Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Idol Korea Suka Pakai Skin Care Mengandung Mugwort, Ini Manfaatnya

Idol Korea Suka Pakai Skin Care Mengandung Mugwort, Ini Manfaatnya

Diklaim baik untuk semua jenis kulit, ini dia skin care mugwort yang banyak dipakai oleh idol-idol Korea. Apa saja khasiatnya untuk kulit?

Rasanya hampir seluruh terutama wanita ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan glowing layaknya idol atau artis Korea. Karenanya, tidak heran jika sebagian dari mereka berusaha up to date soal produk kecantikan yang digunakan oleh idol kesayangannya.

Salah satu produk skin care yang sedang ngetren digunakan oleh idol Korea adalah yang berbahan dasar mugwort. Apa itu mugwort? Dan apa khasiatnya untuk kecantikan kulit?

 

1 dari 3 halaman

Apa Itu Mugwort?

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan bahwa mugwort atau biasa disebut sebagai Artemisia merupakan salah satu tumbuhan herbal yang sering digunakan secara turun temurun di Korea.

Mugwort dikenal juga dengan nama Korean Tea Tree  dan tumbuh di beberapa wilayah termasuk di Asia, Amerika, dan Eropa. Lantas, apa saja manfaat mugwort untuk kecantikan kulit wajah?

Melansir beberapa sumber, berikut penjelasannya manfaat mugwort untuk kecantikan.

  • Meredakan Peradangan di Wajah

Beberapa produk skin care mengklaim bahwa mugwort bisa meredakan peradangan di wajah. Sebab, mugwort mengandung zat antiinflamasi yang bekerja menenangkan kulit dari kondisi peradangan.

Hal yang sama pun juga dikatakan oleh dr. Devia, menurutnya mugwort memiliki kandungan antiinflamasi yang baik untuk kulit. Mugwort juga dapat meredakan kemerahan dan mengatasi kulit perih atau gatal akibat kering.

Artikel Lainnya: Ratus, Adakah Dampak Negatifnya pada Rahim?

  • Melembapkan Wajah

Melansir dari Healthline, tanaman herbal mugwort mengandung vitamin E tinggi yang dapat menghidrasi kulit wajah. Artinya, mugwort bisa melembapkan kulit wajah dan mengatasi permasalahan kulit kering.

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Mugwort memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Kedua kandungan tersebut diyakini bisa membantu membasmi bakteri jerawat yang terdapat di kulit.

Meski begitu, Anda tetap perlu melakukan pola hidup sehat dengan menghindari makan makanan berlemak atau berminyak guna mencegah jerawat datang kembali. Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun sesuai tipe kulit sehabis menggunakan makeup atau setelah beraktivitas di luar rumah.

  • Meredakan Iritasi

Mugwort juga diyakini dapat membantu mengatasi kulit iritasi akibat gigitan serangga, luka atau gatal akibat reaksi alergi, dan menenangkan kulit yang melepuh atau terdapat ruam. 

Artikel Lainnya: 7 Pengobatan Tradisional Tiongkok yang Layak Dicoba

2 dari 3 halaman

Hati-hati Sebelum Menggunakan Skin Care Mugwort!

Menurut dr. Devia Irine, skin care berbahan dasar mugwort bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Tetapi, Anda diminta untuk berhati-hati karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda.

Skin care berbahan dasar mugwort diklaim cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif maupun yang sedang berjerawat. Namun, setiap kulit orang berbeda-beda, jadi tetap hati-hati kalau mau menggunakan produk skin care mugwort. Bisa tes alergi dahulu sebelum menggunakannya” ungkapnya.

“Mugwort biasanya ditemukan dalam produk perawatan wajah, seperti masker wajah, sabun wajah, krim, atau bisa juga toner wajah. Jadi, pastikan untuk membaca label produk atau bertanya pada penjual sebelum membeli produk skin care,” tambah dr. Devia Irine.

Dokter Devia juga memberi saran, apabila ragu menggunakan skin care berbahan dasar mugwort, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit. Hal ini wajib dilakukan apabila Anda sedang melakukan perawatan kulit  yang dipantau oleh dokter.

Itu dia beberapa manfaat skin care mugwort yang bisa Anda dapat. Untuk tahu informasi tentang perawatan atau kesehatan kulit lainnya, Anda bisa baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Jika ingin konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar