Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Minum Obat Batuk Agar Mengantuk, Amankah bagi Kesehatan?

Minum Obat Batuk Agar Mengantuk, Amankah bagi Kesehatan?

Minum obat batuk agar bisa mengantuk sering dijadikan jalan pintas bagi orang-orang yang kesulitan tidur. Anda salah satunya? Hindari, agar tidak mengalami kondisi ini!

Banyak orang yang susah tertidur di malam hari karena berbagai penyebab. Jalan pintasnya adalah, minum obat tidur. Akan tetapi, ada juga yang tidak mau ketergantungan obat tidur, sehingga malah mengonsumsi obat batuk.

Tidak dimungkiri, sebagian obat batuk memang memiliki kandungan yang bisa menimbulkan efek samping mengantuk. 

Pertanyaannya, adakah efek minum obat batuk secara terus-menerus agar bisa tertidur nyenyak di malam hari? 

1 dari 3 halaman

Fenomena Minum Obat Batuk Agar Mengantuk

Alex, bukan nama sebenarnya, adalah salah satu orang yang sering mengandalkan obat batuk agar bisa tertidur nyenyak di malam hari. Sebelumnya, ia mengaku kesulitan untuk tidur dalam dua tahun belakangan. 

Sempat menenggak obat tidur setelah berobat ke dokter, ia mengaku takut ketergantungan. Akhirnya ia memilih untuk minum obat batuk, ketika merasa sangat susah tidur.

Artikel Lainnya: Usir Kantuk Tanpa Kopi 

"Kalau malam lagi susah tidur parah, saya biasanya minum obat batuk. Terdengar aneh memang. Tapi, saya memang stok obat batuk untuk diminum kalau insomnia," ungkap Alex.

"Buat saya, (obat batuk) itu manjur kalau sedang sulit tidur. Saya ada merek (obat batuk) tertentu yang menjadi andalan untuk bantu tidur. Manjur sekali, dan bisa nyenyak (tidurnya)," sambungnya.

Dari kasus Alex, Anda mungkin bertanya: kenapa ada obat batuk yang menyebabkan ngantuk

Menjawab pertanyaan, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, obat batuk memiliki salah satu kandungan yang disebut antihistamin. Senyawa tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk, melalui sifat penekan sistem saraf pusat.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat!

2 dari 3 halaman

Amankah Minum Obat Batuk saat Tidak Bisa Tidur?

Faktanya, mengandalkan obat batuk agar bisa mengantuk adalah jalan pintas yang sebaiknya tidak dipilih. Pasalnya, tindakan tersebut bisa menyebabkan ketergantungan.

Tidak hanya itu, ketergantungan obat batuk agar bisa mengantuk juga bisa memicu efek samping merugikan.

Beberapa efek samping yang dimaksud, yaitu mulut kering, penglihatan kabur, sembelit, kebingungan, pusing, dan retensi urine. Selain itu, obat batuk yang dikonsumsi sembarangan juga bisa menyebabkan efek halusinasi. 

"Minum obat (wajib) sesuai fungsinya. Kalau tidak bisa tidur, berarti harus dicari akar masalahnya," tegas dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Jenis Minuman Ini Dapat Mengatasi Susah Tidur

"Jika memang perlu konsumsi obat-obatan, maka wajib dikonsultasikan kepada dokter, Apakah memang perlu bantuan obat khusus agar bisa tidur atau diberikan terapi lain," sambungnya.

Dengan kata lain, penggunaan obat batuk agar bisa mengantuk bukanlah jalan pintas yang disarankan medis. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari agar Anda tidak ketergantungan dan malah mengalami efek samping yang menyebabkan dampak fatal bagi kesehatan.

Lebih baik cari akar masalah yang membuat Anda kesulitan tidur di malam hari. Jika kesulitan, tak perlu ragu untuk konsultasi kepada dokter atau psikolog untuk bantu menegakkan diagnosis dan mengetahui terapi yang paling tepat.

Ingin tahu lebih detail mengenai efek minum obat batuk berlebihan? Anda dapat bertanya secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar