Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Crystal Healing untuk Kesehatan Mental dari Tinjauan Psikolog

Manfaat Crystal Healing untuk Kesehatan Mental dari Tinjauan Psikolog

Crystal healing sedang digandrungi kaum hawa. Selain karena indah, batu tersebut dipercaya bisa tingkatkan kesehatan mental! Lantas, ada pendapat psikolog?

Akhir-akhir ini, unggahan pajangan rumah yang terbuat dari batu kristal atau crystal healing sedang mondar-mandir di media sosial. Campuran warna dan kilau dari batu tersebut memang terlihat sangat cantik. 

Karena itulah, sebagian wanita banyak yang mengenakan perhiasan kalung dan gelang yang terbuat dari crystal healing. Tak cuma mempercantik penampilan, penggunaan crystal healing juga dipercaya bisa memelihara kesehatan mental si empunya. 

1 dari 4 halaman

Jenis Crystal Healing dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Beda batu, beda pula manfaatnya. Adapun jenis batu beserta klaim manfaat yang ditawarkan, antara lain: 

  1. Amethyst 

Batu ini adalah batu meditatif yang menenangkan dan dipercaya dapat mewujudkan emosi yang stabil. Selain itu, amethyst juga baik untuk mengobati insomnia dan kesedihan yang berlarut-larut karena kemampuannya dalam menetralkan energi negatif.

  1. Black Tourmaline 

Tourmaline hitam dipercaya dapat melindungi Anda dari radiasi medan elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel dan laptop. Ia mampu menangkal energi negatif di lingkungan Anda. 

  1. Moonstone

Moonstone adalah batu kristal yang dipercaya membuat pemiliknya bisa melewati babak kehidupan baru dengan baik. Selain menenangkan, moonstone mampu membuat pemiliknya menyesuaikan diri. 

  1. Rose Quartz

Manfaat crystal healing yang satu ini adalah menciptakan keharmonisan hubungan, baik itu dengan keluarga, teman, ataupun kekasih. Selain itu, rose quartz juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. 

Artikel Lainnya: 7 Cara Memperbaiki Kesehatan Mental

  1. Argonite

Crystal healing aragonite akan menyeimbangkan energi dan menenangkan pikiran Anda. Apabila Anda tipikal orang yang bicaranya bernada tinggi atau cepat (selalu seperti terburu-buru dan marah), batu ini dipercaya bisa mewujudkan komunikasi yang lebih lembut dan penuh kasih. 

  1. Ruby 

Manfaat crystal healing yang satu ini bisa membantu memulihkan vitalitas dan energi. Batu ini juga dipercaya bisa meningkatkan gairah seks, keberanian, dan kecerdasan. Ruby digunakan pada zaman kuno untuk membantu mengeluarkan racun dari darah dan meningkatkan sistem peredaran darah secara keseluruhan.

  1. Sapphire

Batu bewarna biru ini menandakan kebijaksanaan dan royalti. Sapphire dipercaya dapat menarik kemakmuran, kebahagiaan, dan kedamaian, sekaligus membuka pikiran untuk menerima berbagai keindahan dan intuisi. 

Depresi, kecemasan, dan insomnia pun disebut-sebut dapat dikurangi dengan crystal healing ini. 

  1. Turquoise

Kristal warna biru ini dipercaya memiliki kekuatan yang dapat membantu menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Bahkan, batu kristal turquoise kerap dianggap sebagai jimat keberuntungan yang dapat membantu menyeimbangkan emosi serta menemukan landasan spiritual.

Artikel Lainnya: Cek Kesehatan Jiwa Anda dengan Indikator Ini

2 dari 4 halaman

Pendapat Psikolog soal Manfaat Batu Kristal untuk Kesehatan

Setiap orang tentunya punya hak untuk percaya atau tidak terhadap khasiat crystal healing. Ada yang memang merasa terbantu, tetapi ada juga yang tidak merasakan perubahan positif apa pun. Kecenderungan masing-masing orang memang berbeda. 

Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog berpendapat, “Sebenarnya, crystal healing itu sendiri tidak bisa menyerap energi negatif atau menurunkan emosi negatif seseorang. Namun, proses berpikir si orang itu sendiri yang bisa memberikan pemulihan dan menurunkan energi atau emosi negatif. Jadi, ini sifatnya lebih kepada sugesti,” jelas Ikhsan. 

“Kondisi ini biasanya disebut placebo effect. Orang akan menganggap suatu hal memiliki manfaat medis dan psikis. Mereka percaya dan meyakini hal itu. Karena mereka percaya, terciptalah sugesti manfaat. Padahal, itu semua datang dari pikiran mereka sendiri,” tambahnya. 

Artikel Lainnya: Pola Makan Tepat untuk Jaga Kesehatan Mental

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Crystal Healing

Pilihan untuk memiliki crystal healing ada di tangan Anda. Selama tujuannya baik, yaitu meningkatkan kesehatan mental, maka itu sah-sah saja. 

Dilansir dari Healthline, saat pertama kali membawa pulang crystal healing, Anda dapat membilasnya dengan air dingin mengalir. Tambahkan sedikit garam laut untuk membersihkan batu tersebut. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari pagi.

Perlu diingat juga, Anda direkomendasikan untuk tidak terlalu fokus pada benda crystal healing saja. Masih banyak cara lain untuk memelihara kesehatan mental. 

Itu dia sekilas manfaat batu kristal (crystal healing) untuk kesehatan mental Anda. Bila ingin tahu hal lain seputar self healing, konsultasi pada psikolog kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar