HomeInfo SehatReproduksiMengenal Manfaat Kacang Panjang untuk Kesuburan
Reproduksi

Mengenal Manfaat Kacang Panjang untuk Kesuburan

Klikdokter, 30 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kacang panjang disebut-sebut punya manfaat untuk kesuburan. Benarkah demikian? Bagaimana pula cara mengonsumsinya?

Mengenal Manfaat Kacang Panjang untuk Kesuburan

Olahan kacang panjang adalah salah satu masakan yang digemari masyarakat Indonesia. Tak heran, tumis dan sayur kacang panjang mudah ditemui di dalam menu masakan sehari-hari. 

Sejak dahulu, kacang panjang banyak dibudidayakan masyarakat. Selain harganya terjangkau, kacang-kacangan ini juga mengandung gizi yang baik bagi tubuh. 

Kandungan gizi dalam kacang panjang, antara lain karbohidrat, protein, folat, kalsium, magnesium, zat besi, serta vitamin A, B1, B2, dan C. Berkat kandungan tersebut, kacang panjang diyakini dapat menurunkan risiko asam urat, menghilangkan radikal bebas, mencegah kanker, dan menyehatkan jantung. 

Selain itu, kacang panjang dipercaya baik untuk kesuburan. Bagaimana faktanya?

Benarkah Kacang Panjang Bermanfaat untuk Kesuburan?

Manfaat kacang panjang untuk kesuburan berasal dari kandungan zat besi di dalamnya. Selain membentuk sel darah merah pembawa oksigen, zat besi juga dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Zat besi diketahui dapat mencegah gangguan ovulasi wanita. Perlu diketahui, gangguan ovulasi dapat menurunkan peluang terjadinya pembuahan dalam tubuh wanita. Karenanya, kacang panjang bagus untuk program hamil (promil).

Nah, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Kemenkes RI, wanita dewasa setidaknya harus mendapatkan asupan zat besi sebanyak 18 miligram per hari.

Selain zat besi, kandungan kacang panjang yang bermanfaat untuk kesuburan, yaitu fitoestrogen. Fitoestrogen adalah segala kelompok tanaman yang memiliki sifat menyerupai hormon estrogen. Hormon estrogen selama ini berperan terhadap perkembangan reproduksi wanita.

Di samping itu, kacang panjang juga bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan zat besi dan asam folat dalam kacang panjang berperan penting untuk perkembangan janin. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat ini.

Artikel lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

Cara Konsumsi Kacang Panjang untuk Tingkatkan Kesuburan

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi kacang panjang yang tepat? Sebaiknya, kacang panjang dikonsumsi sebanyak 100 gram per hari. 

Kacang panjang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak, dikhawatirkan asupan gizi dari makanan yang lain justru tidak terpenuhi. 

Jika kamu mengonsumsi kacang panjang, sebaiknya diselang-seling dengan jenis sayuran lainnya.

Kacang panjang bisa dicuci kemudian diolah sesuai selera. Cara yang paling mudah, kacang panjang bisa kamu rebus. Namun, kacang panjang juga nikmat ditumis. 

Lengkapi seporsi sayur kacang panjang dengan sumber karbohidrat dan protein. Kamu dapat tambahkan buah sebagai pencuci mulut. Dengan demikian, kamu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Kacang panjang umumnya aman dikonsumsi oleh semua orang sehat. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap kacang panjang, sebaiknya jangan dikonsumsi karena bisa jadi pemicu berbagai gangguan atau masalah kesehatan lainnya.

Sekarang kamu sudah tahu manfaat kacang panjang untuk kesuburan, bukan? Apakah kamu tertarik mengonsumsi kacang-kacangan ini untuk program kehamilan? 

Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar program kehamilan kamu kian optimal. Konsultasi lebih mudah bisa menggunakan layanan Tanya Dokter

#JagaSehatmu dengan mengetahui jenis makanan yang baik untuk kesuburan melalui aplikasi KlikDokter

(ADT/JKT)

Sayur

Konsultasi Dokter Terkait