HomePsikologiPsikologi KeluargaTak Akrab dengan Ibu? Ini Cara Ucapkan Selamat Hari Ibu
Psikologi Keluarga

Tak Akrab dengan Ibu? Ini Cara Ucapkan Selamat Hari Ibu

Krisna Octavianus Dwiputra, 22 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak dekat dengan orang tua, namun Anda masih ingin mengucapkan selamat hari ibu? Tak ada masalah. Ini cara yang bisa Anda lakukan agar tidak canggung.

Tak Akrab dengan Ibu? Ini Cara Ucapkan Selamat Hari Ibu

Tanggal 22 Desember setiap tahun diperingati sebagai Hari Ibu. Momen ini adalah kesempatan untuk memberikan sesuatu yang lebih spesial kepada sosok yang sangat berjasa dalam hidup, yakni ibu.

Sayangnya, tidak setiap anak bisa mengucapkan hari ibu. Ada juga yang sungkan, lantaran mereka kurang akrab dengan ibunya.

Hal itu rupanya dialami oleh Andre, bukan nama sebenarnya. Ia mengaku kesulitan untuk mengucapkan selamat Hari Ibu. Ia pun tidak menemukan celah, bahkan untuk sekadar mengucapkan "aku sayang ibu".

"Memang keluarga saya bukan tipikal seperti itu. Makanya, momen Hari Ibu biasanya lewat begitu saja. Paling saya berani mengucapkan lewat media sosial saja," ungkap Andre.

"Akan tetapi, untuk mengucapkan secara langsung kepada ibu, seperti ada rasa sungkan. Mulut ini susah terbuka untuk mengucapkan selamat Hari Ibu kepada mama. Karena tidak biasa mungkin, ya," jelasnya.

Mengapa Penting untuk Mengucapkan Selamat Hari Ibu?

penting ucapkan selamat

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog berujar, mengucapkan selamat hari ibu adalah hal yang penting dilakukan sebagai salah satu bentuk bentuk rasa sayang.

"Mengucapkan atau merayakan Hari Ibu itu penting, karena bisa meningkatkan ikatan emosional antara si anak dengan ibunya," kata Ikhsan.

"Meskipun sebenarnya setiap hari pun bisa aja kita menunjukkan rasa kasih sayang ke ibu, tetapi karena memiliki hari khusus dalam merayakan Hari Ibu, maka sebisa mungkin buat ibu merasa lebih spesial," tegasnya.

Tips Mengucapkan Hari Ibu untuk Anak yang Tak Akrab dengan Orang Tua

Memberikan ucapan selamat Hari Ibu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jka lisan kamu sulit terbuka, setidaknya lakukan dengan cara lain.

"Banyak yang tidak akrab dengan ibunya, namun merasa perlu mengucapkannya (selamat Hari Ibu)," ucap Ikhsan.

"Jika tidak terbiasa dalam menyampaikan dalam lisan, boleh dengan langsung membelikan ibu sesuatu. Entah makanan atau barang lain yang dirasa cocok, sebagai bentuk ungkapan selamat Hari Ibu” sambungnya.

Artikel Lainnya: Peringati Hari Ibu, Ini Hadiah Terbaik untuk Istri yang Hamil

Berikut ini tips yang bisa kamu ikuti agar ungkapan selamat Hari Ibu dapat tetap tersampaikan meski tidak lewat lisan:

1. Pilih Hadiah yang Berarti

Dalam hal memberi hadiah, cobalah untuk memberikan sesuatu yang bersifat pribadi dan penuh perhatian; sesuatu yang akan membuat sang ibu merasa istimewa, dicintai, dan dimanjakan.

2. Habiskan Waktu Bersama

Kalau hadiah dirasa kurang cocok, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama ibu.

Dalam situasi pandemi virus corona seperti saat ini, kamu dapat menghabiskan waktu bersama ibu dengan di rumah saja, misalnya dengan makan atau olahraga bersama.

3. Berdoa untuk Ibu

Kalau sulit mengungkapkannya, berdoalah yang baik untuk ibumu. Jika perlu, bilang kepada ibu bahwa kamu selalu menyebut namanya dalam doa.

4. Memberikan Kartu Ucapan

Mungkin cara ini agak klasik, tapi masih bisa dilakukan. Menulis kartu ucapan selamat Hari Ibu dapat membantu jika kamu sulit untuk mengungkapkannya langsung secara lisan.

Artikel Lainnya: Peringati Hari Ibu, Ini Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Para Ibu

5. Kirim Bunga

Mengirimkan bunga juga bisa menjadi cara romantis untuk merayakan momen yang datang setahun sekali ini.

Pastikan bunga tersebut disertai dengan kartu ucapan selamat Hari Ibu, guna memperkuat maksud kamu dalam memberikannya.

6. Memberikan Hadiah

Memberikan hadiah kepada Ibu adalah cara yang istimewa untuk mengekspresikan rasa cinta dan terima kasih. Kamu bisa memberikan hadiah yang bersifat personal.

Misalnya dengan inisial nama Ibu atau tanggal yang memiliki makna khusus yang spesial. Namun pastikan untuk memberikan hadiah yang sekira nya Ibu sukai, ya.

7. Ucapan Selamat Melalui Video

Mengucapkan selamat melalui video adalah cara yang hangat dan personal untuk mengekspresikan perasaan kamu kepada Ibu.

Kamu bisa mengambil video di tempat yang memiliki makna khusus bagi Ibu. Seperti di rumah taman favorit atau tempat-tempat yang memiliki kenangan indah kamu bersama Ibu.

Kamu bisa sampaikan pesan dengan ekspresi wajah dan nada suara yang hangat, ya.

Artikel Lainnya: Hal Sederhana yang Membuat Ibu Anda Bahagia

8. Melakukan Perawatan Bersama

Melakukan perawatan bersama Ibu adalah cara yang intim dan spesial untuk merayakan hari Ibu. Kamu bisa mengajak Ibu pergi perawatan wajah, pijat, atau perawatan untuk tubuh lainnya.

Kamu bisa menggunakan layanan kecantikan di KlikDokter untuk melakukan perawatan yang lebih maksimal bersama Ibu dengan harga terbaik. Karena melalui layanan ini kamu bisa melakukan berbagai jenis perawatan.

Itu dia cara merayakan hari ibu untuk anak tidak dekat dengan orang tua. Masih kepalang canggung dan ingin tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut?

Anda dapat berkonsultasi kepada psikolog melalui Tanya Dokter atau Temu Dokter di aplikasi KlikDokter.

#JagaSehatmu Selalu

Hari Ibu

Konsultasi Dokter Terkait