Sukses

Nutrisi dan Manfaat Ketan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ketan merupakan salah makanan favorit di Indonesia dan dapat mendukung kesehatan ibu hamil, lho. Simak ulasannya di sini!

Banyak mitos yang beredar mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, salah satunya ketan. 

Makanan ini berbeda dengan nasi biasa, karena kandungan sari pati ketan lebih sedikit dibanding beras sehingga membuatnya lebih lengket. 

Lalu, apakah ketan aman untuk ibu hamil? Dokter Theresia Rina Yunita mengatakan, ketan aman dikonsumsi ibu hamil selama dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan.

Apa saja kandungan nutrisi dan manfaat ketan untuk ibu hamil? Simak di bawah ini.  

1 dari 2 halaman

Kandungan Nutrisi Ketan dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Jangan ragu untuk mengonsumsi ketan selama kehamilan, karena ada beragam nutrisi penting dan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Sumber Karbohidrat dan Kalori 

Ketan memiliki karbohidrat yang lebih tinggi dibanding beras biasa atau beras merah. Terdapat kandungan karbohidrat sebesar 37 gram, kalori sebesar 169, dan protein 4 gram.

Karbohidrat sendiri dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Jadi, kandungan ini sangat baik bila dikonsumsi ibu hamil.

  1. Vitamin B5

Ketan juga memiliki kandungan vitamin B5 yang penting dikonsumsi saat hamil. Pasalnya, vitamin B5 dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. 

“Vitamin B5 dikaitkan dengan manfaat untuk mencegah atau mengurangi gejala morning sickness, insomnia, kelelahan, hingga depresi,” ungkap dr. Theresia.

Artikel Lainnya: Panduan Makan untuk Ibu Hamil Vegetarian

  1. Selenium

Di dalam ketan, terdapat pula selenium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh dan kelenjar tiroid pada ibu hamil. 

Dokter Theresia menyampaikan, kandungan selenium pada ketan bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegah tekanan darah tinggi saat hamil.

  1. Mangan

Kandungan ini membantu tubuh ibu hamil tetap sehat. Karena, mangan membantu metabolisme tubuh, serta mengolah karbohidrat dan protein yang masuk ke tubuh agar menjadi asupan energi.

  1. Serat yang Baik

Sama halnya dengan nasi, ketan memiliki serat baik. Meski lebih lengket dibanding nasi biasa, ternyata ketan memiliki serat yang lebih banyak dibanding nasi. Kandungan penting ini dapat melancarkan BAB ibu hamil.

Artikel Lainnya: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mi Instan?

Itu dia beberapa manfaat ketan untuk ibu hamil. Pastikan Anda mengolah ketan dengan benar agar lebih aman dikonsumsi. 

Bila lebih menyukai makanan lembut, Anda bisa menyiasati cara memasak ketan dengan menambahkan air lebih banyak.

Pesan dari dr. Theresia, bila ibu hamil mengalami alergi saat makan ketan, ada baiknya untuk menghentikan dulu konsumsinya. Lalu, kalau alergi dirasa sudah mengganggu kehamilan, segera periksa ke dokter.

Jadi, bumil tidak perlu takut lagi untuk mengonsumsi beras ketan. Selain rasanya enak, ternyata ketan memiliki manfaat untuk ibu hamil!

Ingin tahu makanan dan minuman yang baik untuk kehamilan? Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat dengan dokter spesialis kandungan di Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar