Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perawatan Mulut yang Bisa Ditangani oleh Dokter Gigi Umum

Perawatan Mulut yang Bisa Ditangani oleh Dokter Gigi Umum

Ingin jaga kesehatan gigi dan mulut? Kunjungi dokter gigi secara berkala. Agar tidak salah, ketahui daftar perawatan mulut yang ditangani dokter gigi umum berikut ini!

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin. Anda juga perlu berkunjung ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Hal yang sering ditanyakan, jenis perawatan mulut apa saja yang sebenarnya ditangani oleh dokter gigi umum? Yuk, cari tahu!

1 dari 3 halaman

Daftar Perawatan di Dokter Gigi Umum

Berdasarkan drg. Wiena Manggala, berikut ini adalah beberapa jenis perawatan gigi dan mulut yang dapat Anda lakukan di dokter gigi umum:

  1. Pemeriksaan Keseluruhan Gigi dan Mulut

Dokter akan memeriksa setiap gigi menggunakan instrumen kecil yang dimasukkan ke dalam mulut, seperti cermin, sonde, dan probe.  

Dokter gigi akan mencari ada/tidaknya masalah di dalam mulut, seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, atau kondisi lainnya.

  1. Tambal Gigi 

Kerusakan gigi yang menyebabkan rongga (gigi berlubang) perlu diobati dengan penambalan. 

Dokter gigi akan menggunakan bor dan alat lain untuk menghilangkan kerusakan dan membersihkan rongga, agar nantinya dapat diberikan bahan penambal gigi. 

Terdapat berbagai bahan untuk menambal gigi. Anda akan diberi saran oleh dokter gigi tentang bahan yang paling sesuai berdasarkan ukuran dan bentuk karies, serta gigi yang perlu ditambal.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

  1. Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar adalah prosedur untuk mengganti pulpa gigi yang rusak atau terinfeksi dengan tambalan. 

Selama perawatan saluran akar, saraf yang terinfeksi akan diangkat dari gigi. Dokter gigi juga akan membersihkan dan membentuk saluran akar dengan bor maupun kikir kecil. 

Bagian dalam gigi juga ikut dibersihkan, dikeringkan, dan dikemas dengan bahan pengisi hingga ke ujung akar. 

Hal ini dilakukan juga guna mencegah gigi patah, yang dapat terjadi setelah perawatan saluran akar. 

  1. Pencabutan Gigi atau Akar Gigi Anak dan Dewasa

Gigi yang rusak parah atau membusuk mungkin perlu dicabut. Dokter gigi juga dapat merekomendasikan pencabutan untuk menangani gigi bungsu yang menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

  1. Pembuatan Gigi Palsu

Dokter gigi umum bisa membuatkan gigi palsu atau tiruan untuk menggantikan sebagian atau seluruh gigi asli  yang sudah tanggal dan tidak dapat tumbuh lagi. 

  1. Pembersihan Karang Gigi

Dokter gigi umum dapat membersihkan karang gigi dengan optimal. Prosedur tersebut dilakukan dengan melibatkan pengangkatan kotoran yang menumpuk, termasuk partikel makanan, plak lunak, dan lainnya yang membentuk karang gigi. 

Dokter gigi umum akan membersihkan dan memoles gigi Anda menggunakan sikat berputar dengan pasta pemoles. Hal ini membantu mengobati dan mencegah penyakit gusi.

  1. Merapikan Gigi dengan Alat Ortodontik

Perawatan ortodontik sering direkomendasikan untuk memperbaiki kelainan pada posisi rahang dan gigi, seperti gigi berjejal, gigi berlebih atau menonjol. 

Prosedur ini dapat dilakukan oleh dokter gigi, khususnya jika kasusnya tidak terlalu sulit . 

Pasalnya, proses merapikan gigi yang terlalu berat hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis ortodontik. 

Artikel Lainnya: Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

2 dari 3 halaman

Kapan Harus Berobat ke Dokter Gigi Umum?

Berdasarkan drg. Wiena, Anda dianjurkan untuk segera berobat ke dokter gigi umum apabila mengalami rasa sakit atau gusi terlihat merah dan bengkak. 

“Bisa juga (ke dokter gigi umum) setiap enam bulan sekali untuk pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin,” ucap drg. Wiena.

"Anda juga dianjurkan periksa ke dokter gigi umum apabila sudah merasa ada yang tidak nyaman di mulut, misalnya sariawan atau luka," pungkasnya.

Lakukan perawatan di dokter gigi secara berkala, agar kesehatan mulut Anda senantiasa terjaga. 

Apabila punya pertanyaan atau ingin coba berkonsultasi kepada dokter gigi umum maupun spesialis, Anda dapat menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

1 Komentar