Sukses

Perilaku Anak Cerminan dari Orangtua, Apakah Benar?

Perilaku si kecil dibentuk dari dalam keluarga. Anak pun meniru perilaku orangtua. Tapi, apakah benar perilaku anak adalah cerminan orangtua?

“Buah tak jatuh jauh dari pohonnya”. Tentu Anda pernah mendengar ungkapan tersebut. Ada benarnya memang karena perilaku anak terbentuk dari komunitas terkecil dalam kehidupannya, yakni keluarga.

Secara lebih khusus lagi, anak meniru perilaku orangtuanya. Ya, ayah dan ibu memang punya peran penting dalam membentuk karakter anak di masa depan.

Bahkan, sebagian orang menganggap perilaku anak adalah cerminan orangtua. Apakah ini sepenuhnya tepat?

1 dari 3 halaman

Apakah Perilaku Anak Selalu Cerminan dari Ortunya?

Perlu diketahui, orangtua sangat memengaruhi perilaku anak-anaknya. Mereka seperti spons yang “menyerap” semua yang dilakukan orangtua dan menggabungkannya ke dalam kehidupan mereka sendiri.

Hal ini juga diamini oleh psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. Dia sepakat kalau kecenderungan anak untuk mencontoh orangtuanya sangat besar.

Artikel lainnya: 7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

"Anak memiliki kemungkinan sangat besar untuk meniru orangtuanya karena anak menganggap orangtuanya adalah role model atau sosok peran yang anak hormati dan anak sayang," ungkap psikolog Ikhsan.

“Bahkan, sejak usia 2 tahun pun anak sudah meniru orangtuanya, mulai dari gerakan si orangtuanya hingga kebiasaannya," dia menambahkan.

Seiring bertambahnya usia, Ikhsan menjelaskan, anak meniru perilaku orangtua, termasuk cara bersikap, cara bersopan santun, ataupun cara Anda menyampaikan sesuatu.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Memberikan Contoh Perilaku Baik kepada Anak?

Meski ada kecenderungan untuk meniru, bukan berarti 100 persen perilaku dan sifat anak tergantung orangtua. Ada faktor lain yang juga membentuk perilaku anak seiring pertumbuhannya. Menurut Ikhsan, selain orangtua, faktor lingkungan sangat menentukan.

"Faktor lingkungan sebaya si anak juga turut membentuk perilaku anak. Ingat, masih ada juga faktor media, seperti anak sering menonton apa di televisi atau internet," tegas Ikhsan. 

Artikel lainnya: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Anak Menjadi Nakal

Tindakan dan adegan yang dilihat di internet atau televisi juga bisa membuat anak menirunya. Misalnya, jika anak sering menonton tayangan aksi di televisi, bisa jadi mereka menirunya dalam keseharian.

Ingin anak Anda punya perilaku yang baik? Berikut cara memberikan contoh perilaku baik kepada anak:

  • Sebelum memberi contoh perilaku, pahami dulu kalau tidak ada orangtua yang sempurna. Kalaupun masih ada salah-salah, hal itu tidak masalah. Yang penting, Anda dan pasangan terus belajar dan memperbaiki kesalahan.
  • Sebisa mungkin dalam membentuk perilaku anak, Anda tidak memberikan ancaman agar anak menurut.
  • Orangtua juga perlu teredukasi dan sering merefleksikan diri apakah setiap perilaku yang dilakukan ke anak itu sudah tepat atau belum.
  • Ajak anak untuk menghargai setiap hal kecil yang dilakukan. Misalnya, jika anak berhasil melakukan sesuatu, apresiasilah. Sebaliknya, jika anak berbuat kesalahan, beritahu dengan cara yang baik agar tak lagi terulang.

Jadi, tidak selalu benar ya orangtua adalah cerminan anak. Ada banyak faktor lain yang memengaruhi perilaku anak di masa depan. Pastikan Anda memfilter apa pun yang dilihat anak dari lingkungan demi tumbuh kembang yang optimal.

Jangan ketinggalan! Yuk, pantau minat dan kesukaan anak melalui fitur Cari Tahu Bakat si Kecil dari Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar