Kulit

Deretan Bahan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

Tamara Anastasia, 06 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pemilik kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Berikut ini beberapa kandungan yang harus dihindari.

Deretan Bahan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

Setiap orang pasti ingin punya kulit dengan kondisi normal, misalnya tidak berjerawat, bruntusan, kusam, dan sensitif.

Sebab, kondisi tersebut minim risiko bila menggunakan suatu produk kecantikan. Sayangnya, beberapa orang justru memiliki kulit sensitif.

Pemilik kulit sensitif memang harus sangat berhati-hati dalam memilih produk skin care bila tidak ingin mengalami masalah kulit.

Nah, ada beberapa bahan skin care yang harus dihindari pemilik kulit sensitif, cari tahu ulasannya berikut ini.

Mengenal Kondisi Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan permasalahan kulit yang umum dialami banyak orang. Tidak hanya wanita, pria juga ada yang memiliki kulit sensitif.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menjelaskan, orang yang memiliki kulit sensitif cenderung punya kulit yang kering bahkan mengelupas.

Tidak hanya itu, kulit sensitif juga cenderung lebih mudah memerah saat kering, terpapar sinar matahari serta suhu panas dan lembap, atau saat mencoba produk perawatan kulit yang baru.

“Kulit sensitif sebaiknya menghindari berganti-ganti produk perawatan kulit. Yang utama adalah menjaga kulit tetap lembap,” ujar dr. Astrid.

“Pelembap ada yang berbentuk gel, losion, atau krim, kebutuhannya tergantung dari tingkat sensitivitas dan seberapa keringnya kulit. Namun, biasanya kulit sensitif sebaiknya pakai pelembap losion atau krim yang cenderung lebih lembap,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Bedanya Kandungan AHA, BHA, PHA Dalam Produk Skincare

Hindari Bahan Skincare Ini Bila Punya Kulit Sensitif

Nah, karena pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan, adapun beberapa bahan yang sebaiknya tidak Anda gunakan yaitu:

1. Produk dengan Wewangian atau Parfum

Hindari produk kecantikan yang memiliki bahan wewangian atau parfum. Meski wanginya enak, tapi produk kecantikan dengan parfum bisa menyebabkan kulit iritasi dan memerah.

“Beberapa produk menambahkan agen pengharum agar produknya lebih harum atau menutupi bau kimia dari bahan aktif lainnya,” ungkap dr. Astrid.

“Biasakan membaca dengan baik tiap kandungan di dalam produk untuk mengetahui bahan apa yang memicu reaksi pada kulit, sehingga lebih mudah dihindari nantinya,” pesannya.

2. Produk dengan Bahan Aktif Terlalu Banyak

Hindari juga produk yang berisi terlalu banyak bahan aktif. Usahakan memilih produk yang bahan aktifnya sedikit untuk memudahkan dalam mengetahui pemicu reaksi.

Anda bisa konsultasi dengan dokter guna mengetahui bahan-bahan aktif apa yang sebaiknya dihindari, apalagi bila memiliki riwayat atopi (kecenderungan genetik berkembangnya hipersensitivitas).

Artikel Lainnya: Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

3. Minyak Esensial

Karena punya kulit sensitif, beberapa orang jadi memilih minyak esensial alami agar kulit tidak bereaksi alergi.

Jangan terjebak, pasalnya tidak semua produk kecantikan berlabel organik aman digunakan pada kulit sensitif.

“Anda justru harus menghindari menggunakan minyak esensial. Karena, selain biasanya memiliki aroma tertentu sehingga serupa dengan pewangi, minyak esensial juga bisa menyebabkan iritasi karena belum terjamin keamanannya,” jelas dr. Astrid.

4. Alkohol

Melansir Well and Good, produk kecantikan yang memiliki kandungan alkohol justru bisa memperburuk kondisi kulit sensitif.

Produk ini bisa membuat kulit jadi semakin kering, bahkan terasa perih ketika digunakan pada kulit wajah.

Meskipun alkohol jenis pelarut dapat meningkatkan kemanjuran beberapa produk, alkohol tetap berisiko menimbulkan rasa tidak nyaman bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.

5. Sulfat

Sulfat merupakan salah satu komponen yang membuat busa dalam produk kecantikan. Sulfat sendiri terbuat dari garam mineral yang mengandung sulfur.

Kandungan ini bisa menyebabkan kulit sensitif menjadi lebih kering dan gatal-gatal.

Itulah beberapa bahan di dalam produk kecantikan yang bisa menimbulkan keluhan pada kulit sensitif.

Konsultasikan kepada dokter kulit untuk mengetahui produk yang aman sesuai dengan jenis kulit Anda lewat LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

Skincare

Konsultasi Dokter Terkait