Sukses

Sudut Bibir Menghitam, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Beberapa orang menemukan sudut bibirnya berwarna hitam. Hal tersebut ternyata berkorelasi terhadap sejumlah kelainan.

Bibir menghitam mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi bagaimana jika sudut mulut yang menghitam? Awalnya, mungkin tidak terlalu mengganggu. Namun, lama-lama semakin parah hingga mengganggu rasa percaya diri. 

Apa sih penyebab sudut bibir menghitam? Bagaimana pula cara menghilangkan hitam di pinggir bibir? Yuk, kita cari tahu di sini. 

1 dari 3 halaman

Sudut Bibir Menghitam, Kok, Bisa?

Berdasarkan penuturan dr. Theresia Rina Yunita, salah satu kelainan pada sudut mulut yang banyak ditemukan adalah Angular Cheilitis. Ini meruapkan masalah kesehatan berupa peradangan yang muncul di sekitar sudut mulut.

Gejala Angular cheilitis yang utama adalah pembengkakan serta bercak merah di bagian sudut bibir. Kondisi tersebut dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Lalu, apa saja faktor yag menyebabkan masalah kesehatan tersebut dapat muncul? 

  • Dehidrasi.
  • Kurang asupan vitamin.
  • Tubuh sedang kurang sehat.
  • Punya kebiasaan jorok terkait dengan bibir. Misalnya, memegang bibir dengan tangan ataupun gigit-gigit sejumlah obyek. Mulai dari kuku hingga pensil. 
  • Gigi dan rongga mulut tidak terjaga kebersihannya.

Artikel Lainnya: Bibir Hitam Bikin Kurang Percaya Diri? Atasi dengan Cara Ini

“Sejumlah penyebab ini memudahkan bibir terpapar jamur dan bakteri yang ada di dalam mulut. Kebiasaan ini pun dapat membuat bakteri dan jamur berkembang biang di bagian sudut mulut,” tutur dr. Theresia Rina. 

“Area itu menjadi lebih lembap. Selain itu, sering kalii bergerak saat mulut membuka ataupun menutup. Tentunya, ini menjadi tempat yang tepat untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat membuat kulit bibir mengelupas serta timbul luka kemerahan,” kata dia lagi. 

Selain Angular cheilitis, penyebab sudut bibir menghitam lainnya adalah merokok. Nikotin dan benzopyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi gelap secara bertahap seiring waktu.

Hal lain yang juga berpotensi bikin sudut bibir menghitam adalah dermatitis kontak. Misalnya, akibat penggunaan skincare dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui penyebab pasti sudut bibir menghitam yang dialami, periksakan kondisi Anda ke dokter. 

Artikel Lainnya: Bibir Tiba-Tiba Bengkak, Apa Penyebabnya?

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Hitam di Pinggir Bibir

Dokter Theresia menyebut, pada umumnya, Angular cheilitis bisa sembuh sendiri. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, penderita membutuhkan waktu pemulihan yang lumayan lama.

“Alasannya, luka yang baru saja kering jadi terbuka lagi setiap kali bibir bergerak membuka dan menutup,” dr. Theresia menjelaskan. 

Kemudian, bagaimana cara supaya masalah bibir menghitam ini bisa cepat disembuhkan. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

  • Pertama-tama, Anda harus memperkuat sistem kekebalan tubuh. hal ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Caranya dengan mengonsumsi cukup cairan dan juga vitamin. Salah satu yang terpenting adalah vitamin B kompleks. 
  • Buang jauh-jauh kebiasaan menjilat bibir. Ketahuilah kebiasan ini hanya akan membuat bibir jadi lembap dan terjadi penumpukkan liur di bibir. Hasilnya, area itu akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri serta jamur. 
  • Ada baiknya Anda menutupi luka dari liur. Kalau mau membuat kulit sekitar bibir tidak kering, Anda bisa menggunakan gel yang aman digunakan di area tersebut. 

Artikel Lainnya: Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

Lalu, apakah cara mengobati sudut bibir menghitam bisa dilakukan dengan produk skin care, seperti serum? Menurut dr. Theresia, hal tersebut boleh saja dilakukan untuk brightening.

Namun, dia menyarankan, sebaiknya Anda tetap mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit.

Itulah penyebab dan cara menghilangkan noda hitam di pinggir bibir. Apabila cara-cara di atas tak juga memberikan solusi, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Anda punya masalah kulit dan kesehatan lainnya? Manfaatkan layanan LiveChat untuk berdiskusi langsung dengan dokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar