Sukses

Berbagai Manfaat Menakjubkan Jahe untuk Kecantikan

Dikenal sebagai pereda gangguan cerna dan penghangat tubuh, khasiat jahe untuk kecantikan ternyata juga banyak, lho! Penasaran apa saja? Cek di sini!

Jika bicara soal manfaat jahe, apa yang langsung terpikir oleh Anda? Bumbu dapur? Obat alami untuk mengatasi mual? Atau penghangat badan dan pelega tenggorokan saat flu? Semua khasiat itu memang benar adanya.

Namun, pernahkah Anda mendengar soal manfaat jahe untuk kecantikan? Ya, rempah alami ini ternyata bisa digunakan untuk mempercantik diri. Mau tahu apa saja  manfaat dan cara menggunakan jahe agar penampilan terlihat lebih terawat? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1 dari 3 halaman

Jahe dan Segala Kebaikannya untuk Penampilan

Mungkin khasiat jahe untuk kecantikan masih kalah populer dibanding manfaatnya untuk mengatasi masuk angin. Namun, herbal yang satu ini layak dicoba sebagai skincare alami.

Penasaran apa saja manfaat jahe untuk kulit, rambut, dan lain sebagainya yang sudah dibenarkan oleh dr. Arina Heidyana? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Bantu Membakar Lemak dan Jaga Berat Badan Ideal

Jahe bagus untuk metabolisme. Artinya, jahe dapat membantu tubuh membakar kalori. Mengonsumsi jahe juga membantu meningkatkan perasaan kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

Tips:

Masukkan beberapa irisan jahe ke dalam air putih, lalu diminum sebelum makan besar. Minum air jahe bisa menahan Anda untuk makan terlalu banyak.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dan Cegah Rontok

Jahe sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan rambut. Jahe merangsang folikel kulit kepala, memelihara helai rambut, dan menguatkannya.

Tips:

  • Ambil 1 sdm jahe segar, lalu diparut.
  • Peras airnya dan campurkan dengan ½ cangkir minyak kelapa murni.
  • Campur rata dan aplikasikan di rambut kering.
  • Diamkan 20 - 30 menit dan bilas.
  • Lakukan seminggu sekali.

Artikel Lainnya: Kunyit Ampuh untuk Muluskan Kulit?

3. Mengurangi Ketombe

Kulit kering, gatal, dan berketombe sering bikin tak percaya diri. Ketimbang gonta-ganti sampo, cobalah memanfaatkan bahan alami seperti jahe. Kandungan antiinflamasi dan antiseptik dari jahe bekerja efektif melawan ketombe.

Tips:

  • Malam hari sebelum tidur, campurkan 3 sdm jahe parut dengan 4 sdm minyak jojoba.
  • Pijat kulit kepala dengan campuran tersebut.
  • Bungkus kepala (bagian yang berambut) dengan plastik (shower cap).
  • Bilas bersih keesokan paginya. Jangan lupa lakukan secara teratur.

4. Memperbaiki Tekstur Kulit dan Cegah Penuaan Dini

Manfaat jahe untuk kecantikan sebenarnya sudah terkenal lama dalam pengobatan Ayurveda dan China. Antioksidan jahe meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, dan peradangan.

Tips:

Oleskan jahe segar di bagian kulit yang menghitam sebanyak 2-3 kali sehari. Niscaya kulit hitam bisa tersamarkan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan selama 6 minggu berturut-turut. Hasil bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi kulit.

Artikel Lainnya: Obati Kanker Payudara dengan Jahe, Efektifkah?

5. Mencerahkan Kulit

Tak cuma memperbaiki tekstur kulit, jahe juga bisa mengatasi kulit kusam. Menumpuknya sel kulit mati jadi penyebab kulit wajah kusam. Jadi, cobalah aplikasikan scrub jahe ke kulit Anda.

Tips:

  • Campur parutan jahe, gula pasir, dan minyak kelapa murni secukupnya.
  • Aplikasikan scrub alami tersebut ke wajah.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.
  • Lakukan secara rutin.

6. Mengatasi Jerawat

Kandungan antiseptik dan antioksidan di dalam jahe dapat membantu melawan bakteri serta radikal bebas yang menyebabkan jerawat. Jahe juga dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi noda di wajah

Tips:

  • Parut jahe segar dan peras airnya.
  • Tambahkan ke dalam masker oles yang hendak Anda gunakan.
  • Lalu oleskan ke wajah.

7. Mengurangi Selulit

Alih-alih menghabiskan krim dan scrub mahal yang efektivitasnya masih belum pasti, coba gunakan jahe. Jahe meningkatkan sirkulasi dan meregenerasi sel sehingga dapat membantu melawan selulit.

Tips:

  • Campur 1 cangkir gula dengan ½ cangkir minyak zaitun, 4 sendok makan jahe parut, dan perasan ½ lemon.
  • Gosokkan campuran tersebut ke kulit berselulit dengan gerakan memutar.
  • Setelah itu, bilas dengan air dingin.
  • Lakukan secara rutin agar hasilnya optimal.

Artikel Lainnya: Merawat Kulit dengan Minyak Kutus Kutus, Benarkah Efektif?

2 dari 3 halaman

Apa yang Bisa Dilakukan agar Tak Muncul Efek Samping?

Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, dr. Arina mengatakan bahwa jahe termasuk herbal yang jarang memberikan efek samping berupa kulit panas dan gejala iritasi lainnya.

“Namun, akan lebih aman memang jika jahe dioleskan sedikit dulu ke tangan (lengan bawah). Bila tak ada gejala alergi dalam beberapa jam ke depan, maka jahe aman dipakai jadi skincare alami Anda,” sarannya.

Jika tes tersebut terlewat dan jahe telanjur menyebabkan reaksi alergi seperti gatal, kemerahan, dan agak bengkak, segeralah konsumsi obat alergi (antihistamin) yang dijual bebas.

Bersihkan kulit dari sisa-sisa jahe dengan air mengalir, lalu untuk meredakan gatal dan kemerahannya, kompres dingin juga bisa membantu.

Itu dia sejumlah manfaat jahe untuk kecantikan. Apabila masih ada pertanyaan seputar khasiat herbal tertentu dan masalah kesehatan kulit, konsultasikan kepada dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar