Sukses

Main Dating Apps Saat Pandemi Datangkan Manfaat Positif

Karena bosan, Anda jadi main dating apps untuk mengisi kekosongan. Ternyata kegiatan ini menghasilkan dampak positif bagi mental. Penasaran?

Selama masa pandemi virus corona, setiap orang diwajibkan untuk berada di dalam rumah guna mencegah penularan virus corona. Hal ini pasti menimbulkan kejenuhan, apalagi kalau Anda punya mobilitas tinggi di luar rumah. 

Sebagai gantinya, Anda jadi main dating apps untuk mengisi waktu luang. Menariknya, kegiatan ini bisa mendatangkan hal-hal positif lho!  

1 dari 3 halaman

Manfaat Main Dating Apps Saat Pandemi

Tak selalu untuk mencari pasangan, tapi main dating apps juga bisa jadi media untuk mencari teman ngobrol. Sah-sah saja kok

Ya, bermain dating apps memang jadi hal yang sudah biasa dilakukan banyak orang untuk mencari cinta maupun teman untuk mengisi waktu luang. 

Nah, di masa pandemi seperti sekarang, dating apps jadi salah satu aplikasi yang cukup banyak diunduh. 

Tidak selalu negatif, rupanya bermain dating apps di masa pandemi juga punya dampak baik untuk kesehatan mental. 

Artikel Lainnya: Putus Cinta Saat Pandemi COVID-19, Ini Cara Bangkit Lagi Ala Psikolog

Apa saja? Berikut manfaat dating apps menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi. Psikolog:

  1. Mengurangi Rasa Sepi 

Merasa kesepian terutama ketika tidak punya pasangan selama masa pandemi memang umum dialami banyak orang. 

Sering merasa kesepian mendalam bisa memengaruhi kesehatan mental, misalnya perubahan mood dan depresi

Untuk itu, bermain dating apps bisa dijadikan solusi. Dengan ngobrol dengan teman baru yang belum Anda kenal, hal ini bisa membantu mengatasi perasaan sepi saat pandemi. 

“Karena, selama pandemi, cara kita berinteraksi dengan orang lain jadi lebih terbatas dan biasanya cenderung menghabiskan waktu sendiri. Oleh karena itu, menggunakan dating apps bisa jadi salah satu cara mengatasi kesepian,” ujar Ikhsan.

  1. Membuka Koneksi Baru 

Meski tidak berniat untuk mencari pasangan, bermain dating apps bisa membuka jalan untuk memiliki koneksi baru. Misalnya, Anda jadi kenal dengan orang yang mungkin akan memberi peluang pekerjaan di masa depan. 

Lalu, mungkin orang yang Anda kenal di dating apps bisa menjadi sahabat baru atau teman nongkrong yang asyik ketika pandemi selesai. 

Artikel Lainnya: Digital Dating Abuse, Kekerasan “Modern” kepada Pasangan

  1. Punya Insight Baru 

Punya lingkungan baru berarti Anda harus siap dengan segala perbedaan yang terjadi, termasuk perbedaan pendapat. 

Anda bisa saling bertukar pikiran tentang satu topik yang nantinya bisa memberikan insight baru.

  1. Bisa Jadi Ajang Pencarian Jodoh 

Bukan tidak mungkin Anda berhasil mendapatkan jodoh melalui dating apps! Meski butuh proses panjang untuk sampai ke jenjang pacaran atau pernikahan, bermain dating apps bisa jadi media yang membantu. Menarik bukan?

2 dari 3 halaman

Tips Aman Main Dating Apps

Nah, agar tidak mudah patah hati atau ditipu oleh orang lain, berikut beberapa tips aman main dating apps selama pandemi virus corona:

  • Gunakan dating apps tepercaya agar data pribadi terjamin keamanannya. 
  • Jangan terburu-buru dalam menentukan pasangan dari dating apps. Coba beri waktu untuk kenal lebih dalam tentang sifat orang tersebut. 
  • Bila memang sudah saatnya bertemu, pastikan lokasi yang dipilih merupakan tempat umum, bukan tempat pribadi seperti rumah, kost, kontrakan, atau apartemen.
  • Jangan mudah memberikan informasi pribadi ke orang lain di dating apps

Itulah beberapa dampak positif main dating apps selama masa pandemi. Perhatikan beberapa tips di atas agar keamanan Anda terjaga. Jadi, tertarik membuat akun di dating apps?

Dapatkan beragam informasi menarik seputar kesehatan mental di Klikdokter! Anda juga bisa konsultasi langsung ke psikolog lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar