Sukses

Manfaat Minyak Almon untuk Rambut

Minyak almon sering dipakai sebagai aromaterapi dan produk perawatan kulit. Namun, bagaimana kalau minyak almon untuk rambut? Adakah manfaatnya?

Almon sudah lama dikenal sebagai makanan enak padat nutrisi. Dalam 1 ons kacang almon, setidaknya mengandung 3,2 gram (gr) serat, 6 gr protein, 14 gr lemak tak jenuh tunggal, 37 persen kebutuhan vitamin E, 20 persen kebutuhan magnesium, dan 32 persen kebutuhan mangan.

Rendahnya kandungan kalori membuat kacang yang satu ini dijadikan camilan sehat. Bahkan, jenis tanaman biji-bijian ini dipres untuk diambil minyaknya. 

Minyak almon ini digunakan untuk berbagai kepentingan kesehatan. Terutama untuk perawatan kulit kepala dan rambut. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Almond untuk Rambut dan Kulit Kepala

Ya, minyak almon (almond oil) bisa dijadikan sahabat bagi Anda yang kerap bermasalah dengan rambut sekaligus untuk perawatan rambut rutin. Berikut potensi manfaat minyak almon untuk rambut:

  1. Melembutkan Rambut

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, minyak almond punya sifat emolien, yang artinya bisa mengisi celah di rambut hingga tingkat sel. 

"Efeknya, rambut akan terasa lebih lembut saat disentuh. Manfaat positif lainnya, tentu rambut akan lebih mudah diatur atau ditata," ungkap dr. Theresia Rina.

  1. Memperbaiki dan Memperkuat Rambut

Sifat pelumas almond oil akan meminimalkan gesekan saat rambut ditata. Sebuah penelitian terkait minyak kacang, termasuk kacang almon, di Brasil menunjukkan, minyak kacang mengandung asam linoleat dan asam oleat. 

Penggunaan minyak sejenis ini pada rambut bermanfaat untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah patah dan bercabang.

Artikel Lainnya: Manfaat Kacang Almond, Stabilkan Gula Darah hingga Turunkan Kolesterol

  1. Melebatkan Rambut 

Siapa yang tidak mau punya rambut lebat nan cantik? Semua orang pasti menginginkannya. Nah, disebut-sebut, minyak almon berpotensi mewujudkan keinginan Anda itu!

"Hingga saat ini memang belum ada uji klinis yang buktikan minyak almond efektif menumbuhkan rambut. Tapi, beberapa pengalaman membuktikannya pada beberapa orang. Itu sebabnya, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba," ungkap dr. Theresia Rina.

Minyak almon punya kandungan vitamin E yang tinggi. Antioksidan alami ini efektif melawan radikal bebas yang mengancam kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda.

  1. Merawat Kulit Kepala

Tak cuma di rambut, minyak almon bermanfaat juga untuk pengobatan kulit kepala bersisik atau dermatitis seboroik serta psoriasis di kulit kepala. 

Menurut dr. Theresia, masih diperlukan penelitian medis terkait manfaat minyak almon untuk rambut ini. 

Selain itu, minyak almon sudah berabad-abad digunakan untuk merawat kondisi kulit kepala kering pada pengobatan Tiongkok dan Ayurveda. 

Mengoleskan sedikit saja almond oil dan memijatnya langsung di kulit kepala diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Cara Penggunaan Minyak Almond untuk Rambut

Sekarang Anda tertarik mengaplikasikan minyak rambut untuk kulit kepala? Dokter Theresia Rina menyarankan untuk menggunakan minyak almon secukupnya. Tuangkan ke telapak tangan lalu digosokan ke kulit kepala hingga ke ujung rambut. 

"Bisa juga dicampurkan pada hair mask atau saat creambath sebagai vitamin rambut. Didiamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih," saran dr. Theresia Rina.

Sementara itu, apabila mau menambah kelembutan dan kilau, oleskan secukupnya pada ujung rambut. 

Anda juga dapat mengoleskan minyak almon ke ujung batang rambut. Cara ini akan menambah kilau dan kelembutan di rambut.

Minyak almon pada umumnya aman digunakan. Namun, jika Anda memiliki alergi kacang, sebaiknya tidak menggunakannya pada rambut.

Perhatikan juga, hindari mengoleskan minyak almon jika Anda ingin menggunakan alat penata rambut yang bersifat panas, seperti hair dryer atau catokan.

Sebab, minyak akan memanas di sekitar folikel rambut sehingga bisa membakar kulit kepala serta batang rambut.

Minyak almon bisa menjadi pilihan yang baik untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Jika muncul reaksi tertentu usai pemakaian, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Intip informasi menarik lainnya seputar nutrisi, penyakit, dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar