Karena memiliki bentuk yang besar dan berbeda dari biasanya, terkadang beberapa pakaian menjadi kurang sesuai dan nyaman bagi ibu dengan B belly. Apa solusinya?

"Kalau pakaian pada dasarnya pilih yang nyaman dan tidak ketat agar ibu bebas bergerak. Pilih yang longgar agar bentuk perut tidak terlalu tampak," saran dr. Devia. 

"Lalu, bisa memakai maternity legging atau maternity belt untuk membantu menopang perut dan menutupi bentuk perut B," tambahnya.

Jadi, Anda tak perlu khawatir berlebihan bila memiliki B belly saat hamil. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan selama kehamilan dan rutin kontrol kandungan.

Bila ingin konsultasi kepada dokter kandungan seputar bentuk perut dan kesehatan kehamilan, pakai Live Chat KlikDokter. Anda pun dapat memantau perkembangan kandungan dengan Kalender Kehamilan.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar