Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makan Bunga Pepaya Berlebihan Berisiko bagi Kesehatan, Benarkah?

Makan Bunga Pepaya Berlebihan Berisiko bagi Kesehatan, Benarkah?

Bunga pepaya terasa nikmat saat dikonsumsi dengan nasi hangat. Namun, benarkah sayuran ini berbahaya bagi kesehatan? Ini kata dokter tentang bahaya bunga pepaya.

Apakah Anda pecinta sayuran pahit? Jika ya, bunga pepaya mungkin dapat Anda jadikan pilihan sebagai lauk saat menyantap nasi hangat. 

Bunga pepaya memiliki bentuk tabung dan menyerupai terompet, yang muncul dari ‘ketiak’ daun pepaya. Tumbuh dengan panjang sekitar 2,5 sampai 5 centimeter, bunga ini memiliki aroma yang memikat selera. 

Di Manado, bunga pepaya sering dijadikan sebagai tumisan. Sayangnya, beberapa orang enggan mengonsumsi bunga ini lantaran menganggap memiliki efek samping yang merugikan kesehatan.

Benarkah demikian? Apa kata medis soal bahaya bunga pepaya bagi kesehatan? 

1 dari 3 halaman

Menyingkap Bahaya Bunga Pepaya bagi Kesehatan

Bunga pepaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, yang menjadikannya sumber serat untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan. Bunga ini juga kaya folat dan memiliki sifat antioksidan, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol di dalam tubuh.

Bunga pepaya telah banyak digunakan dalam perawatan untuk pencegahan penyakit seperti aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung terkait diabetes.

Artikel Lainnya: Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

Meski banyak manfaatnya, tidak sedikit orang yang percaya bahwa makan bunga pepaya berlebihan bisa menimbulkan efek merugikan pada tubuh. Tak sedikit pula yang bilang, salah satu efek samping bunga pepaya adalah menyebabkan masalah persendian.

Namun, apakah anggapan mengenai bunga pepaya dapat dibenarkan secara medis? Menjawab pertanyaan itu, dr. Devia Irine Putri rupaya kurang setuju dengan anggapan tersebut. Menurutnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan tentang bahaya makan bunga pepaya bagi kesehatan.

"Seharusnya kalau jumlahnya masih dalam batas wajar, tidak ada masalah. Sementara itu, kalau terlalu banyak, (bunga pepaya) juga tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi harian Anda," ungkap dr. Devia.

Artikel Lainnya: Susah BAB? Coba Makan Bunga Pepaya

2 dari 3 halaman

Tips Konsumsi Bunga Pepaya Agar Aman bagi Kesehatan

Meski tergolong aman dan hingga saat ini belum ada penelitian soal bahaya bunga pepaya, Anda tetap perlu waspada dan berhati-hati saat mengolah maupun mengonsumsinya. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa mengonsumsi bunga pepaya dengan lebih aman:

  • Cuci bunganya dengan air mengalir, dan biarkan mengering sendiri
  • Setelah kering, tumis sebentar bunga pepaya dengan sedikit minyak 
  • Tambahkan bumbu yang sesuai dengan selera Anda. Hindari terlalu banyak menambahkan garam dan rempah lain, agar kandungan gizinya tidak rusak
  • Batasi porsi konsumsi bunga pepaya agar tidak berlebihan

Jika Anda bukan penggemar sayuran pahit, sebaiknya hindari konsumsi bunga pepaya. Rasanya getir yang ditimbulkannya saat dikonsumsi bisa memicu rasa mual, khususnya bagi Anda yang sensitif terhadap rasa tersebut.

Jika Anda mengalami penyakit tertentu dan ingin mengonsumsi bunga pepaya dengan lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui batasan-batasan yang mesti dipatuhi saat mengonsumsi sajian tersebut.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar