Sukses

Jeruk Baby untuk MPASI Bayi, Ini Manfaatnya

Jeruk baby memiliki kadar asam yang lebih rendah, sehingga dianggap aman untuk diberikan sebagai menu MPASI bayi. Apakah medis setuju dengan hal ini?

Anda mungkin sudah tidak asing dengan jeruk baby. Buah yang juga dikenal dengan sebutan jeruk java ini memiliki rasa yang lebih manis, dengan tingkat keasaman lebih rendah dibandingkan jeruk-jeruk lainnya.

Karena memiliki rasa tersebut, jeruk baby sering dijadikan pilihan sebagai menu MPASI bayi. Pemberian buah ini pada si kecil bahkan dianggap dapat mengundang berbagai manfaat kesehatan.

Apakah medis setuju dengan manfaat jeruk baby untuk bayi? Lantas, adakah saran dari dokter tentang cara meracik jeruk baby untuk MPASI bayi agar sepenuhnya bermanfaat? Yuk, cari tahu!

1 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Baby untuk Bayi

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk baby untuk bayi menurut dr. Adeline Jaclyn:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk baby memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga si kecil tidak mudah terserang penyakit.

2. Membantu Meredakan Flu dan Batuk

Kalau bayi Anda terkena flu dan batuk, jeruk baby bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakan keluhan tersebut. Manfaat jeruk baby yang satu ini adalah berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Artikel Lainnya: Aneka Bubur Buah untuk Bayi

3. Mengoptimalkan Fungsi Saluran Pencernaan

Jeruk baby juga mengandung kadar serat yang lumayan tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, fungsi pencernaan si kecil akan lebih optimal dalam menyerap zat-zat gizi untuk menunjang tumbuh kembang.

4. Menurunkan Risiko Konstipasi

Manfaat jeruk baby untuk bayi yang satu ini masih berkaitan dengan kandungan serat di dalamnya. Faktanya, serat dalam jeruk baby dapat melancarkan saluran pencernaan si kecil sehingga risiko sembelit atau konstipasi bisa dihindari.

5. Mencegah Dehidrasi

Jeruk baby memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dapat bantu turunkan risiko dehidrasi pada si kecil.

Artikel Lainnya: Kapan si Kecil Boleh Makan Buah yang Kecut?

2 dari 4 halaman

Cara Penyajian Jeruk Baby untuk MPASI

Manfaat jeruk baby untuk bayi ternyata sangat beragam. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi jika ingin menyajikannya sebagai MPASI.

Menurut dr. Adeline, jeruk baby bisa diolah sebagai jus atau langsung dikonsumsi dalam bentuk utuh.

"Dipotong kecil seukuran gigitan, dan pastikan sudah tidak ada biji di dalamnya. Tidak masalah juga jika Anda ingin mengupas membran jeruknya," ungkap dr. Adeline.

"Selain itu, (jeruk baby) juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain, seperti yoghurt atau buah-buahan lain," sambungnya.

Ingin menyajikan jeruk baby sebagai pure? Bisa! Anda tinggal menumbuknya sedikit hingga bentuknya menyerupai bubur.

Artikel Lainnya: Kiat Menyajikan Buah untuk Konsumsi Bayi

3 dari 4 halaman

Adakah Efek Samping Konsumsi Jeruk Baby untuk Bayi?

Memberikan jeruk baby untuk MPASI memang bisa mengundang banyak manfaat sehat bagi si kecil. Namun, Anda tetap tidak boleh memberikannya dengan sembarangan.

Masalahnya, jeruk baby mungkin masih terasa asam bagi bayi berusia di bawah satu tahun. Oleh karena itu, lebih baik diberikan dalam jumlah sedikit-sedikit terlebih dahulu guna mencari tahu reaksi tubuh si kecil.

"Untuk tiap makanan, berikan selama tiga hari dan dilihat adakah reaksi yang muncul. Reaksi tersebut dapat berupa kemerahan pada area mulut, diaper rash, atau alergi," ucap dr. Adeline.

Jeruk baby untuk MPASI dapat mengundang banyak manfaat sehat asalkan disajikan dengan tepat. Jadi, tak perlu sungkan lagi untuk memberikan buah yang satu ini kepada si kecil, ya!

Jika terdapat keraguan atau bingung saat hendak meracik jeruk baby untuk MPASI, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar