Sukses

Potensi Manfaat Daun Mint untuk Kulit Cantik dan Sehat

Mint adalah tanaman yang cukup populer dan kaya akan gizi. Daun ini bahkan dapat diolah untuk menjaga kesehatan kulit, lho! Ini sederet manfaat daun mint untuk kulit.

Mint adalah tanaman yang dikenal dapat memberikan sensasi sejuk di dalam mulut. Tanaman tersebut biasanya ditambahkan ke dalam makanan dalam bentuk segar maupun kering.

Salah satu hal yang bikin daun mint banyak digunakan adalah kandungan di dalamnya. Daun berwarna kehijauan ini diketahui mengandung ragam gizi bermanfaat, seperti serat, vitamin A, besi, mangan, dan folat.

Berkat kandungan tersebut, mint dipercaya memiliki segudang khasiat. Salah satunya adalah manfaat daun mint untuk kulit.

1 dari 4 halaman

Mengungkap Manfaat Daun Mint untuk Kulit

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, daun mint atau juga disebut pudina adalah bahan umum yang digunakan untuk makanan. Akan tetapi, daun kehijauan ini juga merupakan bahan umum dalam produk kosmetik, karena memiliki manfaat perawatan kulit yang luar biasa.

Artikel Lainnya: Kiat Jitu Atasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa

“Biasanya mint digunakan pada pelembap, pembersih, kondisioner, lip balm, bahkan sampo. Produk-produk dengan kandungan mint biasanya memiliki ‘efek mendinginkan’ pada kulit,” sebut dr. Theresia Rina.

Di samping itu, diketahui juga bahwa daun mint mengandung mentol dan memiliki sifat antibakteri kuat.

“Mint dipercaya oleh dunia kecantikan dapat bantu memudarkan noda-noda hitam, serta membuat kulit tampak cerah dan segar,” ucap dr. Theresia Rina.

Kendati menjanjikan, sayangnya belum ada ahli kesehatan yang dapat memastikan manfaat daun mint untuk kulit.

“Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba daun mint jika menginginkan kulit cerah,” kata dr. Theresia Rina.

Artikel Lainnya: Jangan Sembarangan, Ini Resep Infused Water yang Sehat!

2 dari 4 halaman

Cara Mengolah Daun Mint untuk Kecantikan

Berdasarkan dr. Theresia Rina, ada beberapa cara mengolah daun mint untuk kecantikan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Penggunaannya bisa ditumbuk atau dihaluskan, lalu dicampur dengan bahan-bahan lain sesuai kebutuhan dan dijadikan masker wajah.
  • Bisa juga direndam air, kemudian airnya digunakan untuk membasuh wajah atau disemprotkan seperti facial mist.

Bolehkah menggunakan daun mint setiap hari? Menurut dr. Theresia Rina, sebenarnya tidak masalah jika Anda ingin menggunakan produk berbahan daun mint setiap hari. Namun soal khasiatnya, akan tergantung pada kulit masing-masing orang. Ada yang cocok, ada pula yang tidak.

“Penggunaan daun mint sebagai skin care sebaiknya dihentikan jika menimbulkan alergi ataupun iritasi,” saran dr. Theresia Rina.

Artikel Lainnya: Scrub Tubuh dengan Bahan Alami

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain Daun Mint untuk Kulit

Selain dapat bantu mencerahkan, ada pula manfaat lain daun mint untuk kulit. Berikut di antaranya:

  • Mencegah Jerawat

Daun mint terkenal memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat bantu mencegah jerawat

  • Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Daun mint mampu menjaga kelembapan kulit dengan cara mengencangkan pori-pori.

  • Melawan Komedo

Membersihkan kulit dengan daun mint secara rutin dan teratur dapat mencegah pori-pori tersumbat dan munculnya komedo.

  • Menyembuhkan Luka

Sifat antiradang yang kuat pada daun mint bekerja dengan baik dalam penyembuhan luka, gigitan nyamuk, bahkan mengobati kulit kering dan gatal.

  • Memperlambat Penuaan

Kandungan antioksidan pada daun mint dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit, dan menunda terjadinya keriput serta garis halus.

Manfaat daun mint untuk kulit memang belum dapat dipastikan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin memanfaatkan si hijau ini sebagai produk kecantikan.

Tetap perhatikan cara mengolah daun mint untuk kecantikan yang telah disampaikan tadi, dan segera hentikan penggunaan apabila muncul efek merugikan. Jika ingin lebih aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar