Sukses

Tidur Siang Bikin Berat Badan Naik? Ini Faktanya

Sering tidur siang dianggap menyebabkan kenaikan berat badan. Apa hal ini benar dari kacamata medis? Simak selengkapnya di sini.

Tidur siang memang jadi salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan banyak orang. Apalagi bila Anda memiliki waktu luang lebih pada siang hari, biasanya keinginan untuk tidur siang muncul. 

Rasa ngantuk memang sering datang di siang hari. Godaan untuk tidur siang pun tak terelakkan. 

Namun, ada anggapan bahwa kebiasaan tidur siang bisa bikin berat badan naik. Benarkah hal ini? 

1 dari 3 halaman

Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Gemuk?

Sebuah studi meneliti sekitar 10.000 peserta yang tidak memiliki penyakit kronis dan obesitas untuk melihat kaitan antara kenaikan berat badan dengan obesitas. 

Penelitian ini dilakukan selama 6,5 tahun. Setiap dua tahunnya akan dilihat perkembangannya. 

Hasilnya, ada sekitar 446 kasus yang menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan kemungkinan obesitas. 

Namun, tidur kurang dari 5 jam di malam hari dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidur 7 jam dan lebih dari 8 jam. 

“Kami mengamati 396 kasus kejadian obesitas dalam analisis tidur siang. Mereka yang tidur siang selama 30 menit per hari memiliki risiko 33 persen lebih rendah mengalami obesitas,” ujar salah satu peneliti. 

Artikel Lainnya: Asah Kemampuan Otak dengan Tidur Siang

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, tidur siang memang bukanlah faktor utama seseorang mengalami kenaikan berat badan. 

Meski begitu, tetap ada kaitan antara kenaikan berat badan dengan kebiasaan tidur siang seseorang. 

“Tidur siang memang bisa membuat seseorang naik berat badannya, tapi tidak secara langsung,” ungkap dr. Dyah Novita.

“Jadi, tidur siang yang menyebabkan kenaikan berat badan itu bukan karena tidur siangnya, tapi karena biasanya orang habis makan langsung tidur siang. Inilah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan.”

“Karena, setelah makan Anda jadi mengantuk dan memilih untuk tidur siang,” jelas dr. Dyah Novita.

Menurutnya, penyebab paling dasar kenapa seseorang mengalami kenaikan berat badan bila sering tidur siang adalah karena energi yang masuk dari kalori dan energi yang keluar lewat aktivitas fisik tidak seimbang. 

Maksudnya, ketika Anda makan terlalu banyak tapi kurang aktivitas fisik, maka kalori yang menumpuk akan berubah menjadi lemak. Inilah yang nantinya membuat badan bertambah bobotnya. 

Artikel Lainnya: Manfaat Tidur Siang untuk Anak

2 dari 3 halaman

Tips Tidur Siang agar Bermanfaat bagi Kesehatan

Nah, kalau Anda memang tidak bisa lepas dari kebiasaan tidur siang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidur siang dapat memberi manfaat untuk kesehatan. Berikut tipsnya:

  • Batasi Jam Tidur Siang 

Jika Anda merasa ngantuk di siang hari, maka tidurlah. Tapi, jangan sampai waktu tidur siang terlalu lama, karena bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dan membuat tubuh terasa lemas ketika bangun. 

Akibatnya, kepala bisa jadi pusing dan tidak konsentrasi dalam melanjutkan pekerjaan. Cukup tidur selama 15-20 menit. Pasang alarm agar sesi tidur siang tidak kebablasan. 

  • Cari Tempat untuk Tidur yang Nyaman 

Usahakan cari area tidur yang nyaman. Anda bisa gunakan ruangan gelap atau penutup mata. 

Beberapa kantor pun sudah menyediakan napping room yang bisa digunakan untuk beristirahat. Tapi, kalau tidak memungkinkan, atur posisi tidur senyaman mungkin di area yang aman. 

  • Iringi dengan Musik 

Agar sesi tidur lebih berkualitas, Anda bisa mendengarkan lagu bernada lembut. Selain jadi lebih nyaman, mendengarkan musik sambil terlelap juga bisa merelakskan pikiran.

Nah, itulah kaitan tidur siang dan kegemukan yang perlu Anda pahami. Agar sesi tidur siang tidak membuat gemuk, pastikan beri jarak waktu setelah makan dengan tidur siang, ya!

Konsultasikan keluhan kesehatan Anda lebih cepat dengan LiveChat di Klikdokter. Ketahui juga berat badan ideal dengan Kalkulator BMI.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar