Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitBakteri Bisa Menempel di Rambut Meski di Rumah Saja, Ini Solusinya
Kulit

Bakteri Bisa Menempel di Rambut Meski di Rumah Saja, Ini Solusinya

KlikDokter, 25 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan anggap sepele kesehatan rambut khususnya saat pandemi COVID-19. Kebersihan rambut yang tidak baik bisa menjadikan rambut sebagai sarang bakteri!

Bakteri Bisa Menempel di Rambut Meski di Rumah Saja, Ini Solusinya

Untuk menghindari infeksi COVID-19, kita memang diminta untuk tidak sering bepergian ke luar rumah. Akhirnya, segala sesuatunya jadi harus dikerjakan di rumah, mulai dari pembelajaran hingga bekerja.

Namun, menghabiskan waktu di rumah saja bukan berarti membuat Anda terbebas dari bakteri, lho.

Kuman dan bakteri tetap bisa menempel di bagian-bagian tubuh, misalnya tangan, bila tidak sering dicuci. Apalagi bila Anda punya kebiasaan menyentuh rambut, bakteri di tangan pun bisa berpindah ke rambut.

Karena itu, menjaga kebersihan rambut juga penting khususnya selama pandemi. Tentu Anda dan anggota keluarga tidak ingin terkena gangguan kesehatan akibat rambut kotor, kan?

Mengapa penting untuk menjaga kesehatan rambut dan bagaimana membersihkannya dengan benar? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Di Rumah Saja, Bakteri Tetap Bisa menempel di Rambut?

Tahukah Anda? Bakteri juga bisa menempel di rambut. Beberapa bakteri yang bisa ditemukan di rambut adalah bakteri gram positif seperti Staphylococcus epidermidis dan bakteri gram negatif seperti Pseudomonas aeruginosa.

Meski kita sedang banyak di rumah saja, bakteri-bakteri tersebut bisa berada di mana-mana dan menempel di rambut.

Kok, bisa? Jawabannya adalah tangan kotor, yang merupakan salah satu media penyebaran bakteri yang kerap ditemukan.

Bila Anda sering menyentuh rambut dengan tangan kotor, bakteri dapat dengan mudah berpindah ke rambut. Kebiasaan menyentuh rambut terlalu sering khususnya dengan tangan kotor dapat membuat bakteri menumpuk di rambut.

Selain tangan kotor, berbaring di sofa atau bantal yang tidak bersih juga bisa membuat bakteri menempel di rambut.

Jadi, Anda perlu waspada! Walaupun tidak ke luar rumah, rambut tetap bisa terkena kotoran dari dalam rumah. Untuk itulah kebersihan rambut sangatlah penting, sama seperti kebersihan tangan.

Artikel Lainnya: Tips Rambut Sehat Meski Sering Pakai Helm

Rambut Kotor saat di Rumah, Apa Efeknya Bila Bepergian?

Banyaknya bakteri yang dapat menempel di rambut dan kulit kepala dapat berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, baik saat bepergian maupun setelahnya.

Rambut yang tidak rutin dibersihkan dan kotor dapat menyebabkan rambut terlihat kusam.

Lalu, kulit kepala juga bisa terasa tidak nyaman karena gatal bahkan berketombe. Tentunya hal ini dapat mengganggu tatanan rambut dan aktivitas Anda di luar rumah.

Setelah bepergian pun, rambut kotor yang dibiarkan saja dapat menimbulkan masalah kesehatan juga, contohnya infeksi kulit kepala.

Infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rasa gatal pada kepala yang dapat mengganggu waktu istirahat di rumah.

Selain itu, rambut kotor pun dapat menyebabkan rambut kering dan kerontokan rambut dalam jangka panjang.

Tak hanya itu, ketika langsung berbaring di tempat tidur atau area beristirahat lainnya tanpa mencuci rambut terlebih dahulu, Anda dapat membuat kuman dan bakteri berisiko menempel di tempat-tempat tersebut.

Artikel Lainnya: Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah?

Pastikan Rambut Bersih di Mana pun dan Kapan pun

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut Anda serta anggota keluarga lainnya, jangan lupa cuci rambut secara berkala. Lalu, gunakan produk perawatan rambut antibakteri yang tepat agar bersih maksimal.

Nah, sebagai ibu yang cerdas dalam melindungi keluarga, pilih Sampo Lifebuoy Anti-Ketombe untuk perlindungan rambut yang efektif dari ancaman bakteri.

Terlebih lagi, kandungan MilkNutriStrong dan ActiveZinc di dalamnya menjadi #DuaKekuatanBunda yang membantu mengatasi timbulnya ketombe dan mengurangi kerontokan rambut karena patah.

Ketika di rumah, jangan malas membersihkan rambut dengan rutin, khususnya setelah beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana saat di luar rumah? Jangan khawatir, Anda tetap bisa melindungi dan membersihkan rambut secara efektif dan praktis dengan Lifebuoy Hair Mist Anti Bakteri dengan Tea Tree dan Green Tea Oil.

Sebagai hair mist antibakteri pertama di Indonesia, Lifebuoy Hair Mist dengan kandungan tea tree dan green tea oil mampu secara efektif melawan 99 persen bakteri di rambut.

Selain itu, kandungan glycerin berfungsi menjaga kelembapan rambut. Kesehatan dan kebersihan rambut tetap terjaga kapan dan di mana saja!

Rambut adalah mahkota yang harus dijaga keindahan dan kebersihannya. Jadi, jagalah kesehatan rambut Anda dan keluarga dengan produk perawatan rambut antibakteri dari Lifebuoy.

Bila ingin konsultasi lebih lanjut dengan dokter seputar kesehatan rambut dan kulit kepala, pakai LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

AdvertorialRambut

Konsultasi Dokter Terkait