Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Fakta di Balik Pantangan Mandi Air Hangat bagi Penderita Psoriasis

Fakta di Balik Pantangan Mandi Air Hangat bagi Penderita Psoriasis

Penderita psoriasis konon tak boleh mandi air hangat, karena diduga dapat memperburuk gejala penyakitnya. Apakah dokter sependapat dengan itu? Cari tahu faktanya!

Mandi air hangat adalah hal yang tepat dilakukan setelah bekerja seharian. Selain bikin tubuh lebih relaks, mandi menggunakan suhu air suam-suam kuku juga diduga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Sayangnya, kenikmatan mandi air hangat konon tak dapat dirasakan oleh penderita psoriasis. Pasalnya, mandi air hangat diduga dapat memperburuk gejala penyakit yang dialami.

Apakah hal tersebut dapat dibenarkan? Apa kata medis terkait pantangan mandi air hangat bagi penderita psoriasis?

1 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan bercak merah, bersisik, serta rasa  gatal dan kering pada kulit. Kondisi ini paling sering terjadi pada daerah lutut, siku, punggung bawah, kulit kepala, dan telapak tangan.

Psoriasis adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun tidak dapat menular antarmanusia. Penyakit tersebut umumnya terjadi pada pria maupun wanita yang ada di rentang usia 15 hingga 35 tahun.

Psoriasis memberikan gejala yang berbeda-beda pada penderitanya. Beberapa orang mengalami keluhan kulit yang hanya seukuran ketombe, sedangkan sebagian lainnya bisa berukuran sebesar telapak tangan atau lebih.

Sampai saat ini, penyebab pasti psoriasis masih belum diketahui. Para ahli kesehatan menduga, penyakit tersebut berhubungan dengan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan dipengaruhi oleh  faktor keturunan.

Selain itu, ada pula beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko psoriasis, yaitu stres, infeksi tenggorokan, dan cuaca dingin.

Artikel Lainnya: 7 Tips Merawat Kulit Psoriasis

2 dari 4 halaman

Benarkah Penderita Psoriasis Tidak Boleh Mandi Air Hangat?

Apa benar penderita psoriasis yang mandi air hangat akan mengalami perburukan gejala? Menjawab pertanyaan, dr. Atika rupanya kurang setuju dengan hal tersebut.

Menurut dr. Atika, penderita psoriasis bukan tidak boleh mandi air hangat. Mereka hanya tidak diperkenankan untuk mandi dengan air yang terlalu panas.

Faktanya, paparan air yang terlalu panas pada kulit penderita psoriasis dapat menyebabkan kekeringan. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan kulit terkelupas, memicu pelebaran bercak, dan memperburuk gejala psoriasis yang dirasakan.

Jika penderita psoriasis ingin mandi air hangat tanpa mengalami kondisi tersebut, pastikan suhunya sesuai dengan tubuh (tidak lebih tinggi dari suhu tubuh).

Anda dapat coba memercikan sedikit air ke tubuh. Jika dirasakan terlalu panas, tambahkan air dingin secukupnya hingga suhunya sesuai dengan tubuh, yakni sekitar 37 derajat Celcius.

Hindari mandi air hangat terlalu sering, sekalipun menggunakan suhu air yang tepat. Hindari juga mandi dengan durasi terlalu lama, dan batasi kegiatan berendam air hangat tidak lebih dari 10 menit.

Ingat, penderita psoriasis umumnya memiliki kulit yang sensitif. Apabila terpapar air hangat secara berulang atau terlalu sering, sekali pun suhu air tersebut sesuai, tetap dapat memperburuk gejala penyakit.

Artikel Lainnya: Kenali 5 Faktor Pemicu Psoriasis

3 dari 4 halaman

Tips Mandi untuk Penderita Psoriasis

Tidak ada salahnya jika penderita psoriasis ingin mandi, termasuk dengan air hangat, selama memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Mandi secukupnya; dua kali sehari.
  • Batasi waktu mandi hanya 5 sampai 15 menit.
  • Gunakan air hangat bersuhu suam-suam kuku atau sesuai dengan tubuh, yaitu sekitar 37 derajat Celcius. Hindari air panas atau bersuhu terlalu tinggi.
  • Gunakan sabun khusus untuk kulit sensitif.
  • Hindari menggosok kulit terlalu keras saat mandi.
  • Bilas sabun sampai bersih sempurna.
  • Keringkan kulit dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk berbahan halus. Hindari menggosoknya terlalu kuat.
  • Gunakan losion atau pelembap khusus, agar hidrasi kulit tetap terjaga dengan baik.

Penderita psoriasis tetap perlu mandi secara rutin dan teratur guna menjaga kebersihan tubuh, sehingga gejala penyakit tidak makin parah.

Pastikan untuk memperhatikan tips yang telah disampaikan, dan hindari menggaruk bagian yang gatal.

Apabila butuh tips dan saran dari dokter mengenai penyakit psoriasis, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar