Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Aromaterapi Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Benarkah Aromaterapi Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Aromaterapi memiliki wangi khas, yang konon dapat menciptakan sensasi relaks. Wewangian ini bahkan disebut dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Sejak pandemi terjadi di Indonesia, banyak perusahaan yang harus mempekerjakan karyawannya dari rumah. Keadaan ini bisa mencetuskan perasaan stres yang lebih besar, khususnya pada orang-orang yang sensitif.

Guna menanggulangi masalah tersebut, sebagian orang yang rentan stres memanfaatkan minyak esensial aromaterapi. Wewangian tersebut diduga bisa menciptakan sensasi relaks, bahkan disebut dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja.

 

1 dari 3 halaman

Aromaterapi, Benarkah Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Manfaat aromaterapi untuk menciptakan suasana relaks mungkin sudah pernah Anda rasakan sendiri. Lantas, bagaimana dengan klaim yang menyebut bahwa wewangian tersebut dapat meningkatkan produktivitas kerja?

Menjawab pertanyaan, dr. Dyah Novita Anggraini setuju dengan klaim tersebut. Menurutnya, aromaterapi dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja karena dapat merangsang saraf olfaktorius di belakang hidung yang akan tersambung ke sistem limbik.

“Sistem limbik akan merangsang hormon endorfin, yaitu hormon yang membuat senang dan semangat,” kata dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Redakan Batuk dengan Minyak Aromaterapi

2 dari 3 halaman

Pilihan Aromaterapi untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Menghirup aroma terapi dengan wewangian favorit dapat meningkatkan efektivitasnya dalam meredam stres, yang sekaligus dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Berikut ini beberapa wangi aromaterapi yang bisa Anda jadikan pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan:

1. Lemon

Aroma lemon dapat meningkatkan konsentrasi dan memiliki sifat menenangkan. Ini sangat cocok bagi Anda yang sedang tidak bersemangat.

Aromaterapi dengan wangi lemon juga memiliki sifat antibakteri, dan dituding dapat membantu melancarkan sistem pernapasan serta melegakan tenggorokan. Selain itu, ada juga klaim yang menyebut bahwa wangi lemon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Lavender

Aromaterapi bernuansa lavender dapat menenangkan sehingga dapat membantu meredam stres akibat tekanan.

Wangi lavender juga disebut dapat mengurangi beberapa gejala penyakit, seperti sakit kepala dan migrain.

Artikel Lainnya: Benarkah Aroma Lavender Efektif Atasi Stres?

3. Melati

Aromaterapi dengan wangi melati dituding dapat menenangkan saraf. Wewangian ini juga diduga dapat bersifat sebagai antidepresan, sehingga dapat menekan perasaan stres dan meningkatkan rasa percaya diri.

4. Rosemary

Aromaterapi dengan wangi rosemary dapat membangkitkan rasa semangat dan stamina dari dalam tubuh. Dengan ini, Anda pun jadi lebih bersemangat untuk mengerjakan tugas dari kantor.

5. Peppermint

Wangi peppermint yang menyegarkan dipercaya dapat memperlancar cara kerja otak. Tak hanya itu, aromaterapi ini rupanya juga turut menyegarkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan menstimulasi pikiran jernih, lho.

Sedang tidak bersemangat untuk mengerjakan tugas dari kantor? Anda dapat coba memanfaatkan aromaterapi dengan wewangian yang disukai, agar produktivitas kembali optimal.

Apabila rasa stres tidak kunjung reda dan produktivitas tidak kian membaik setelah menggunakan aromaterapi, mungkin saatnya Anda berkonsultasi kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar