Sukses

Minuman Cokelat Campur Mint Bisa Mencegah Mual?

Tak cuma menambah cita rasa dan aroma, manfaat daun mint dalam minuman cokelat disebut-sebut bisa jadi penghilang mual. Benar atau tidak? Cek sini.

Apakah Anda termasuk penggemar minuman cokelat? Ya, minuman yang satu itu memang bisa membangkitkan mood

Namun, sayangnya beberapa orang mual setelah minum cokelat, apalagi jika terlalu kental! Untung saja, ada daun mint yang bisa mengatasi hal tersebut. 

Pernah dengar minuman ice mint chocolate? Daun mint yang sudah dihancurkan atau kadang dibuat utuh saja kerap dicampurkan ke dalam minuman cokelat. 

Tak cuma menambah cita rasa, penambahan mint juga dipercaya bisa membantu mencegah dan menghilangkan rasa mual setelah meneguk banyak cokelat. Lantas, benarkah anggapan tersebut atau sebenarnya, itu cuma sugesti?

1 dari 3 halaman

Mint Penghilang Mual setelah Minum Cokelat, Benar atau Tidak?

Menanggapi pertanyaan di atas soal manfaat daun mint dalam minuman cokelat, begini penjelasan dr. Arina Heidyana

“Daun mint memang bisa dijadikan terapi alternatif untuk mengatasi mual. Sebab, daun minta memiliki kandungan mentol,” jelasnya.

Dia menambahkan, “Mentol sendiri memiliki efek relaksasi dan dapat melemaskan otot-otot pencernaan. Empedu pun dapat mencegah lemak dengan baik dan makanan atau minuman, dalam hal ini cokelat, bisa dicerna dengan lebih baik.”

Karena itulah, buat Anda yang sangat suka dengan minuman cokelat tetapi tak mau mual setelah meminumnya, lebih baik pilih minuman cokelat dengan campuran mint.

Selain bisa jadi penghilang mual, aromanya yang menyegarkan juga bisa membantu Anda lebih rileks. 

Zat-zat dalam cokelat, yaitu methyl-xanthine, phenylethylalanine, theobromine, dan kafein memang mampu memperbaiki suasana hati. Jika dikombinasikan dengan daun mint, khasiat menenangkannya semakin berlipat. 

Artikel Lainnya: Manfaat Propolis di Pasta Gigi yang Perlu Anda Tahu

Terkadang, bahan baku yang digunakan ke dalam makanan atau minuman Anda bukan berupa daun, melainkan minyak peppermint. Namun, tenang saja, manfaatnya tidak akan berkurang! 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Gastroenterology melaporkan, makanan akan lebih cepat melewati saluran pencernaan ketika dicampurkan dengan minyak peppermint

Makanan yang terlalu lama berada di saluran cerna dapat menimbulkan gangguan. Dengan bantuan minyak peppermint, hal itu tak akan terjadi. 

Bonusnya lagi, serat dalam daun mint dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Apabila minuman Anda terbuat dari cokelat yang tinggi lemak, alias bukan dark chocolate, tentunya hal ini bisa membantu. 

Kafein dalam cokelat memang bisa meningkatkan produksi asam lambung, tetapi lemak dalam cokelat susu juga kadang bikin perut terasa tak enak. 

Jadi, dengan mengonsumsi minuman yang telah dicampur dengan daun mint, hal-hal semacam itu dapat dicegah. 

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat di Balik Daun Mint yang Menghiasi Makanan Anda

2 dari 3 halaman

Mana yang Lebih Ampuh untuk Hilangkan Mual, Mint atau Jahe?

Selain daun mint, sebenarnya ada satu lagi herbal yang sudah terkenal khasiatnya dalam menangani mual, yaitu jahe. 

Lantas, mana yang lebih ampuh untuk mengatasi salah satu gangguan pencernaan tersebut?

Ternyata menurut dr. Arina, jahe lebih ampuh untuk mengatasi mual ketimbang daun mint. “Iya, terdapat sebuah penelitian yang pernah membandingkan jahe dan daun mint untuk meredakan mual pada ibu hamil di trimester pertama.” 

“Hasilnya, lebih banyak yang mengalami perbaikan kondisi setelah diberikan air rebusan jahe ketimbang air rebusan daun mint,” jelas dr. Arina.  

Meski khasiat mint penghilang mual dikalahkan oleh jahe, pada dasarnya kedua herbal tersebut dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Anda dapat mengonsumsi keduanya dalam waktu yang berbeda sebagai variasi. 

Setelah mengonsumsi minuman yang agak “berat” dan cukup kental, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Sebab, air putih juga dapat membantu menetralkan rasa tak nyaman pada perut dan kepala Anda. 

Menambahkan daun mint dan herbal lainnya seperti jahe ke dalam minuman cokelat memang bisa jadi cara mencegah mual. 

Bila masih ada pertanyaan lain seputar gangguan pencernaan, konsultasikan hal itu pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar