Sukses

Lo Han Kuo, Benarkah Ampuh Atasi Radang Tenggorokan?

Banyak yang memanfaatkan buah lo han kuo untuk radang tenggorokan. Apakah bahan alami ini sungguhan efektif? Simak penjelasannya di sini.

Pernahkah Anda mendengar nama lo han kuo? Mungkin masih agak asing. Namun, buah dengan rasa manis ini sudah lama dikenal dalam pengobatan Tiongkok.

Di Indonesia sendiri, lo han kuo cukup dikenal karena khasiatnya meredakan radang tenggorokan. Namun, apakah manfaat lo han kuo untuk radang tenggorokan sungguhan efektif? Simak penjelasan dokter di bawah ini. 

 

1 dari 4 halaman

Mengenal Buah Lo Han Kuo Lebih Dekat

Sebelum mencari tahu soal keefektifan lo han kuo, Anda harus tahu kalau ada banyak sebutan untuk buah yang satu ini. Beberapa orang menyebut buah ini sebagai buah monk atau buah biksu.

Di Indonesia, buah ini sering dijadikan teh untuk meredakan penyakit tenggorokan. Bentuk buah ini mirip dengan melon, meski lebih kecil ukurannya.

Buah ini berasal dari Tiongkok Selatan dan dinamai dengan nama biksu pertama yang membudidayakan buah ini.

Ekstrak lo han kuo 150-250 kali lebih manis dari gula biasa. Meski sangat manis, buah monk tidak mengandung kalori dan karbohidrat. Dengan kata lain, buah ini tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Dilansir dari Healthline, The Food and Drug Administration telah menganggap buah biksu secara umum diakui aman untuk semua orang, termasuk wanita hamil dan anak-anak.

Meski begitu, popularitas buah biksu relatif baru sehingga belum ada penelitian ilmiah tentang efek penggunaan jangka panjang.

Artikel lainnya: 10 Tanda Radang Tenggorokan yang Berbahaya

2 dari 4 halaman

Lo Han Kuo untuk Radang Tenggorokan, Ampuhkah?

Selain relatif aman untuk segala kalangan, buah monk juga dikenal baik untuk mengatasi keluhan radang tenggorokan. Efektivitas tersebut turut diamini dr. Devia Irine Putri.

“Memang buah luo han kuo atau monk fruit ini punya efek antiinflamasi atau peradangan. Itu sebabnya, buah ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan,” tutur dr. Devia saat dikonfirmasi.

Hal tersebut juga didukung penelitian tahun 2011. Disebutkan, kandungan glikosida triterpenoid, pemanis alami nonkalori (mogrosida) dalam buah luo han kuo bersifat antioksidan, antikarsinogenik, dan membantu mencegah komplikasi diabetes.

Hasil penelitian yang dilakukan pada mencit tersebut menunjukkan mogrosida dapat menghambat inflamasi yang disebabkan oleh lipopolisakarida (LPS) dalam sel. Senyawa ini juga mengatur beberapa gen pelindung inflamasi.

Penelitian ini juga menunjukkan efek antikanker dan antidiabetes M. grosvenori diduga disebabkan oleh sifat antiinflamasinya.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Lo Han Kuo untuk Kesehatan

Selain untuk radang tenggorokan, sifat antioksidan dan antiinflamasi lo han kuo juga punya banyak manfaat sehat, yaitu:

  • Turunkan Berat Badan

Meski rasanya manis, buah lo han kuo tidak memiliki kalori tinggi yang bisa meningkatkan berat badan. Dijelaskan oleh dr. Devia, buah ini tidak memiliki kalori, lemak dan karbohidrat. 

Jadi, buah yang satu ini bisa jadi pilihan bagus bagi siapa pun yang sedang menjalankan program diet. Anda bisa mengonsumsi buah ini tanpa menambahkan gula pemanis diimbangi dengan buah lain, seperti apel atau buah naga.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Rasa manis lo han kuo didapat dari senyawa yang disebut mogrosida. Buah ini pada umumnya aman untuk penderita diabetes sebab tidak mendongkrak gula darah.

Meski demikian, makanan serta minuman yang dimaniskan dengan lo han kuo bisa saja sudah mendapat gula tambahan. Tak ada salahnya untuk mengonsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Dijelaskan dr. Devia, “Sifat antioksidan dalam buah lo han kuo juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, buah ini juga bisa dijadikan sebagai anti penuaan.”

Artikel lainnya: Radang Tenggorokan, Faring, Amandel, dan Laring Apa Bedanya?

  • Kaya Akan Vitamin C 

Mengutip laman Living Proof,  buah lo han kuo kaya kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C juga bisa mengatasi permasalahan kulit, seperti psoriasis, bisul, dan meredakan gejala alergi.

  • Menurunkan Risiko Stroke dan Jantung 

Buah lo han kuo rupanya bisa berkhasiat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam buah ini bisa membantu oksigen dalam tubuh bekerja lebih baik dan pada akhirnya menurunkan risiko kardiovaskular.

Itulah penjelasan seputar manfaat lo han kuo untuk radang tenggorokan dan masalah kesehatan lainnya. Kalau Anda tertarik mengonsumsi minuman tradisional ini untuk radang tenggorokan? Tak sulit kok. Buah ini cukup mudah ditemukan di pasar-pasar.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup sehat, unduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar