Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Atasi Masalah pada Bayi Baru Lahir, Ibu Bisa Lakukan ini

Atasi Masalah pada Bayi Baru Lahir, Ibu Bisa Lakukan ini

Ada beberapa masalah kesehatan yang umum dialami bayi baru lahir Namun, ibu tidak perlu khawatir, ikuti tips berikut ini untuk menjaga anak dengan optimal!

Merawat bayi yang baru lahir adalah sebuah tantangan menegangkan sekaligus mengasyikkan untuk ibu. Pasalnya, ibu harus beradaptasi dengan rutinitas harian yang berubah.

Belum lagi, bayi baru lahir rentan mengalami masalah kesehatan yang membuat ibu harus memahami kondisi si kecil.

Nah, ibu tidak perlu cemas dengan tantangan tersebut. Ibu hanya perlu mengetahui apa saja masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi baru lahir, dan bagaimana cara mengatasi sekaligus mencegah si kecil agar tak gampang sakit. Simak ulasan berikut ini, ya.

Kesehatan Bayi adalah Tantangan Bagi Ibu

Masa rentan bayi adalah ketika ia baru lahir ke dunia. Pada masa itu, kondisi tubuh bayi belum kuat, dan ia rentan terkena penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Berbagai kuman, polusi, atau makanan yang kotor, bisa menjadi agen penyebab penyakit. Maka itu, ibu perlu aktif untuk menjaga kesehatan bayi.

Setidaknya ibu harus dapat memantau kondisi kesehatan buah hati, cermat mengamati gejala penyakit, dan pandai menentukan produk yang aman untuk bayi. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut, risiko si kecil terkena penyakit dapat diminimalkan.

Artikel Lainnya: 6 Penyakit yang Mengintai Bayi Baru Lahir

1 dari 3 halaman

Berbagai Masalah Kesehatan pada Bayi Baru Lahir

Berikut beberapa kondisi kesehatan yang sering dialami bayi baru lahir.

1. Kolik

Nyeri perut atau kolik yang dialami bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebabnya bervariasi, mulai dari perut kembung karena terlalu kenyang, tidak cocok dengan makanan, sampai dipicu oleh infeksi.

Bayi yang kolik biasanya akan menjadi rewel, tidak mau makan, dan bisa menunjukkan gangguan pola buang air besar.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare dan sulit buang air besar merupakan masalah yang umum ditemui pada bayi.

Hal ini sangat berhubungan dengan kebersihan makanan, kandungan makanan, dan kecukupan cairan bayi.

3. Ruam Kulit

Kulit bayi sangatlah sensitif, karena itu perhatikan sabun dan produk perawatan yang digunakan untuk si kecil.

Kebersihan popok juga perlu ibu perhatikan. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi setiap ia buang air kecil dan buang air besar.

4. Flu atau Demam

Batuk, pilek, dan demam merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai pada bayi baru lahir.

Infeksi virus merupakan penyebab paling umum dan biasanya akan membaik sendiri dalam jangka waktu 3 sampai 5 hari.

Artikel Lainnya: 7 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Asal!

2 dari 3 halaman

Pilihan Terbaik bagi Ibu untuk Jaga Kesehatan Bayi

Ibu tidak perlu mengkhawatirkan beberapa masalah kesehatan di atas. Ketahui cara mencegah serta mengatasi masalah kesehatan pada bayi baru lahir dengan tips berikut ini.

1. Memerhatikan Kandungan Makanan Ibu

Ibu yang menyusui bayi baru lahir wajib memerhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Makanan yang dikonsumsi harus bersih, sehat, dan bergizi agar air susu ibu (ASI) mengandung nutrisi lengkap.

Karena ASI yang bergizi dapat menyehatkan saluran pencernaan bayi. Ibu pun perlu tahu bahwa sebagian besar sistem imunitas tubuh berasal dari saluran pencernaan.

Ketika bayi baru lahir memiliki pencernaan yang sehat, imunitas atau kekebalan tubuhnya pun jadi kuat. Alhasil, si kecil bisa terhindar dari masalah kesehatan atau tak mudah sakit. 

2. Menjaga Kebersihan Tubuh Bayi

Guna mencegah berbagai masalah kesehatan kulit, ibu harus memerhatikan kebersihan tubuh bayi baru lahir. Jaga kebersihan tubuh anak dengan memandikannya secara berkala.

Ganti popok yang sudah basah untuk mengurangi risiko terjadinya ruam di kulit bayi.  Pastikan juga buah hati Anda memiliki tangan yang bersih.

Sebab, tangan anak yang kotor dapat menjadi gerbang bagi kuman penyebab penyakit, seperti flu atau demam, masuk ke dalam tubuhnya.

Artikel Lainnya: Kunci Penting Merawat Bayi Baru Lahir

3. Menggunakan Produk yang Aman

Untuk mengatasi masalah kesehatan pada bayi, ibu dapat menggunakan produk Mama’s Choice yang hadir melalui rangkaian Baby Series.

Produk rangkaian Baby Series terdiri dari Calming Tummy Oil, yaitu minyak yang dapat menenangkan si kecil ketika mengalami perut kembung dan kolik. Lalu, ada Rash Cream yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi risiko ruam kulit.

Ibu pun dapat mengaplikasikan produk Moisturizing Hand Gel untuk menjaga tangan bayi tetap bersih dan mencegah kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuhnya.

Tak hanya itu, produk Moisturizing Hand Gel juga dapat memelihara dan menjaga kelembapan tangan bayi.

Produk Mama's Choice memiliki formula tanpa kandungan alkohol, paraben, dan phthalates. Ketiga produk tersebut hypoallergenic dan sudah teruji secara dermatologis, ini merupakan pilihan yang tepat untuk kesehatan kulit anak.

Mama's Choice akan selalu menemani perjalanan ibu dan tumbuh kembang buah hati dengan produk yang aman, natural, halal dan jujur. 

Jadi, ibu tak perlu bingung lagi untuk menjaga dan mengatasi masalah kesehatan pada bayi baru lahir.  Dapatkan produk lengkap Mama’s Choice rangkaian Baby Series hanya di sini.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar