Sukses

Efek Samping Kompres Daun Telang untuk Mata

Mengobati mata iritasi dengan kompres daun telang, benarkah ampuh? Begini pandangan dari kacamata dokter.

Pernah melihat orang menetesi mata dengan air bunga telang atau mengompres mata dengan rebusan bunga telang? Cara-cara tersebut cukup dekat dengan kebiasaan masyarakat dalam mengatasi iritasi mata.

Namun, apakah mengobati mata dengan bunga telang benar ampuh? Yuk, simak penjelasan dokter berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Bahaya Menggunakan Bunga Telang untuk Mata

Bunga telang merupakan tanaman rambat yang biasa ditemukan di hutan ataupun di pekarangan rumah.

Warnanya biru pekat dengan putik berwarna putih dan pink. Bunga ini sering dijadikan hiasan rumah bagi mereka yang menyukai tanaman hias.

Bunga telang biasanya digunakan sebagai pengganti teh ataupun campuran pewarna makanan. Dengan warna yang khas dari bunga telang, adonan kue bisa terlihat lebih cantik.

Selain itu, biasanya beberapa orang menggunakan bunga telang untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran.

Cara menggunakannya dengan merendam beberapa kuntum bunga telang, diamkan sampai air rendaman berubah menjadi biru, lalu dibasuh ke mata.

Ada pula sebagian orang yang merebus bunga telang untuk dijadikan kompres mata. Namun, apa efek samping daun telang bila digunakan untuk mata?

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, menggunakan bunga telang untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran ataupun mengobati iritasi pada mata dapat memunculkan bahaya pada mata.

Artikel Lainnya: Enak Dibuat Minuman, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Pasalnya, dr. Devia menjelaskan rendaman air bunga telang bersifat tidak steril dan akan berbahaya bila diteteskan ke mata.

“Intinya, semua cairan yang tidak steril tidak boleh diteteskan di mata. Karena, hal itu dapat meningkatkan risiko infeksi, khususnya kalau rebusan tanaman meningkatkan risiko infeksi jamur,” tegas dr. Devia.

“Belum lagi kalau ada bagian mata misalnya kornea yang ternyata ada luka, bisa memperparah keadaan,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Meminum Air Rebusan Daun Telang?

Selain diklaim dapat membersihkan mata, air rebusan bunga telang juga dipercaya dapat memberikan khasiat untuk tubuh bila diminum.

Khasiat meminum air bunga telang di antaranya dapat mengobati infeksi tenggorokan, melancarkan saluran pencernaan, dan meredakan gejala batuk.

Lalu, bila tadi sudah dijelaskan bahwa mengompres mata dengan air bunga telang dapat berbahaya, apakah meminum air rebusan bunga telang tidak berbahaya untuk kesehatan?

Menurut dr. Devia, sampai saat ini belum ada penelitian pada manusia lebih lanjut mengenai konsumsi rebusan bunga telang. Penelitiannya masih terbatas pada hewan.

Dalam penelitian, bunga telang memang diketahui mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, bunga telang memiliki potensi sebagai antidiabetik.

“Pada penelitian yang melibatkan tikus yang diinduksi alloxan menunjukkan penurunan kadar gula darah,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

Ada juga penelitian yang menyebutkan bunga telang memiliki potensi memelihara atau meningkatkan kesehatan otak. Karena, bunga telang meningkatkan neurotransmitter otak seperti asetilkolin yang baik untuk daya ingat.

Nah, mengenai berbahaya atau tidaknya bila meminum air rebusan bunga telang, jawabannya tidak berbahaya selama tidak menimbulkan efek alergi yang dirasakan setelah konsumsi rebusan bunga telang.

“Tidak ada buktinya lebih baik diminum atau tidak. Kalau mau diminum, ya silahkan selama tidak ada reaksi alergi,” jelas dr. Devia.

Saran dari dr. Devia, bila Anda merasakan mata tidak nyaman akibat debu dan kotoran, gunakan obat tetes mata yang dijual di apotek. Jangan lupa baca anjuran pemakaian di kemasan.

Namun, bila masih merasa ada yang mengganggu di area mata, segera periksakan ke dokter mata agar cepat ditangani dengan baik.

Ingin tahu obat mata atau penanganan yang baik untuk mengobati masalah pada mata? Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat dengan dokter spesialis mata langsung di Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar