Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Minyak Kayu Putih Atasi Selangkangan Hitam, Ini Faktanya!

Minyak Kayu Putih Atasi Selangkangan Hitam, Ini Faktanya!

Banyak digunakan untuk memutihkan ketiak, efektifkan minyak kayu putih untuk selangkangan hitam? Yuk, kita simak kata dokter berikut.

Diskolorasi alias perbedaan warna kulit tidak hanya ada di wajah atau area lain yang terpapar matahari. Bagian tersembunyi, seperti selangkangan, juga berpotensi menghitam. 

Kondisi ini tentu bisa membuat tidak percaya diri, terutama saat bercinta atau menggunakan baju renang.

Selangkangan menghitam bisa dipicu oleh kebersihan yang kurang terjaga dan gesekan antar-kulit. 

Untuk mengatasi hal ini, banyak cara yang bisa dilakukan. Akan tetapi, beberapa orang memanfaatkan minyak kayu putih untuk selangkangan hitam. Amankah cara ini dilakukan?

1 dari 4 halaman

Mengenal Minyak Kayu Putih

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu apa dan bagaimana minyak kayu putih dihasilkan.

Dilansir dari Healthline, minyak kayu putih terbuat dari hasil suling daun dan cabang pohon minyak kayu putih. Minyak alami tersebut memiliki beberapa nama medis, seperti cajeputi leucadendra, cajeputi aetheroleum, dan cajeputi oil.

Minyak ini dikenal dengan kualitas antiseptik dan analgesiknya. Selain itu, minyak kayu putih juga dianggap sebagai antiinflamasi yang bisa digunakan untuk membantu mengobati luka di kulit, mengatasi pilek, dan penyakit kulit akibat inflamasi.

Bahkan, sebagian orang menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti kudis dan panu.

Sama seperti minyak esensial lainnya, minyak kayu putih tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA). Itu sebabnya, penggunaan minyak kayu putih untuk pengobatan dan bahan makanan tetap perlu diperhatikan.

Artikel Lainnya: Penyebab Selangkangan Hitam dan Gatal serta Cara Mengatasinya

2 dari 4 halaman

Amankah Menggunakan Minyak Kayu Putih Untuk Memutihkan Selangkangan

Menanggapi hal ini, dr. Adeline Jaclyn mengatakan belum ada penelitian atau jurnal yang membuktikan efektivitas minyak kayu putih untuk memutihkan selangkangan hitam.

Bahkan, jika Anda mengaplikasikannya pada selangkangan, ini bisa memberikan sensasi panas dan kulit terbakar pada selangkangan. 

“Minyak kayu putih pada dasarnya berfungsi untuk menghangatkan badan, bukan untuk memutihkan,” ujarnya. 

“Cara terbaik untuk memutihkan selangkangan adalah menurunkan berat badan karena bisa mengurangi lipatan pada selangkangan penyebab selangkangan hitam,” ujar dr. Adeline. 

Selain itu, minyak kayu putih sudah melalui proses destilasi, yang artinya mengandung bahan kimia yang disebut sineol. 

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan rasa hangat, bukan untuk mencerahkan kulit. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Selangkangan Menghitam Akibat Pembalut Bersayap

3 dari 4 halaman

Cara Aman Memutihkan Selangkangan

Selangkangan yang gelap memang buat penderitanya tidak nyaman dan percaya diri. Namun, ini bukan berarti Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih untuk memutihkan selakangan hitam.

Ada beberapa cara aman dan tergolong efektif dalam memutihkan selangkangan, seperti: 

  • Hindari memakai celana yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan kurangnya sirkulasi udara yang masuk dalam area vagina.

Selain itu, pakaian ketat juga bisa buat kulit selangkangan jadi hitam. Karena itu, pilihlah pakaian dalam atau celana yang longgar dan berbahan katun.

  • Hindari mencukur bulu kemaluan dengan pencukur atau pisau cukur. Anda disarankan untuk melakukan waxing atau laser bulu untuk menghindari hitamnya kulit selangkangan. 
  • Olahraga secara teratur guna menjaga berat badan tetap ideal. Lipatan yang terdapat pada pangkal paha dan selangkangan bisa jadi penyebab lain kulit selangkangan jadi hitam. Imbangi juga dengan jaga pola makan dan minum air secukupnya.

Anda sekarang sedang berpikir untuk memutihkan selangkangan dengan minyak kayu putih? Coba pikir-pikir lagi.

Apabila permasalahan selangkangan hitam membuat Anda tak percaya diri, jangan ragu meminta bantuan dokter kecantikan. Dokter akan memberikan treatment terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit.

Diskusikan masalah kesehatan Anda dengan dokter melalui fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar