HomeIbu Dan anakKesehatan BayiJeruk Baby untuk MPASI Bayi, Ini Manfaatnya
Kesehatan Bayi

Jeruk Baby untuk MPASI Bayi, Ini Manfaatnya

dr. Dyah Novita, 16 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jeruk baby memiliki kadar asam yang lebih rendah, sehingga dianggap aman untuk diberikan sebagai menu MPASI bayi. Apakah medis setuju dengan hal ini?

Jeruk Baby untuk MPASI Bayi, Ini Manfaatnya

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan jeruk baby. Jeruk ini memiliki rasa yang lebih manis, dengan tingkat keasaman lebih rendah dibandingkan jeruk lainnya.

Karena cita rasanya, jeruk baby sering dipilih jadi menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Manfaat makan jeruk baby untuk bayi dinilai baik untuk kesehatan tubuh si kecil. 

Di bawah ini sederet manfaat jeruk baby untuk MPASI yang perlu Mama tahu.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk baby memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga si kecil tidak mudah terserang penyakit.

Artikel lainnya: Manfaat Memberikan Buah Kering ke Dalam MPASI Anak

2. Membantu Meredakan Flu dan Batuk

Kalau bayi Mama terkena flu dan batuk, jeruk baby bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakan keluhan tersebut. Manfaat jeruk baby satu ini berasal dari tingginya kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Mengoptimalkan Fungsi Saluran Pencernaan

Khasiat jeruk baby untuk bayi bisa mendukung fungsi pencernaan. Karena jeruk baby mengandung kadar serat yang lumayan tinggi. 

Mengonsumsi jeruk baby secara rutin dan teratur bisa bikin fungsi pencernaan lebih optimal dalam menyerap zat gizi yang diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

4. Menurunkan Risiko Konstipasi

Pahami Bun, Ini Penyebab Anak Tidak BAB Seharian

Manfaat jeruk baby untuk bayi satu ini masih berkaitan dengan kandungan serat di dalamnya. Serat dalam jeruk baby dapat melancarkan saluran pencernaan si kecil sehingga risiko sembelit atau konstipasi bisa dihindari.

Artikel lainnya: Tips Menyiapkan Buah Alpukat untuk MPASI Bayi

5. Mencegah Dehidrasi

Jeruk baby memiliki kandungan air yang tinggi. Jika buah ini dikonsumsi secara rutin dan teratur, risiko bayi mengalami dehidrasi bisa berkurang.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi 

Jeruk baby mengandung kalsium dan fosfat yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan mencegah gangguan tulang selama masa tumbuh kembang anak. Kalsium dan fosfat juga bermanfaat untuk memperkuat pertumbuhan gigi si kecil.

7. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin C di dalam jeruk baby dapat membantu menyerap zat besi. Ketika kadar zat besi di dalam tubuh tercukupi, maka jumlah hemoglobin akan meningkat. Risiko terjadinya anemia pada bayi pun bisa berkurang. 

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Kiwi untuk MPASI Bayi dan Tips Menyajikannya

8. Meningkatkan Fungsi Penglihatan 

Menggunting Bulu Mata Bayi Agar Lentik, Efektif atau Berbahaya?

Jeruk mengandung vitamin A dan fitonutrien, seperti alfa, beta karoten, serta lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Karena itu, jeruk baby bisa jadi pilihan buah yang baik untuk mendukung penglihatan si kecil.

Memberikan jeruk baby untuk MPASI bayi bisa mengundang banyak manfaat kesehatan bagi si kecil. Namun, Mama tetap tidak boleh memberikannya sembarangan.

Jeruk baby mungkin masih terasa asam bagi bayi berusia di bawah satu tahun. Oleh karena itu, jeruk baby sebaiknya diberikan dalam jumlah sedikit-sedikit terlebih dahulu guna mencari tahu reaksi tubuh anak.

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Buah Melon untuk MPASI Bayi

Berikan jeruk baby selama tiga hari dan lihat adakah reaksi yang muncul. Reaksi tersebut dapat berupa kemerahan pada area mulut, diaper rash, maupun reaksi alergi, seperti ruam kemerahan di kulit, bengkak di area wajah, bersin-bersin, atau muntah. 

Apabila Mama bingung mengenai cara mengolah jeruk baby untuk MPASI, konsultasikan langsung dengan dokter anak lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu dan si kecil.

(ADT/JKT)

MPASI

Konsultasi Dokter Terkait