Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan BayiDear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar
Kesehatan Bayi

Dear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

dr. Devia Irine Putri, 20 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya orang dewasa, lidah bayi juga perlu dibersihkan. Bagaimana cara membersihkannya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Dear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Menjaga kebersihan gigi dan mulut anak harus dilakukan sedini mungkin. Bahkan, orang tua perlu menerapkan kebiasaan ini sejak bayi baru lahir.

Ya, walaupun bayi baru lahir belum memiliki gigi, namun orang tua bisa membersihkan bagian lidah si Kecil.

Lalu, apa saja manfaat membersihkan lidah bayi? Bagaimana cara membersihkan lidah bayi dengan benar dan aman?

Mengapa Lidah Bayi Perlu Dibersihkan?

Meski tidak mempunyai gigi, rongga mulut utamanya lidah bayi harus dibersihkan agar kebersihannya tetap terjaga. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik bisa meningkatkan risiko munculnya bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Dengan kata lain, bakteri bisa menyebabkan bau mulut dan terinfeksi. Infeksi yang terjadi dapat membuat bayi merasa tidak nyaman serta rewel sepanjang hari.

Selain itu, membersihkan lidah bayi juga penting untuk menjaga fungsi indra perasa. Kotoran atau sisa-sisa ASI yang menumpuk di lidah bisa membuat anak tidak dapat merasakan makanan dengan maksimal.

Jadi, kebiasaan membersihkan lidah bayi perlu dilakukan sedari dini guna menghindari masalah rongga mulut di kemudian hari.  

Artikel lainnya: Tips Membersihkan Daki di Tubuh Bayi

Cara untuk Membersihkan Lidah Bayi

Nah, cara membersihkan lidah bayi sebenarnya mudah dan sederhana. Sebab, ibu tidak membutuhkan banyak peralatan, cukup menyediakan air hangat dan kain lembut seperti kassa. 

Berikut adalah beberapa cara atau langkah untuk membersihkan lidah bayi berdasarkan usianya: 

  • Usia Bayi Baru Lahir – 6 Bulan

Cara membersihkan lidah bayi baru lahir hingga usia 6 bulan cukup sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya: 

  • Pastikan ibu mencuci tangannya terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun dan air mengalir sebelum membersihkan lidah bayi.
  • Lalu, siapkan satu wadah yang berisi air hangat dengan suhu suam-suam kuku. Siapkan juga kain kassa yang sudah terpotong-potong.
  • Lilitkan kain kassa di jari Anda, lalu basahi dengan cara mencelupkannya pada wadah air hangat. Peras sedikit agar tidak terlalu banyak air yang diserap kain kassa.
  • Gendong bayi dan posisikan tubuh mereka seperti sedang menyusu. Pastikan ibu dan bayi sama-sama memiliki posisi yang nyaman selama sesi membersihkan lidah berlangsung.
  • Buka mulut bayi Anda secara perlahan, lalu masukkan jari Ibu ke dalam mulut bayi.
  • Segera usap bagian lidahnya secara perlahan dan lembut. Usap juga secara lembut di area gusi dan pipi dalam. Ibu juga harus memperhatikan ke dalam jari yang dimasukkan, jangan sampai terlalu dalam karena berisiko menyebabkan bayi tersedak dan muntah.

Ibu juga bisa menggunakan sikat jari yang lembut untuk membersihkan lidah dan gusi bayi. 

Sikat ini memang dirancang khusus untuk bayi sehingga memudahkan ibu membersihkan sisa susu atau kotoran yang menempel di lidah dan gusi. 

Idealnya, orang tua perlu membersihkan lidah bayi setidaknya dua kali dalam sehari.

Artikel lainnya: Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Bayi 

  • Usia 6 Bulan – 1 Tahun

Saat bayi Anda menginjak usia 6 bulan, umumnya ia memiliki gigi pertamanya. Saat usia ini, cara membersihkan lidah bayi dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi anak yang lembut disertai dengan pasta gigi.

Penggunaan sikat gigi lembut ini tak hanya untuk membersihkan gigi dan gusi anak, tetapi juga membersihkan lidahnya. 

Namun, jika merasa kurang nyaman, ibu tetap bisa menggunakan sikat jari yang lembut atau kain kassa yang dibasahi untuk membersihkan lidah anak. 

Penggunaan pasta gigi memang dianjurkan untuk bayi usia di atas 6 bulan. Ibu pun cukup menggunakan pasta gigi sebesar sebutir beras. 

Nantinya, pasta gigi yang digunakan bertambah ukurannya menjadi sebesar kacang polong ketika usia anak menginjak 3 tahun ke atas. 

  • Usia 1 Tahun ke Atas

Meski anak sudah bisa memegang sikat gigi, belum tentu mereka dapat membersihkan rongga mulut dengan baik dan benar. Karena itu, ibu tetap perlu mengajari dan mengawasi anak agar dapat menggosok gigi dan membersihkan lidah sendiri. 

  • Basahi sikat gigi anak dan berikan sedikit pasta gigi.
  • Sebelum menyuruh anak menggosok gigi, ibu perlu memperagakan cara gosok gigi terlebih dahulu.
  • Barulah usai memperagakannya, mintalah anak untuk menggosok giginya. Anda bisa membantu anak dalam menyikat giginya sembari menjelaskan hal apa yang dilakukan sekarang.
  • Biarkan anak belajar menggosok gigi sendiri, meski belum sepenuhnya baik. Yang terpenting selalu awasi anak Anda.

Ajarkan anak untuk membersihkan lidah dengan menggunakan sikat giginya secara perlahan. Ingatkan pula untuk tidak menelan pasta gigi saat menggosok gigi. 

Lidah bayi yang putih tak selalu menunjukkan penumpukan susu maupun makanan. Bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh infeksi jamur atau yang sering disebut dengan oral thrush. Meski tampak serupa, namun keduanya ada hal yang membedakan. 

Sisa susu ataupun makanan akan mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan kain kassa maupun sikat jari yang lembut. Sedangkan pada thrush, Anda akan kesulitan membersihkannya.

Cara membersihkan lidah bayi yang putih akibat infeksi jamur adalah dengan obat antijamur. Segera hubungi dokter apabila lidah bayi yang putih tidak bisa hilang dengan pembersihan lidah. 

Itu dia penjelasan lengkap seputar cara membersihkan lidah bayi. Dengan melakukan kebiasaan rutin ini, bayi Anda akan terhindar dari infeksi rongga mulut.

Yuk, cari tahu info parenting lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

[RS]

lidahAnakGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait