Kulit

Bedanya Kandungan AHA, BHA, PHA Dalam Produk Skincare

Tamara Anastasia, 23 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada tiga kandungan yang sering digunakan di dalam skincare, yakni AHA, BHA, dan PHA. Di antara ketiganya, mana yang paling baik untuk kulit?

Bedanya Kandungan AHA, BHA, PHA Dalam Produk Skincare

Apabila ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, Anda wajib menggunakan skincare secara rutin. Ada beberapa kandungan bahan aktif yang umum ditemukan dalam skincare, yakni AHA, BHA, dan PHA.

Ketiganya sering terdapat di dalam produk eksfoliator yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Lantas, apa perbedaan di antara ketiganya?

 

Perbedaan Kandungan AHA, BHA, dan PHA

Selain terdapat di dalam produk eksfoliator, AHA, BHA, dan PHA juga bisa ditemukan di dalam produk pembersih wajah dan juga toner.

Masing-masing bahan atau kandungan skincare di bawah ini memiliki keunggulan berbeda yang bermanfaat untuk kulit.

  • AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA atau asam alfa hidroksi tergolong sebagai jenis asam larut air yang berasal dari tanaman, seperti buah atau hewan.

Kandungan AHA bisa ditemukan dalam produk perawatan kulit berbentuk citric acid, glycolic acid, malic acid, lactic acid, dan hydroxycaproic acid.

Melansir Healthline, AHA merupakan bahan skincare yang bekerja di permukaan kulit atas. Selain itu menurut dr. Adeline Jaclyn, pengelupasan kulit baru dapat membuat kulit jadi tampak lembut dan tidak kasar.

Melakukan eksfoliasi menggunakan bahan aktif AHA dapat menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Maka itu, Anda disarankan menggunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar matahari.

Artikel Lainnya: Inilah Makna Istilah yang Ada pada Label Perawatan Kulit

  • BHA (Beta Hydroxy Acid)

BHA atau asam beta hidroksi merupakan kandungan asam yang larut dalam lemak. BHA berasal dari kulit pohon dan juga kayu manis. 

Dokter Adeline mengatakan, “Contoh dari BHA yaitu asam salisilat dan beberapa jenis asam sitrat. Dibandingkan dengan AHA, kandungan BHA dapat masuk ke kulit lebih dalam untuk membebaskan pori-pori yang tersumbat dan menurunkan produksi sebum atau minyak.”

Karena BHA dapat menembus masuk ke dalam pori-pori, maka bahan aktif ini cocok digunakan untuk orang dengan kulit kombinasi atau berminyak.

Skincare  dengan konsentrasi BHA yang rendah juga dapat digunakan untuk membantu menenangkan kulit sensitif.

Perlu diketahui, skincare dengan kandungan BHA dapat Anda gunakan setiap hari. Sebelum menggunakan rutin, Anda bisa menggunakan skincare mengandung BHA sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

Tujuannya agar kulit bisa beradaptasi dan untuk melihat efek samping yang mungkin timbul.

Meskipun pemakaian skin care BHA tidak menyebabkan kulit jadi sensitif, Anda tetap dianjurkan untuk mengoleskan sunscreen ke wajah untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

  • PHA (Polyhydroxy Acid)

Polyhydroxy acid merupakan senyawa turunan AHA yang aman digunakan untuk kulit sensitif. Kandungan ini meliputi glukonolakton, asam laktobionat, dan asam maltobion. Berbeda dari kedua jenis sebelumnya, PHA cenderung tidak mengiritasi kulit atau membuatnya lebih sensitif,” ujar dr. Adeline Jaclyn.

PHA memiliki fungsi yang sama dengan AHA dan BHA, yakni membantu proses eksfoliasi kulit paling luar tanpa membuatnya jadi kering, kasar, dan sensitif.

Karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penggunaan produk skincare dengan kandungan bahan aktif PHA bisa dijadikan pilihan.

Artikel Lainnya: Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

Mana yang Lebih Baik Antara AHA, BHA, dan PHA

Menanggapi hal ini, dr. Adeline mengatakan bahwa ketiga kandungan dalam produk skincare ini sama-sama baik dan punya keunggulan masing-masing jika digunakan dengan cara yang benar dan sesuai jenis kulit.

Dokter Adeline menganjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin karena setiap individu memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda

Namun sebagai acuan, gunakan skincare berbahan dasar AHA untuk orang dengan tipe kulit kering. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan skincare dengan kandungan BHA di dalamnya.

Untuk orang dengan kulit sensitif, skincare mengandung PHA bisa dijadikan pilihan tepat untuk perawatan wajah.

Agar aman di kulit dan manfaatnya terasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan skincare tersebut.

Untuk tahu informasi lain mengenai skincare atau perawatan kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Kecantikan

Konsultasi Dokter Terkait