Kehamilan

Nutrisi dan Manfaat Ketan untuk Kesehatan Ibu Hamil

dr. Dyah Novita Anggraini, 08 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketan merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia dan dapat mendukung kesehatan ibu hamil, lho. Simak apa saja nutrisi dan manfaat ketan di sini.

Nutrisi dan Manfaat Ketan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Banyak mitos yang beredar mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, salah satunya ketan. 

Makanan ini berbeda dengan nasi biasa, karena kandungan sari pati ketan lebih sedikit dibanding beras sehingga membuatnya lebih lengket. 

Lalu, bolehkah ibu hamil makan ketan? Jawabannya, boleh. Jangan ragu untuk mengonsumsi ketan selama masa kehamilan, karena ada beragam nutrisi penting di dalamnya. 

Mari simak penjelasan di bawah ini mengenai nutrisi dan manfaat ketan untuk ibu hamil.

1. Sumber Karbohidrat dan Kalori

Ketan memiliki karbohidrat yang lebih tinggi dibanding beras biasa atau beras merah. Terdapat karbohidrat sebesar 37 gram, kalori sebesar 169, dan protein 4 gram.

Karbohidrat dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Jadi, kandungan ini sangat baik bila dikonsumsi ibu hamil agar tidak mudah lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Artikel lainnya: Khasiat Ketan Hitam untuk Penderita Diabetes

2. Vitamin B5

Di dalam ketan, terdapat kandungan vitamin B5 yang penting dikonsumsi saat hamil. Pasalnya, vitamin B5 dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. 

Tak hanya itu, vitamin B5 dapat membantu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, menghilangkan stres, mencegah kram otot, dan mempercepat penyembuhan luka. 

3. Selenium

Makan ketan saat hamil baik karena di dalamnya tersimpan selenium. Zat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh dan kelenjar tiroid pada ibu hamil. 

Kandungan selenium pada ketan juga dapat berperan sebagai antioksidan dan mencegah tekanan darah tinggi saat hamil.

Diketahui pula bahwa kekurangan selenium bisa memicu komplikasi kehamilan dan keguguran. Pada awal kehamilan, kadar selenium yang rendah dalam darah telah terbukti menjadi prediktor berat badan lahir rendah pada bayi baru lahir.

Artikel lainnya: Amankah Bila Penderita Mag Makan Ketan Susu?

4. Mangan

Untuk ibu hamil, konsumsi ketan dianggap baik karena mengandung mineral penting berupa mangan di dalamnya. 

Mangan berperan dalam metabolisme tubuh, dapat mengolah karbohidrat dan protein yang masuk ke tubuh agar menjadi asupan energi serta membantu membentuk tulang bayi.

Ibu hamil membutuhkan dua miligram mangan setiap hari. Namun, jangan terlalu banyak konsumsi mangan (lebih dari 11 miligram per hari) karena bisa berbahaya bagi tubuh. 

5. Serat yang Baik

Sama halnya dengan nasi, ketan memiliki serat yang baik untuk ibu hamil. Meski lebih lengket dibanding nasi biasa, ternyata ketan memiliki serat yang lebih banyak daripada nasi. 

Kandungan ini dapat mencegah terjadinya sembelit sehingga melancarkan buang air besar. Serat juga membantu berat badan selama kehamilan tetap terkontrol, karena membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak memiliki banyak kalori. 

Untuk membantu serat bergerak lebih lancar dalam tubuh, pastikan minum air yang cukup tiap harinya. 

Artikel lainnya: Viral Bicarakan Klepon, Ini Kandungan Nutrisi Camilan Tradisional Itu!

Ketan memiliki dua jenis, yaitu ketan putih dan ketan hitam. Ibu hamil dapat mengonsumsi keduanya selama tidak menimbulkan efek samping. 

Ketan hitam memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan ketan putih, sehingga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya risiko keguguran, atau pertumbuhan janin terhambat di dalam rahim (IUGR). 

Agar nutrisi ketan tetap terjaga dan memberikan manfaat untuk kesehatan, maka harus dimasak dengan cara yang benar. 

Memasak ketan sama seperti memasak nasi. Anda dapat mendidihkan dahulu air dengan takaran yang lebih banyak, lalu masukkan ketan sembari diaduk. Jangan lupa untuk mengecilkan kompor dan biarkan mendidih selama 20 menit. 

Jadi, itulah beberapa nutrisi dan manfaat ketan untuk ibu hamil. Anda tidak perlu takut lagi untuk mengonsumsi beras ketan. Selain rasanya enak, ternyata ketan memiliki khasiat yang melimpah bagi tubuh.

Ingin tahu makanan dan minuman yang baik untuk kehamilan? Anda dapat memanfaatkan layanan Tanya Dokter dengan dokter spesialis kandungan di aplikasi KlikDokter!

(RS)

KehamilanKetan

Konsultasi Dokter Terkait