Sukses

Mengenal Earthing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ternyata, kebiasaan berjalan tanpa alas kaki dan berbaring di tanah termasuk dalam terapi earthing atau grounding yang bermanfaat! Simak di sini.

Melakukan aktivitas di alam bebas seperti naik gunung dan pergi ke pantai memang menyenangkan. Bagaimana tidak? Ketika Anda bisa berhubungan langsung dengan bumi, kesehatan fisik maupun mental dapat meningkat dengan sendirinya.

Aktivitas yang dapat mendekatkan diri kepada bumi ini sebenarnya bisa berupa beberapa hal, seperti jalan dengan telanjang kaki di rumput, berendam, dan lain sebagainya. Nah, kegiatan-kegiatan tersebut termasuk dalam terapi grounding atau earthing. Apa itu?

Berkenalan dengan Metode Earthing

Melansir Healthline, grounding atau earthing adalah teknik terapi dengan melakukan aktivitas yang membuat seseorang kembali terhubung pada bumi.

Singkatnya, segala aktivitas yang dilakukan akan membuat seseorang bersentuhan fisik secara langsung dengan elemen bumi.

Dokter Theresia Rina Yunita mengatakan, earthing bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, baik di luar maupun di dalam ruangan. Yang penting, bisa langsung bersentuhan fisik dengan bumi, sehingga ada gelombang elektrik bumi yang membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, beberapa studi menyatakan earthing sangat baik untuk meningkatkan mood dan meredakan rasa sakit.

Dalam sebuah penelitian kecil tentang grounding dan kesehatan jantung, sepuluh partisipan yang sehat diminta untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Setelahnya, tensi darah pun diukur sebelum dan setelah terapi earthing dilakukan.

Hasilnya, penggumpalan sel darah merah secara signifikan berkurang setelah terapi earthing. Nantinya, hal ini akan berhubungan langsung dengan kesehatan jantung.

Artikel lainnya: 4 Kebiasaan untuk Kesehatan Jantung Keluarga Anda

1 dari 4 halaman

Tipe Earthing yang Bisa Dicoba

Bila Anda tertarik mencoba terapi earthing, ada empat tipe yang bisa dilakukan, yakni:

1. Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput, tanah, dan pasir pantai memang terdengar menjijikan bagi beberapa orang. Tapi, tahukah Anda bahwa berjalan tanpa alas kaki di alam bebas bisa jadi salah satu teknik earthing yang paling bermanfaat?

Baik di atas rumput, pasir, ataupun lumpur sekali pun, membiarkan kulit menyentuh tanah secara langsung bisa memberikan energi yang positif.

2. Berbaring di Atas Tanah

Tipe terapi earthing ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kontak fisik kulit-ke-bumi. Sebagai rekomendasi, lakukan di rerumputan atau pasir di pantai.

Bila akan mencoba terapi ini, pastikan berbaring di tempat yang dapat membuat Anda nyaman dan aman.

3. Berendam di Dalam Air

Selain di daratan, terapi earthing juga bisa dilakukan di dalam air. Caranya, Anda bisa berendam di dalam danau atau berenang di laut bebas.

Hanya saja, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak takut dengan kedalaman, bisa berenang, dan tidak mudah panik ketika berada di laut bebas. Utamakan keselamatan diri, barulah terapi ini bisa dilakukan.

4. Menggunakan Alat

Bila situasi tidak memungkinkan untuk bersentuhan langsung dengan alam, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti tongkat bermaterial metal yang ditempelkan ke tanah dan dihubungkan ke tubuh melalui untaian kawat.

Artikel lainnya: 8 Manfaat Berlibur ke Alam Terbuka bagi Si Kecil

2 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan dari Terapi Earthing

Sampai saat ini, penelitian tentang terapi grounding atau earthing memang masih berlanjut. Tapi, bukan berarti terapi ini tidak memiliki manfaat kesehatan.

Dijelaskan oleh dr. Theresia, berikut beberapa manfaat melakukan earthing bagi tubuh:

1. Membantu Redakan Kelelahan Kronis

“Beberapa studi menemukan, terapi earthing bisa memperbaiki pola tidur pada mereka yang mengalami kelelahan dan nyeri kronis. Jadi, masalah kelelahan atau insomnia pun bisa diatasi dengan terapi ini,” ujarnya.

2. Mencegah Peradangan

Adanya gelombang elektrik dari bumi yang didapatkan saat melakukan earthing ternyata berkhasiat seperti antioksidan. Manfaat ini baik untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda peradangan seperti bengkak, panas, nyeri, dan kemerahan.

Selain itu, melakukan earthing juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Memperbaiki Mood

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, terapi earthing juga memberi dampak positif pada kesehatan mental.

Setelah melakukan terapi earthing dengan tipe-tipe yang ada, akan ada peningkatan hormon bahagia yang nantinya akan berpengaruh pada mood Anda.

Artikel lainnya: Inilah Manfaat Menikmati Alam untuk Kesehatan Anda

 

3 dari 4 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Lakukan Earthing!

Dokter Theresia berpesan, “Earthing memang bisa dilakukan siapa saja, namun perlu diperhatikan keamanannya. Perhatikan risiko tersengat listrik saat melakukan metode ini. Karena, pada dasarnya terapi earthing bukanlah pengobatan utama untuk menyembuhkan penyakit atau memperbaiki mood, melainkan hanya pendamping saja.”

Kemudian, tidak ada batasan berapa lama boleh melakukannya. Namun, jika tujuan melakukan metode ini untuk menghilangkan nyeri kronis atau kondisi medis lainnya tapi belum ada perbaikan kondisi, maka ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Bersahabatlah dengan alam, Anda pun akan dapat merasakan manfaat atau energi positif darinya. Lakukan terapi earthing dengan bijak dan hati-hati, ya.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar terapi kesehatan, pakai Live Chat dari KlikDokter. Dapatkan beragam informasi lengkap seputar kesehatan hanya di KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar