Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Inilah Segudang Manfaat Tumis Kacang Panjang bagi Kesehatan

Inilah Segudang Manfaat Tumis Kacang Panjang bagi Kesehatan

Tidak hanya murah dan mudah diolah, tumis kacang panjang juga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaat tumis kacang panjang?

Anda pasti sudah tidak asing dengan kacang panjang, bukan? Jenis sayuran yang mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga relatif murah ini memiliki banyak kandungan gizi, lho!

Berkatnya, manfaat kacang panjang bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan juga beragam, asalkan Anda tahu cara menyajikannya dengan benar.

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang yang belum dimasak termasuk makanan yang rendah kalori. Diketahui bahwa 100 gram kacang panjang hanya mengandung sekitar 47 kalori di dalamnya.

Tentunya, ini sangat baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, kacang panjang juga mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang cukup tinggi.

Per 100 gram kacang panjang juga mengandung sekitar 62 mg asam folat. Itu berarti, kacang panjang sudah memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda sebesar 15 persen.

Lalu, apalagi manfaat kacang panjang untuk tubuh? Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, berikut beberapa di antara manfaat tersebut:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kacang panjang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Hal ini membuatnya bisa menurunkan risiko kulit keriput, yang sekaligus dapat mempercepat pemulihan kulit kering dan meradang.

“Vitamin C dalam kacang panjang juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan. Berarti, tubuh Anda akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit, terutama di masa pandemi seperti sekarang,” ujar dr. Dyah Novita.

Faktanya, 100 gram kacang panjang menghasilkan 18,8 mg atau 31 persen vitamin C.

Vitamin ini tak hanya bantu menurunkan risiko infeksi, tapi juga turut menjaga kesehatan pembuluh darah dan berpotensi mencegah kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Telah disinggung sebelumnya, kacang panjang mengandung serat larut dan tidak larut. Keduanya punya fungsi masing-masing untuk tubuh.

Serat larut dalam kacang panjang dapat menekan jumlah kolesterol jahat (LDL), yang pada akhirnya turut menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Artikel Lainnya: Manfaat Kacang Panjang bagi Penderita Diabetes

3. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Serat dalam kacang panjang dapat bantu melindungi mukosa usus besar, dengan mengurangi paparan zat beracun.

Serat dalam kacang panjang juga dapat mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar, lho!

Makanan kaya serat seperti kacang panjang juga ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dengan mengurangi reabsorpsi asam empedu pengikat kolesterol di usus besar.

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Janin

Kacang panjang seberat 100 gram menyediakan 62 miligram atau 15 persen kebutuhan folat harian.

Folat dan vitamin B12 adalah kombinasi yang dibutuhkan untuk menunjang pembelahan sel dan pembentukan DNA.

Kebutuhan folat yang terus terpenuhi selama kehamilan dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam kacang panjang juga bisa mencegah kerusakan atau peradangan dalam tubuh akibat polusi, radikal bebas, dan sejumlah zat kimia beracun lainnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak

2 dari 3 halaman

Apakah Tumis Kacang Panjang Memberikan Manfaat Serupa?

Hal yang telah dijelaskan di atas adalah manfaat kacang panjang mentah. Lantas, bagaimana dengan manfaat tumis kacang panjang bagi kesehatan?

Menjawab pertanyaan, dr. Dyah Novita mengatakan, jika Anda mengolah kacang panjang dengan benar maka khasiat yang telah disebutkan sebelumnya juga bisa dirasakan.

Artikel Lainnya: Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Kacang Ini

“Anda bisa menumisnya dengan minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak canola. Jika tidak ingin ditumis, makanlah kacang panjang dengan cara direbus. Ini adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi kacang panjang,” ucap dr. Dyah Novita.

“Tapi, perlu diingat, Anda juga perlu mengombinasikan konsumsi kacang panjang dengan makanan sehat lain, agar gizi yang didapat lebih bervariasi sehingga manfaat yang dirasakan bisa lebih optimal,” pungkasnya.

Hal terakhir yang mesti diperhatikan agar bisa menikmati manfaat tumis kacang panjang dengan optimal adalah membatasi porsi supaya tidak berlebihan.

Anda sudah paham, segala yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan dampak kurang baik bagi kesehatan, bukan?

Masih penasaran dengan manfaat tumis kacang panjang? Punya pertanyaan lain soal makanan dan efeknya untuk kesehatan?

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar