Sukses

Ini Sederet Manfaat Berenang untuk Lansia

Berenang adalah aktivitas fisik yang menyenangkan, tak terkecuali untuk lansia. Berikut sederet manfaat berenang untuk lansia yang perlu Anda ketahui.

Olahraga adalah kegiatan sehat yang mesti dilakukan oleh setiap usia, tak terkecuali lansia. Bahkan, bagi mereka yang telah berusia senja, melakukan jenis olahraga yang tepat secara rutin terbukti dapat meningkatkan kualitas dan angka harapan hidup.

Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk lansia adalah berenang. Selain menyehatkan, olahraga berenang untuk lansia juga bisa membawa segudang manfaat kesehatan.

 

1 dari 3 halaman

Segudang Manfaat Berenang untuk Lansia

Berdasarkan dr. Theresia Rina Yunita, berenang adalah pilihan olahraga yang paling baik dan aman untuk dilakukan oleh lansia.

“Lansia biasanya sudah mengalami masalah sendi, sehingga disarankan melakukan jenis olahraga yang low-impact seperti berenang,” kata dr. Theresia Rina.

“Berenang tidak akan membebani sendi dengan berat badan keseluruhan. Bahkan, daya apung air justru bisa menopang sebagian berat tubuh dan mengurangi efek gravitasi,” sambungnya.

Lantas, apa saja manfaat berenang untuk lansia? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menghilangkan Rasa Sakit

“Berenang dapat secara efektif menurunkan bahkan menghilangkan rasa sakit di beberapa bagian sendi,” ucap dr. Theresia Rina.

Selain itu, berenang juga diketahui dapat meningkatkan kualitas hidup penderita osteoartritis lutut dan fibromyalgia.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Selain mengurangi tekanan pada sendi, daya apung air dan gerakan renang yang tepat juga bisa bantu lansia untuk melenturkan otot dan sendi-sendi tubuh.

Alhasil, tubuhnya akan lebih fleksibel, dan risiko cedera atau otot kaku pun dapat dihindari.

“Lansia yang berenang bisa melatih anggota tubuh dan persendian melalui berbagai macam gerakan dengan lebih mudah di air. Hal tersebut bisa bantu menjaga kelenturan sendi dan meningkatkan fleksibilitas apabila (berenang) dilakukan secara teratur,” tutur dr. Theresia Rina.

“Bagi lansia yang punya ruang gerak terbatas di darat, peregangan di dalam air adalah cara yang baik untuk meningkatkan kelenturan,” tegasnya.

Artikel Lainnya: 4 Olahraga yang Cocok Dilakukan Lansia di Akhir Pekan

3. Menjaga Keseimbangan

Manfaat berenang untuk lansia yang lainnya adalah dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, sehingga risiko terjatuh dapat diminimalkan.

Manfaat ini bisa diraih, karena berenang turut memperkuat otot tubuh bagian atas, otot inti, dan otot kaki.

“Studi yang dilakukan di Australia mengevaluasi 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas. Peneliti menemukan, partisipan yang rutin berenang memiliki kemungkinan 33 persen lebih rendah untuk terjatuh dibandingkan yang tidak berenang,” jelas dr. Theresia Rina.

4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Swim Strong Foundation, berenang selama 30 menit dalam satu hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 30 sampai 40 persen.

“Pada pria lansia, berenang juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2,” ujar dr. Theresia.

“Cara kerjanya adalah dengan mengurangi tekanan darah dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Peningkatan 1 persen kolesterol HDL diketahui dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 3,5 persen,” imbuhnya.

Artikel Lainnya: 8 Olahraga Ini Jauhkan Lansia dari Alzheimer

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak sedikit lansia yang kesulitan tidur, sehingga berujung mengalami stres berlebih. Untungnya, kondisi tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan berenang secara rutin dan teratur.

“Selain itu, orang dewasa yang lebih tua juga akan merasa lebih lelah secara fisik setelah berenang. Jadi, tak sedikit lansia yang langsung tidur pulas setelahnya,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Jenis Renang Seperti Apa yang Cocok untuk Lansia?

Menurut dr. Theresia Rina, tidak ada jenis renang yang spesifik untuk lansia. Pasalnya, semua jenis latihan renang tergolong aman dilakukan asalkan disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing individu.

Akan tetapi, jika Anda adalah lansia yang ragu untuk berenang, tak ada salahnya untuk melakukan jenis olahraga tersebut di bawah pengawasan instruktur berpengalaman.

Hal ini dilakukan agar olahraga yang dilakukan sepenuhnya bermanfaat tanpa mendatangkan efek samping merugikan.

Ingin konsultasi lebih lanjut kepada dokter mengenai manfaat berenang untuk lansia? Tak perlu ragu untuk memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar