Sukses

Dear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Tidak hanya orang dewasa, lidah bayi juga perlu dibersihkan. Bagaimana cara membersihkannya? Simak informasinya lewat ulasan berikut ini.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut anak harus dilakukan sedini mungkin. Bahkan, orang tua perlu menerapkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak bayi baru lahir.

Ya, walaupun bayi baru lahir belum memiliki gigi, namun orangtua bisa membersihkan bagian lidah si kecil.

Lantas, apa saja manfaat membersihkan lidah bayi? Bagaimana cara membersihkan lidah bayi dengan benar dan aman?

1 dari 3 halaman

Mengapa Lidah Bayi Perlu Dibersihkan?

Menurut dr. Arina Heidyana, lidah bayi harus dibersihkan agar kebersihan rongga mulut si kecil tetap terjaga.

Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik bisa meningkatkan risiko munculnya bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Dengan kata lain, bakteri bisa menyebabkan bau mulut dan terinfeksi. Infeksi yang terjadi bisa menyebabkan bayi merasa tidak nyaman serta rewel sepanjang hari, lho.

Selain itu, membersihkan lidah bayi juga penting untuk dilakukan guna menjaga fungsi indra perasa.

Kotoran atau sisa-sisa  ASI yang menumpuk di lidah bisa menyebabkan di kecil tidak bisa merasakan makanan dengan maksimal.

Artikel Lainnya: Sariawan pada Bayi Akibat Kurang Nutrisi atau Penyakit?

“Lidah bayi sebaiknya mulai dibersihkan bahkan sejak dari lahir untuk menjaga kebersihan mulut, kesehatan gusi, dan juga mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur. Kalau tidak dibersihkan, lidah bayi bisa menjadi putih akibat menumpuknya sisa makanan atau susu, dan bisa juga timbul oral thrush (infeksi jamur) di mulutnya,” ujar dr. Arina.

Lidah bayi yang tidak pernah dibersihkan juga dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit gigi.

Jika kebiasaan ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin si kecil dapat mengalami masalah gigi di kemudian hari nanti.

Artikel Lainnya: Sariawan pada Bayi Bisa Sembuh dengan ASI, Benarkah?

2 dari 3 halaman

Cara untuk Membersihkan Lidah Bayi

Berikut beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan lidah bayi.

  • Orang tua harus mencuci tangannya terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Pastikan Anda membilas tangan sampai bersih agar tidak ada residu sabun yang tersisa.
  • Siapkan satu wadah berisi air hangat dengan suhu suam-suam kuku. Siapkan juga kain kasa yang sudah terpotong-potong, lalu lilitkan di jari Anda.
  • Gendong bayi dan posisikan tubuh mereka seperti sedang menyusu. Pastikan ibu dan bayi sama-sama memiliki posisi yang nyaman selama sesi membersihkan lidah berlangsung.
  • Jika posisi sudah nyaman, celupkan kain kasa yang sudah dililitkan di jari ke dalam air hangat. Peras sedikit agar tidak terlalu banyak air yang diserap oleh kain kasa.
  • Masukkan jari Anda ke dalam mulut bayi, lalu usap bagian lidahnya secara perlahan dan lembut. Jangan memasukan jari terlalu dalam karena berisiko menyebabkan bayi tersedak dan muntah.
  • Apabila mulut bayi tidak mau terbuka, coba usap-usap bibirnya dengan lembut dan sabar. Biasanya cara ini akan buat mulut bayi jadi terbuka secara perlahan.
  • Selain bagian lidah, Anda juga diminta untuk membersihkan area gusi dan mulut bagian dalam. Hal ini berguna untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di mulut si kecil.

Artikel Lainnya: Inilah Tanda-tanda si Kecil Akan Tumbuh Gigi

Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan lidah bayi? Karena bayi baru lahir belum memiliki pola makan yang teratur, orang tua dapat mengatur waktu tetap untuk membersihkan lidah si kecil setiap malam.

Ketika bayi sudah bertambah besar (kira-kira berusia lebih dari 6 bulan) dan memiliki kebiasaan makan yang teratur, Anda dapat membersihkan lidahnya ketika ia selesai makan terakhir di hari itu.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar lidah bayi tetap sehat dan bersih. Awalnya, kegiatan ini mungkin sulit dilakukan oleh orang tua.

Jika dilakukan setiap hari, orang tua pasti semakin terlatih untuk membersihkan lidah dan mulut bayi.

Yuk, cari tahu info parenting atau merawat bayi lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar