Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bertemu Orang yang Tidak Pakai Masker saat Liburan, Lakukan Hal Ini

Bertemu Orang yang Tidak Pakai Masker saat Liburan, Lakukan Hal Ini

Masker adalah benda penting untuk menurunkan risiko tertular COVID-19. Lakukan ini jika Anda bertemu wisatawan yang tidak mengenakan masker ketika liburan saat pandem.

Menjelang akhir tahun, sebagian orang tengah bersiap untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Beberapa memilih untuk menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, atau berlibur ke tempat wisata tertentu. 

Akan tetapi, pada masa pandemi ini, liburan akhir tahun tentu menjadi hal yang berbeda. Mengingat penularan COVID-19 masih terus terjadi, penting bagi setiap orang yang hendak berlibur untuk menjalankan protokol kesehatan. Salah satu yang terpenting adalah memakai masker. 

Sayangnya, tidak semua orang paham betul mengenai pentingnya memakai masker. Di tempat-tempat wisata, mungkin ada satu atau dua orang yang tidak mengenakannya. 

Lantas, apa yang harus dilakukan saat bertemu dengan orang yang tidak pakai masker saat liburan? 

Artikel Lainnya: Pemerintah Sarankan Pakai Masker Kain, Efektifkah Hadapi Virus Corona?

1 dari 3 halaman

Pahami Dulu Aturan Liburan saat Pandemi

Merujuk kepada anjuran Kementerian Kesehatan RI, sebelum berlibur, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Pilihlah tempat wisata yang terbuka, misalnya pantai, gunung atau perkebunan, yang  menerapkan protokol kesehatan.
  • Pastikan semua anggota keluarga termasuk Anda dalam kondisi sehat dan tidak demam, batuk, pilek, atau sesak napas. Jika ternyata sakit, tunda kepergian dan tetap di rumah saja. 
  • Siapkan masker dan sabun cuci tangan atau hand sanitizer.
  • Hindari transaksi dengan uang tunai. Gunakan e-money atau dompet digital.
  • Hindari bepergian dengan transportasi umum yang tidak menerapkan atau memenuhi standar protokol kesehatan
  • Wajib menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak
  • Saling mengingatkan satu sama lain untuk disiplin 3M.

Di samping itu, dr. Adeline Jaclyn menyarankan untuk selalu update berita terbaru mengenai COVID-19, termasuk di daerah yang hendak dituju. Jika kurva penularan COVID-19 sedang melonjak di tempat yang hendak Anda tuju, sebaiknya urungkan niat Anda.

“Ada baiknya, bila tidak perlu-perlu sekali, tidak perlu keluar (rumah), apalagi ke tempat keramaian,” saran dr. Adeline. 

Artikel Lainnya: Masker Scuba Dianggap Tak Efektif Atasi Virus Corona, Ini Alasannya!

2 dari 3 halaman

Wisatawan Ada yang Tidak Pakai Masker, Harus Apa?

Memang, tidak semua orang dapat mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker. Lalu, bagaimana jika Anda bertemu dengan orang yang tidak pakai masker di tempat wisata?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog., sebagai individu yang menyadari pentingnya mencegah penyebaran COVID19, jika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan, Anda perlu asertif. Artinya, berani menyuarakan hal baik ke orang lain yang melanggar ketentuan.  

“Jadi, boleh sekali kalau kita menegur mereka secara langsung. Namun, tetap gunakan komunikasi yang baik agar tidak menyinggung,” terang Ikhsan.

Meski begitu, bisa saja wisatawan yang kita ingatkan justru akan tersinggung. Ikhsan menyebut, itu sebenarnya tidak masalah, karena setiap orang bisa saja tersinggung meskipun dia salah. 

“Yang penting, kita sudah mengingatkannya. Kalau perlu, langsung saja kasih masker,” saran Ikhsan.

Mungkin situasi juga bisa berubah menjadi perdebatan. Hal itu kadang membuat ragu, apakah harus meladeninya atau tidak. 

“Kalau dia ngajak debat, tidak apa-apa, kita tetap berargumen juga bahwa masker, physical distancing, dan hand sanitizer itu penting. Sudah menjadi kewajiban masing masing individu untuk menerapkannya,” urai Ikhsan. 

“Di sini kalau kita yang benar, maka tidak apa kita argumen. Tapi, jika dia tetap kukuh pada pendiriannya, bisa dilaporkan ke petugas sekitar,” pungkasnya. 

Tidak ada salahnya jika Anda ingin liburan saat pandemi. Namun akan lebih baik jika Anda menghabiskan waktu liburan di rumah saja, agar tidak malah tertular virus corona dari orang yang mungkin tidak bergejala.

Jika punya pertanyaan atau ingin tahu lebih dalam mengenai cara pencegahan COVID-19, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar