Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Agar Tidak Stres saat Merayakan Natal di Rumah Saja

Tips Agar Tidak Stres saat Merayakan Natal di Rumah Saja

Natal tahun ini terasa berbeda lantaran dunia masih dilanda pandemi virus corona. Lantas, bagaimana caranya agar tidak stres meski hanya merayakan natal di rumah?

Cita-cita untuk merayakan Natal yang ‘megah’ tampaknya tidak bisa terwujud di tahun 2020 ini. Pasalnya, pandemi virus corona masih terus berlangsung sehingga umat Kristiani harus merayakan hari Natal di rumah saja.

Karena tak bisa berlibur dengan keluarga atau mengunjungi sanak saudara, Natal tahun ini pun bisa menjadi sumber stres bagi beberapa orang.

 

1 dari 3 halaman

Natal saat Pandemi Virus Corona Rentan Picu Stres

Stres saat hari Natal bisa terjadi akibat tekanan-tekanan yang terus berlangsung selama pandemi virus corona.

"Natal saat pandemi memang bisa menjadi penyebab stres bagi sebagian individu. Karena biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama seluruh keluarga, namun tahun ini tidak bisa karena banyak pertimbangan," ucap Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.

"Pertimbangan yang dimaksud adalah, ketika berkumpul bersama keluarga takut ada orang tua yang tertular (COVID-19). Selain itu, ada banyak juga persyaratan yang perlu dipenuhi agar bisa (berkunjung) ke kampung halaman," tegasnya.

Artikel Lainnya: Ikut Ibadah Natal Ternyata Bisa Hilangkan Beban Mental

Semua perkara tersebut akhirnya menambah beban pikiran. Risiko stres pun bisa meningkat berlipat ganda. Apalagi jika Anda harus mendekam di dalam rumah ketika tiba hari Natal.

2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Stres meski Hanya Merayakan Natal di Rumah

Tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak stres meski hanya merayakan natal di rumah:

1. Tetap Terhubung dengan Keluarga

Kalau Anda adalah anak yang tinggal jauh dari orang tua, menghabiskan waktu Natal sendiri mungkin bisa memicu perasaan stres.

Guna mencegah hal tersebut, tetaplah berupaya untuk terhubung dengan orang tua atau keluarga melalui telepon atau video call.

2. Lakukan Aktivitas yang Produktif

"Perbanyak aktivitas yang produktif dan bisa dilakukan sendiri di rumah, misalnya menghias pohon natal atau mendekorasi rumah. Karena, melakukan kegiatan yang produktif dan menyenangkan dapat menurunkan stres," ucap Ikhsan.

Artikel Lainnya: Bagi-bagi Kado Saat Natal Ternyata Bikin Bebas Stres

3. Kelola Ekspektasi

Setiap orang memiliki ekspektasi yang berbeda tentang liburan Natal yang ideal. Ketika ekspektasi tersebut jauh dari sasaran, stres dapat terjadi.

Oleh karena itu, cobalah atur ulang ekspektasi Anda untuk Natal di tahun 2020 ini. Sesuaikan dengan kondisi pandemi virus corona yang masih berlangsung, agar tidak berujung stres.

4. Lebih Realistis

Bersikaplah lebih realistis soal liburan atau acara Natal lainnya dalam kondisi pandemi virus corona seperti ini. Jangan buat rencana besar, yang kalau gagal bisa membuat Anda stres berlebih.

5. Hindari Konsumsi Makanan Secara Berlebihan

Stres dan konsumsi makanan atau minuman secara berlebihan adalah hal yang saling berhubungan. Oleh karena itu, kendalikan stres Anda agar tidak malah mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas setelah Natal.

Hari Natal memang hanya datang setahun sekali. Namun untuk tahun 2020 ini, Anda sebaiknya tetap menahan diri untuk tidak ke mana-mana dan merayakan Natal di rumah saja. Anda tak ingin terpapar virus corona setelah merayakan hari yang kudus ini, bukan?

Gunakan layanan LiveChat 24 jam dan unduh aplikasi KlikDokter jika Anda butuh bantuan terkait cara mengatasi stres di rumah atau mencegah risiko penularan COVID-19.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar