Kesehatan Anak

Dampak Baik Menghias Pohon Natal untuk Anak

Tamara Anastasia, 21 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak main-main, menghias pohon Natal rupanya bisa berdampak positif bagi psikologi anak. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak di sini.

Dampak Baik Menghias Pohon Natal untuk Anak

Di bulan Desember ini, sebagian sudah bersiap untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Nah, salah satu kegiatan yang menyenangkan menjelang Natal adalah menghias pohon Natal di rumah.

Selain mempercantik sudut ruangan, menghias pohon Natal di rumah juga berdampak baik untuk anak. Hal tersebut yang diungkap psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. Menurut penuturannya, mendekor pohon Natal dapat mempererat bonding anak dengan orang tua. Dengan kata lain, ada ikatan yang semakin kuat antara orang tua dan anak.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak adalah dengan menghabiskan waktu bersama buah hati. Nah, menjelang Natal, mendekor pohon Natal bisa jadi solusinya,” tutur Ikhsan.

“Ketika menghias pohon Natal, orang tua dan anak akan saling berkomunikasi satu sama lain, saling kerja sama, dan bertukar pikiran saat memilih hiasan pohon Natal,” ujar psikolog tersebut. 

Manfaat Menghias Pohon Natal pada Anak

Tidak hanya meningkatkan bonding, beberapa manfaat menghias pohon Natal bagi anak antara lain: 

1. Menurunkan Kadar Stres 

Selama pandemi ini, anak tidak bisa bermain sebebas biasanya. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar stres mereka.

Nah, dengan menghias pohon Natal, kadar stres yang dimiliki oleh anak bisa turun. Pasalnya, menghias pohon Natal adalah kegiatan yang menyenangkan dan membahagiakan anak,” ujar Ikhsan.

2. Meningkatkan Kecerdasan 

Karena anak diminta untuk berimajinasi sekreatif mungkin, mau tak mau kemampuan otak anak akan juga dipacu saat ia menghias pohon natal.

Secara tidak langsung, otak akan akan diasah dan membuatnya jadi berpikir untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Memberi Kesempatan Anak untuk Punya Memori Indah 

Punya kebiasaan menyenangkan seperti menghias pohon Natal setiap tahunnya akan membentuk memori yang indah dengan keluarga.

Apalagi jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, yakni satu tahun sekali. Mama dan Papa juga bisa mengajak anak untuk mendekor rumah, memanggang kue Natal, ataupun membungkus kado Natal.

Artikel Lainnya: Kiat Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak

4. Meningkatkan Kreativitas Anak 

“Anak pasti memiliki imajinasinya sendiri dalam menghias pohon Natal. Biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya itu karena ini bisa meningkatkan kreativitas anak,” ucap Ikhsan.

“Selain itu, Mama juga bisa mengajaknya membeli aksesori pohon Natal untuk meningkatkan kreativitasnya,” dia menambahkan.

5. Meningkatkan Kebiasaan Kerja Sama yang Baik 

Orang tua dan anak akan saling bekerja sama dalam menghias pohon Natal. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi, bekerja sama dalam kelompok, toleransi, dan sebagainya. 

6. Meningkatkan Kemampuan dalam Perencanaan 

Menghias pohon Natal tidak semudah yang Mama dan Papa pikirkan, terlebih bagi anak yang belum mengerti betul akan hal ini.

Dengan mengajarkan anak menghias pohon Natal, mereka akan mendapatkan ilmu perencanaan yang baik agar hasilnya bisa terlihat indah. Hal ini sekaligus mengajarkan anak untuk belajar merencanakan sesuatu yang pastinya berguna di masa depan. 

Artikel Lainnya: Trik Agar Anak Tidak Banyak Konsumsi Makanan Manis saat Natal

Ide Menghias Pohon Natal 

Jika Mama dan Papa bingung ide pohon Natal apa yang menarik untuk tahun ini, ada beberapa ide menarik yang bisa diikuti, di antaranya:

1. Gunakan Bahan Reusable 

Mama bisa menggunakan bahan reusable, seperti kertas bekas, kardus bekas, atau barang lainnya sebagai dekorasi pohon Natal.

Bahan-bahan tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak serta membuatnya lebih menghargai dan memaknai pohon Natal yang dibuat bersama keluarga.

2. Pakai Potongan origami dan Kertas 

Jika memiliki anak di rumah, Mama pasti menyediakan origami atau kertas berwarna-warni di rumah. Kertas ini bisa digunakan anak untuk menghias pohon Natal.

Ajari anak membuat dekorasi menggunakan kertas Origami. Desain potongan kertas untuk membuat kepingan salju, rusa kutub, dan sebagainya. 

3. Lengkapi dengan Ranting dan Daun 

Agar lebih kreatif, Mama bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti ranting dan daun-daunan yang ada di dekat rumah.

Minta si kecil untuk membuatnya menjadi suatu ide dekorasi menarik. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Artikel Lainnya: Tips Agar Anak Makin Cerdas dan Kreatif

Manfaatkan momen Natal tahun ini dengan menghias pohon Natal bersama anak. Jika Mama dan Papa memiliki ide mengisi momen Natal dan Tahun Baru juga bisa direalisasikan untuk menambah keceriaan dan kahangatan Natal.

Agar momen ini bisa Mama dan keluarga lewati dengan penuh bahagia, jangan lupa #JagaSehatmu. Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter anak maupun dokter spesialis lebih mudah!

(HNS/AYU)

Hari Natal

Konsultasi Dokter Terkait