Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Buang Biji Pepaya, Manfaatnya Banyak bagi Kesehatan

Jangan Buang Biji Pepaya, Manfaatnya Banyak bagi Kesehatan

Anda suka makan buah pepaya? Eits, jangan langsung dibuang bijinya! Ada banyak manfaat biji pepaya bagi kesehatan. Simak di sini daftarnya.

Saat memotong buah pepaya, Anda akan buru-buru memisahkan daging dari bijinya. Biji pepaya yang berwarna hitam dengan selaput bening di atasnya itu biasanya akan langsung disingkirkan dan dibuang.

Padahal, yang mungkin belum Anda tahu, biji pepaya punya segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja, sih? Cari tahu di sini.

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Gizi dalam Biji Pepaya

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan juga diamini dr. Astrid Wulan Kusumoastuti. Dalam penjelasannya, biji pepaya mengandung banyak mikronutrien yang tentu baik untuk tubuh, di antaranya flavonoid dan polifenol. 

"Antioksidan tersebut bermanfaat untuk bantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit," ungkap dr. Astrid Wulan.

Antioksidan juga berperan dalam memerangi radikal bebas untuk menangkal penyakit kronis dan mencegah stres oksidatif.

Selain itu, biji pepaya punya kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal sehat, termasuk asam oleat.

Menurut sebuah penelitian pada penderita diabetes tipe-2, diet tinggi asam lemak tidak jenuh tunggal bisa menurunkan 22 persen kadar kolesterol sangat rendah lipoprotein (VLDL) dan 19 persen kadar trigliserida.

Terlebih lagi, tak hanya dagingnya, biji pepaya juga menyediakan banyak serat. Menambah asupan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus tekanan darah.

Asupan tinggi serat juga dikaitkan dengan menurunnya risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta stroke.

Artikel lainnya: Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Nah, enggak menyangka kan ada banyak sekali kandungan nutrisi biji pepaya? Dengan sederet nilai gizi tersebut, tak heran Anda berpotensi mendapatkan manfaat-manfaat berikut:

1. Melawan Radikal Bebas

Sudah disinggung sebelumnya, biji pepaya kaya akan antioksidan polifenol dan flavonoid. Keduanya membantu melindungi tubuh dari infeksi umum, seperti pilek dan batuk, dan banyak penyakit kronis lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Penelitian menunjukkan mengonsumsi biji pepaya bisa menjaga serta melindungi kesehatan dan fungsi ginjal.

Pada satu studi, ekstrak biji pepaya dapat membantu mencegah kerusakan ginjal tikus yang sebelumnya diinduksi toksin.

Biji berwarna hitam ini juga tinggi antioksidan, yang bisa mencegah kerusakan oksidatif sel serta melindungi fungsi ginjal. Namun, karena studi masih dilakukan pada hewan, perlu lebih banyak penelitian kepada manusia.

Artikel lainnya: Wajib Tahu, Ini Bahaya Pepaya Mentah untuk Ibu Hamil

3. Menjaga Kesehatan Usus

Studi tertentu menyatakan terdapat enzim yang dapat membunuh bakteri dan parasit di usus dalam biji pepaya. Enzim tersebut dinamakan proteolitik. Mengonsumsi makanan mengandung enzim tersebut dapat menjaga organ pencernaan Anda.

4. Bantu Melawan Infeksi

Studi menunjukkan biji pepaya dapat membantu tubuh menhadapi infeksi jenis jamur dan parasit tertentu. Dari penelitian tersebut, tiga strain jamur dapat dilawan oleh ekstrak biji pepaya.

Hebatnya lagi, menurut penelitian lain, parasit di bagian usus kita dapat diilangkan hanya dengan mengonsumsi obat yang berbahan biji pepaya serta madu. Namun begitu, penelitian skala besar masih diperlukan terkait manfaat biji pepaya yang satu ini.

5. Potensi Jadi Antikanker

Beberapa studi menunjukkan biji pepaya berpotensi jadi antikanker. Satu studi tabung reaksi menemukan, ekstrak biji pepaya bermanfaat mengurangi inflamasi dan juga memperlambat pertumbuhan kanker.

Penelitian tabung reaksi lainnya menunjukkan, biji pepaya menurunkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Meski menjanjikan, penelitian lain masih diperlukan soal ini.

Artikel lainnya: Manfaat Pepaya untuk Jerawat, Apakah Terbukti Efektif?

6. Mengatur Tingkat Kolesterol

Anda ingin mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh? Ketahuilah kalau biji pepaya dapat membantu hal tersebut. Biji buah yang satu ini mengandung banyak asam oleat. Kandungan ini ampuh sekali mengurangi LDL.

Meski memiliki manfaat yang baik, biji pepaya juga dapat menimbulkan efek samping tertentu.

"Meski disinyalir punya berbagai manfaat kesehatan, biji pepaya juga punya potensi efek samping. Karena itulah, tidak banyak yang menyarankan untuk dikonsumsi," kata dr. Astrid Wulan.

Diungkapkan dr. Astrid Wulan, beberapa studi awal menemukan bahwa biji pepaya berisiko mengganggu kesuburan terutama pada pria.

“Ada juga ada studi yang menemukan bahwa biji pepaya berpotensi menyebabkan kerusakan sel,” dr. Astrid menambahkan.

Itulah beberapa potensi manfaat biji pepaya untuk kesehatan. namun, seperti yang diingatkan dr. Astrid, tetap waspadai efek sampingnya, ya. Lebih baik konsultasikan dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi biji pepaya.

Ikuti terus berita dan info kesehatan terbaru dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar