Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan Tahun Baru yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Makanan Tahun Baru yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Tahun baru identik dengan kehadiran makanan tertentu. Waspada, beberapa jenis makanan tahun baru tersebut ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. Yuk, cari tahu faktanya!

Malam pergantian tahun identik dengan pemandangan kembang api di atas awan. Tidak hanya itu, momen tersebut biasanya juga dilalui sambil menikmati sajian makanan bersama kawan-kawan.

Waspada, jangan sampai kalap mengonsumsi makanan tahun baru. Bisa-bisa awal tahun Anda malah dihiasi dengan datangnya penyakit berbahaya.

 

1 dari 3 halaman

Makanan Tahun Baru yang Tidak Baik untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa jenis makanan tidak sehat yang umumnya hadir di malam tahun baru:

  1. Sosis dan Daging Bakar

Anda pasti sudah tidak asing dengan sajian sosis dan daging bakar di malam tahun baru. Memang, jenis makanan tersebut simpel dan tetap terasa nikmat meski diolah sekenanya.

Kendati demikian, Anda tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sosis atau daging bakar secara berlebihan. 

Faktanya, jenis makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan gula darah. 

Belum lagi jika terdapat arang yang menempel pada makanan, dan tak sengaja tertelan. Hal ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Artikel Lainnya: Ayo Lakukan, Ini Tips Makan Sehat saat Tahun Baru

  1. Gorengan

Menurut dr. Sara Elise Wijono, gorengan memiliki kadar lemak trans yang tinggi. Jenis lemak ini lebih sulit dicerna oleh tubuh manusia, sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

“Jika hal ini terus terjadi, maka akan berisiko menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit lainnya, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung,” ujar dr. Sara.

Tidak berhenti di situ, makanan yang digoreng dengan banyak minyak juga bisa meningkatkan risiko terbentuknya plak aterosklerosis di pembuluh darah. Kondisi ini adalah awal mula terjadinya serangan jantung dan stroke.

Artikel Lainnya: Jelang Tahun Baru, Ini Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Hangover

  1. Minuman Bersoda 

Minuman bersoda memiliki kadar gas, gula, dan kalori yang tinggi. Apabila jenis minuman tersebut Anda konsumsi dalam jumlah berlebih, risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dapat meningkat berlipat ganda.

  1. Minuman Alkohol 

Minuman beralkohol juga sering dihidangkan di malam tahun baru. Anda sudah tahu mengenai dampak buruk jenis minuman ini apabila dikonsumsi berlebihan, bukan?

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebih dapat meningkatkan risiko perut begah dan diare. Jenis minuman ini pun bisa mengganggu fungsi otak dan suasana hati. 

Bukan tidak mungkin, konsumsi alkohol berlebih juga dapat meningkatkan risiko sirosis hati hingga kanker.

  1. Makanan Manis 

Kue kering dan donat adalah contoh makanan tidak sehat yang sering disajikan saat malam tahun baru. 

Meski nikmat dan bisa bikin suasana lebih meriah, sajian tersebut tetap harus Anda waspadai.

Pasalnya, kue kering dan donat adalah jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, risiko obesitas dan penyakit diabetes dapat melonjak tinggi.

Artikel Lainnya: Sambut Pagi di Tahun Baru dengan 7 Makanan Sehat Ini

2 dari 3 halaman

Tips Menahan Godaan Makanan Tidak Sehat

Ingin tetap sehat saat menyongsong hari di tahun yang baru? Kendalikan diri Anda, agar tidak berlebihan saat mau tak mau harus mengonsumsi makanan tidak sehat ketika merayakan malam tahun baru.

“Sebenarnya, deretan makanan di atas tidak akan menimbulkan dampak buruk jika tidak dikonsumsi terlalu sering atau secara berlebihan,” ucap dr. Sara.

“Jadi, tidak masalah jika ingin ingin mengonsumsinya sesekali saja. Asalkan tetap batasi porsi dan imbangi dengan makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan,” pungkasnya.

Hindari konsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan saat merayakan tahun baru. Kebiasaan ini sebaiknya terus dilakukan secara konsisten, agar Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit di hari dan tahun yang baru.

Merasa kesulitan mengendalikan diri saat dihadapkan dengan makanan tahun baru yang tidak sehat? 

Anda sebaiknya melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar