Sukses

Tak Akrab dengan Ibu? Ini Cara Ucapkan Selamat Hari Ibu

Tidak dekat dengan orang tua, namun Anda masih ingin mengucapkan selamat hari ibu? Tak ada masalah. Ini cara yang bisa Anda lakukan agar tidak canggung.

Tanggal 22 Desember setiap tahun diperingati sebagai Hari Ibu. Momen ini adalah kesempatan untuk memberikan sesuatu yang lebih spesial kepada sosok yang sangat berjasa dalam hidup, yakni ibu.

Sayangnya, tidak setiap anak bisa mengucapkan hari ibu. Ada juga yang sungkan, lantaran mereka kurang akrab dengan ibunya.

Hal itu rupanya dialami oleh Andre, bukan nama sebenarnya. Ia mengaku kesulitan untuk mengucapkan selamat Hari Ibu. Ia pun tidak menemukan celah, bahkan untuk sekadar mengucapkan "aku sayang ibu".

"Memang keluarga saya bukan tipikal seperti itu. Makanya, momen Hari Ibu biasanya lewat begitu saja. Paling saya berani mengucapkan lewat media sosial saja," ungkap Andre.

"Akan tetapi, untuk mengucapkan secara langsung kepada ibu, seperti ada rasa sungkan. Mulut ini susah terbuka untuk mengucapkan selamat Hari Ibu kepada mama. Karena tidak biasa mungkin, ya," jelasnya.

Artikel Lainnya: Yuk, Manjakan Diri di Hari Ibu dengan Cara Ini

1 dari 3 halaman

Mengapa Penting untuk Mengucapkan Selamat Hari Ibu?

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog berujar, mengucapkan selamat hari ibu adalah hal yang penting dilakukan sebagai salah satu bentuk bentuk rasa sayang.

"Mengucapkan atau merayakan Hari Ibu itu penting, karena bisa meningkatkan ikatan emosional antara si anak dengan ibunya," kata Ikhsan.

"Meskipun sebenarnya setiap hari pun bisa aja kita menunjukkan rasa kasih sayang ke ibu, tetapi karena memiliki hari khusus dalam merayakan Hari Ibu, maka sebisa mungkin buat ibu merasa lebih spesial," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Tips Mengucapkan Hari Ibu untuk Anak yang Tak Akrab dengan Orang Tua

Memberikan ucapan selamat Hari Ibu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalau lisan Anda sulit terbuka, setidaknya lakukan dengan cara lain.

"Banyak yang tidak akrab dengan ibunya, namun merasa perlu mengucapkannya (selamat Hari Ibu)," ucap Ikhsan.

"Jika tidak terbiasa dalam menyampaikan dalam lisan, boleh dengan langsung membelikan ibu sesuatu. Entah makanan atau barang lain yang dirasa cocok, sebagai bentuk ungkapan selamat Hari Ibu” sambungnya.

Artikel Lainnya: Peringati Hari Ibu, Ini Hadiah Terbaik untuk Istri yang Hamil

Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti agar ungkapan selamat Hari Ibu dapat tetap tersampaikan meski tidak lewat lisan:

1. Pilih Hadiah yang Berarti

Dalam hal memberi hadiah, cobalah untuk memberikan sesuatu yang bersifat pribadi dan penuh perhatian; sesuatu yang akan membuat sang ibu merasa istimewa, dicintai, dan dimanjakan.

2. Habiskan Waktu Bersama

Kalau hadiah dirasa kurang cocok, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama ibu.

Dalam situasi pandemi virus corona seperti saat ini, Anda dapat menghabiskan waktu bersama ibu dengan di rumah saja, misalnya dengan makan atau olahraga bersama.

3. Berdoa untuk Ibu

Kalau sulit mengungkapkannya, berdoalah yang baik untuk ibumu. Jika perlu, bilang kepada ibu bahwa Anda selalu menyebut namanya dalam doa.

4. Memberikan Kartu Ucapan

Mungkin cara ini agak klasik, tapi masih bisa dilakukan. Menulis kartu ucapan selamat Hari Ibu dapat membantu jika Anda sulit untuk mengungkapkannya langsung secara lisan.

Artikel Lainnya: Peringati Hari Ibu, Ini Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Para Ibu

5. Kirim Bunga

Mengirimkan bunga juga bisa menjadi cara romantis untuk merayakan momen yang datang setahun sekali ini.

Pastikan bunga tersebut disertai dengan kartu ucapan selamat Hari Ibu, guna memperkuat maksud Anda dalam memberikannya.

Itu dia cara merayakan hari ibu untuk anak tidak dekat dengan orang tua. Masih kepalang canggung dan ingin tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut?

Anda dapat berkonsultasi kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

5 Komentar