Sukses

Dampak Baik Menghias Pohon Natal untuk Anak

Tak main-main, menghias pohon Natal rupanya bisa berdampak positif bagi psikologi anak. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak di sini.

Di bulan Desember ini, sebagian sudah bersiap untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Nah, salah satu kegiatan yang menyenangkan menjelang Natal adalah menghias pohon Natal di rumah.

Selain mempercantik sudut ruangan, menghias pohon Natal di rumah juga berdampak baik untuk anak. Salah satunya segi psikologisnya.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Menghias Pohon Natal Bagi Anak 

Hal tersebut yang diungkap psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. Menurut penuturannya, mendekor pohon Natal dapat mempererat bonding anak dengan orang tua. Dengan kata lain, ada ikatan yang semakin kuat antara orang tua dan anak.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak adalah dengan menghabiskan waktu bersama buah hati. Nah, menjelang Natal, mendekor pohon Natal bisa jadi solusinya,” tutur Ikhsan.

“Ketika menghias pohon Natal, orang tua dan anak akan saling berkomunikasi satu sama lain, saling kerja sama, dan bertukar pikiran saat memilih hiasan pohon Natal,” ujar psikolog tersebut. 

Artikel Lainnya: Kiat Guru Beri Pekerjaan Rumah bagi Anak Saat Libur Natal

Tidak hanya meningkatkan bonding, beberapa manfaat menghias pohon Natal bagi anak antara lain: 

  • Menurunkan Kadar Stres 

Selama pandemi ini kan anak tidak bisa bermain sebebas biasanya. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar stres mereka.

Nah, dengan menghias pohon Natal, kadar stres yang dimiliki oleh anak bisa turun. Pasalnya, menghias pohon Natal adalah kegiatan yang menyenangkan dan membahagiakan anak,” kata Ikhsan.

  • Meningkatkan Kecerdasan 

Karena anak diminta untuk berimajinasi sekreatif mungkin, mau tak mau kemampuan otak anak akan juga dipacu.

Secara tidak langsung, otak akan akan diasah dan membuatnya jadi berpikir untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Memberi Kesempatan Anak untuk Punya Memori Indah 

Punya kebiasaan menyenangkan seperti menghias pohon Natal setiap tahunnya akan membentuk memori yang indah dengan keluarga.

Apalagi jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, yakni satu tahun sekali. Anda juga bisa mengajak anak untuk mendekor rumah, memanggang kue Natal, ataupun membungkus kado Natal.

Artikel Lainnya: Manfaat Merayakan Natal Bersama Keluarga Bagi Kesehatan Mental

  • Meningkatkan Kreativitas Anak 

“Anak pasti memiliki imajinasinya sendiri dalam menghias pohon Natal. Biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya itu karena ini bisa meningkatkan kreativitas anak,” ucap Ikhsan.

“Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya membeli aksesori pohon Natal untuk meningkatkan kreativitasnya,” dia menambahkan.

  • Meningkatkan Kebiasaan Kerja Sama yang Baik 

Orang tua dan anak akan saling bekerja sama dalam menghias pohon Natal. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi, bekerja sama dalam kelompok, toleransi, dan sebagainya. 

  • Meningkatkan Kemampuan dalam Perencanaan 

Menghias pohon Natal tidak semudah yang Anda pikirkan, terlebih bagi anak yang belum mengerti betul akan hal ini.

Dengan mengajarkan anak menghias pohon Natal, mereka akan mendapatkan ilmu perencanaan yang baik agar hasilnya bisa terlihat indah.

Hal ini sekaligus mengajarkan anak untuk belajar merencanakan sesuatu yang pastinya berguna di masa depan. 

Artikel Lainnya: Trik Agar Anak Tidak Banyak Konsumsi Makanan Manis saat Natal

2 dari 3 halaman

Ide Dekor Pohon Natal 

Jika Anda bingung ide pohon Natal apa yang menarik untuk tahun ini, berikut Klikdokter rangkum beberapa ide menariknya:

  • Gunakan Bahan Reusable 

Anda bisa menggunakan bahan reusable, seperti kertas bekas, kardus bekas, atau barang lainnya sebagai dekorasi pohon Natal.

Bahan-bahan tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak serta membuatnya lebih menghargai dan memaknai pohon Natal yang dibuat bersama keluarga.

  • Gunakan Potongan origami dan Kertas 

Jika Anda memiliki anak di rumah, Anda pasti memiliki origami atau kertas berwarna-warni di rumah. Kertas ini bisa digunakan untuk merapikan pohon Natal.

Ajari anak Anda membuat dekorasi menggunakan kertas Origami. Desain potongan kertas untuk membuat kepingan salju, rusa kutub, dan sebagainya. 

  • Gunakan Ranting dan Daun 

Agar lebih kreatif, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti ranting dan daun-daunan yang ada di dekat rumah.

Minta anak untuk membuatnya menjadi suatu ide dekorasi menarik. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Manfaatkan momen ini dengan menghias pohon Natal bersama anak. Jika Anda memiliki ide mengisi momen Natal dan Tahun Baru, silakan tulis di kolom komentar. Cari tahu juga bakat si kecil sejak dini di sini.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar