Sukses

Sedang Jalani Diet Keto? Hindari Konsumsi Buah Ini!

Buah-buahan adalah menu andalan ketika sedang menjalani diet. Namun, bila diet yang Anda jalani adalah diet keto, hindari buah-buahan ini!

Diet keto merupakan program diet yang menerapkan pola makan tinggi lemak, protein, dan rendah karbohidrat. Jenis diet ini menggunakan prinsip ketosis, artinya tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, menggantikan karbohidrat. 

Diet jenis ini awalnya diciptakan untuk penderita diabetes. Namun kini, diet keto sudah banyak digemari oleh orang-orang yang sekadar ingin menurunkan berat badan.

Dalam program diet, buah biasanya akan selalu ada dalam daftar menu makanan sehari-hari. Namun, lain halnya dengan diet keto. Anda tidak boleh sembarangan pilih buah. 

Faktanya, buah yang mengandung banyak karbohidrat malah akan mencegah tubuh memasuki fase ketosis. Oleh sebab itu, jenis buah-buahan tertentu dapat menjadi pantangan bagi pelaku diet keto. Nah, berikut adalah beberapa buah pantangan diet keto:

1 dari 5 halaman

1. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang tidak boleh untuk diet keto. Pasalnya, mangga adalah buah yang mengandung cukup banyak karbohidrat sehingga dapat menghambat tubuh memasuki tahapan ketosis.

Artikel Lainnya: Tips Sukses Diet Keto untuk Pemula

Satu buah mangga bisa mengandung 44 gram karbohidrat. Padahal, secara umum asupan karbohidrat pada diet keto diturunkan kurang dari 50 gram per hari, bahkan bisa sampai 20 gram per hari.

2. Pisang

Bagi orang-orang yang sedang menjalani diet keto, sebaiknya menghindari konsumsi pisang, terutama bagi mereka yang baru memulai dan bertujuan menurunkan berat badan. Sebab, buah pantangan diet keto ini mengandung lebih dari 20 gram karbohidrat.

Jika target berat badan sudah tercapai, barulah kadar karbohidrat yang dikonsumsi bisa sedikit dinaikkan. Anda pun diperbolehkan untuk mengonsumsi pisang sesekali.

2 dari 5 halaman

3. Jeruk

Walaupun kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya, jeruk juga termasuk buah pantangan diet keto. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dan karbohidrat yang terdapat pada jeruk.

Artikel Lainnya: Pro dan Kontra Diet Keto bagi Kesehatan Anda

Satu buah jeruk mengandung kurang lebih 12 gram karbohidrat. Jika Anda sangat menyukai jeruk, Anda masih boleh mengonsumsi setengah buah jeruk sehari selagi menjalani diet keto. Namun, akan lebih baik jika jeruk diganti dengan buah lain yang ‘keto friendly’.

4. Pir

Buah lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi ketika menjalani diet keto adalah buah pir. Meski kaya akan kandungan vitamin C, buah pantangan diet keto ini mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi.

Pada satu buah pir yang berukuran sedang, terdapat setidaknya 27 gram karbohidrat dan 17 gram gula. Dengan demikian, buah ini sudah mampu memenuhi setengah dari kebutuhan karbohidrat pelaku diet keto dalam sehari.

3 dari 5 halaman

5. Nanas

Nanas termasuk salah satu buah pantangan diet keto. Buah nanas tidak cocok untuk diet keto karena mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Artikel Lainnya: Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis, Apa Bedanya?

Perlu Anda ketahui, dalam 165 gram nanas terdapat karbohidrat sebanyak 22 gram. Jadi, wajar saja jika buah ini juga harus Anda coret dari daftar makanan bila sedang menjalani diet keto.

6. Kismis

Buah kismis sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bila Anda sedang dalam program diet keto. Sebab buah ini mengandung tinggi karbohidrat, hal utama yang perlu dihindari dalam program diet ini. Dalam 100 gram kismis, terdapat 79 gram karbohidrat.

4 dari 5 halaman

7. Kurma

Bukan hanya buah kismis, buah-buahan kering lainnya seperti kurma juga termasuk sebagai buah yang dilarang saat diet keto. Pasalnya, pada 100 gram kurma terkandung sebanyak 75 gram gram karbohidrat. Wah banyak sekali, bukan?

Walaupun cukup banyak buah yang menjadi pantangan saat diet keto, Anda tidak perlu khawatir. Nyatanya, masih ada buah-buah yang bisa Anda konsumsi. Alpukat dan buah-buahan golongan beri, yaitu blackberry, raspberry, dan stroberi merupakan buah pilihan untuk diet keto.

Jika ada pertanyaan seputar diet keto, Anda bisa memanfaatkan layanan Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar