Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Percaya Ramalan The Simpsons, Ini Dampaknya bagi Kesehatan Mental

Percaya Ramalan The Simpsons, Ini Dampaknya bagi Kesehatan Mental

Cerita kartun The Simpsons kerap mirip dengan kejadian nyata. Apa dampak buruknya bila Anda terlalu percaya dengan ramalan film The Simpsons?

Tidak terasa kini Anda sudah berada di awal tahun 2021. Tahun kemarin memang menjadi tahun yang berat bagi banyak orang. Bagaimana tidak, banyak orang yang justru kehilangan orang yang disayangi maupun pekerjaan akibat pandemi virus corona.

Nah, tahun 2021 diharapkan bisa jadi tahun yang membawa keuntungan bagi banyak orang. Tapi, rasanya pemikiran ini mungkin tidak dimiliki oleh beberapa orang yang terlalu percaya dengan ramalan, salah satunya ramalan cerita kartun The Simpsons.

Ya, topik perbincangan mengenai ramalan The Simpsons memang sedang tren belakangan ini. Pasalnya, apa yang diceritakan di dalam acara kartun tersebut secara tidak sengaja sama dengan apa yang sedang terjadi belakangan ini.

Karenanya, tak sedikit orang yang justru merasa panik dan memercayai ramalan film atau serial The Simpsons. Belum lagi, banyak teori-teori konspirasi bermunculan yang mungkin mendukung “fakta” di balik cerita yang ditayangkan.

1 dari 3 halaman

Dampak Percaya Ramalan pada Kesehatan Mental

Baik ramalan The Simpsons atau zodiak, keduanya sama-sama berpengaruh pada kesehatan mental bila dipercaya secara berlebihan.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi. Psikolog, “Orang yang suka percaya atau terlalu berlebihan dalam memercayai ramalan memang bisa terpengaruh psikologisnya.”

“Karena, ketika kita sudah memercayai dan meyakini kalau yang disampaikan dalam ramalan itu benar, secara otomatis apa yang disampaikannya akan kita rasa benar dan akan terjadi. Akibatnya, ketika ada ramalan buruk, kita akan jadi cemas dan sudah stres duluan.”

Artikel lainnya: Percaya Ramalan Zodiak, Mungkin Kamu Kena Efek Barnum!

Selain itu, terlalu percaya dengan ramalan juga bisa membuat seseorang jadi merasa parno dan ketakutan. Alhasil, keadaan ini akan berdampak pada hubungannya dengan orang lain.

Misalnya, Anda jadi takut keluar rumah atau bersosialisasi dengan banyak orang. Anda menganggap, orang-orang di sekitar bukanlah teman melainkan musuh yang mungkin bisa menusuk Anda dari belakang.

Sikap parno dan overthinking ini juga bisa membawa Anda pada suatu hal yang Anda anggap merugikan namun mungkin sebenarnya menguntungkan bagi diri.

Misalnya, hari ini Anda harus pergi interview kerja. Tapi, karena terlalu parno dengan ramalan, Anda justru tidak pergi dan menyia-nyiakan peluang untuk bekerja.

Artikel lainnya: Bahaya Terlalu Percaya Zodiak bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Jaga Kesehatan Mental dengan Bijak Menyikapi Ramalan

Nah, agar Anda tidak terus termakan dengan ramalan-ramalan yang ada, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi ramalan dengan bijak.

“Sebisa mungkin, cerna dulu informasi yang didapatkan dari ramalan. Bila hal buruk yang terjadi dalam ramalan, jangan langsung percaya. Fokus pada kondisi saat ini, karena yang dilakukan saat ini itulah yang terjadi,” ujar Ikhsan.

Selain itu, cobalah untuk membuat perencanaan yang jelas mengenai target dan hal apa yang akan dicapai selama tahun 2021. Hal ini berguna agar Anda fokus dengan apa yang ingin dicapai dan tidak mengandalkan ramalan.

Lalu, dekatkan diri dengan Tuhan agar apa yang dilakukan di tahun 2021 selalu mendapat perlindungan-Nya.

“Meski beberapa kali cerita film The Simpsons sama dengan kejadian nyata, tapi bukan berarti Anda bisa percaya begitu saja. Tetap, itu hanyalah sebuah film rekayasa oleh pembuatnya,” tegas Ikhsan.

“Semakin Anda percaya dengan ramalan, semakin cemas juga perasaan dan kehidupan Anda di tahun 2021. Untuk itu, isi kegiatan dengan hal yang bermanfaat dan membuahkan hasil di tahun 2021,” tutupnya.

Tak perlu percaya berlebihan pada ramalan. Jalani kegiatan dan hidup Anda dengan pikiran yang positif agar perasaan lebih tenang dan bahagia.

Dapatkan tips kesehatan mental lainnya di KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi kesehatan ke dokter dan psikolog lewat Live Chat 24 Jam. Selamat Tahun Baru!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar