Sukses

Manfaat Makan Anggur Hitam Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang manis, buah anggur hitam juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, anggur juga punya banyak jenis dan masing-masing memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

Lalu, bagaimana dengan anggur hitam, apa manfaatnya untuk kesehatan? Baca terus ulasan berikut untuk mengetahui fakta kesehatan di balik anggur hitam.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Anggur Hitam Untuk Kesehatan

Anggur memiliki berbagai macam warna, ada yang berwarna hijau, merah, dan hitam. Secara garis besar, semua jenis anggur ini memang punya manfaat yang mirip untuk kesehatan. Akan tetapi, mari baca penjelasan lebih mendalam mengenai anggur hitam di sini.

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan bahwa sama halnya dengan anggur hijau dan merah, anggur hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Anggur juga dapat dikatakan sebagai buah yang dapat mencegah kanker.

Mengutip laman WebMD, ada beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur hitam, seperti:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Potassium
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Magnesium
  • Tembaga

Artikel Lainnya: Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah anggur, berikut beberapa manfaat anggur hitam yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah Radikal Bebas

“Kandungan antioksidan dalam buah anggur hitam lebih banyak ketimbang buah anggur merah dan anggur hijau. Sehingga anggur hitam baik dalam mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas,” kata dr. Devia.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Anggur hitam memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan resveratrol. Zat resveratrol ditemukan efektif untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Melansir LiveStrong, kandungan resveratrol memiliki sifat antiinflamasi dan bisa mencegah obesitas karena menghambat pembentukan metabolisme lemak. Kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan mengarah ke penurunan berat badan yang lebih baik.

3. Mengandung Antimikroba

Menurut artikel penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, pil anggur hitam mengandung senyawa antimikroba polifenol dalam jumlah besar. Senyawa polifenol diyakini dapat mengontrol perkembangbiakan mikroorganisme patogen.

Studi tersebut turut mengungkapkan anggur hitam dapat mencegah jenis bakteri mematikan dan jamur yang memengaruhi kondisi kesehatan.

4. Meningkatkan Daya Ingat

“Kandungan resveratrol dalam anggur hitam juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Percobaan pada hewan menunjukan adanya kandungan resveratrol pada anggur yang bisa meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil,” ujar dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin K

Menurut National Institutes of Health (NIH), vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kebutuhan vitamin K pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia dan jenis kelaminnya.

Pada pria dewasa berusia 19 tahun ke atas, mereka membutuhkan 120 mikrogram vitamin K per hari, sedangkan wanita dewasa 19 tahun ke atas membutuhkan 90 mikrogram per hari.

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan dengan memperlambat pembekuan darah yang sering dialami oleh bayi atau wanita hamil. Lebih parah lagi, obat-obatan yang biasa dikonsumsi selama kehamilan, seperti heparin dan karbamazepin dapat mencegah metabolisme vitamin K.

Lalu, kurangnya penyerapan vitamin K dapat memengaruhi kesehatan janin atau bayi baru lahir. Risikonya, bayi dan anak-anak dapat mengalami kelainan tulang atau risiko perdarahan intrakranial.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Anggur hitam juga mengandung lutein dan zeaxanthin (termasuk dalam golongan karotenoid) yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Jika dikonsumsi secara rutin dalam porsi tepat, anggur hitam bisa mencegah kerusakan oksidatif dan mencegah kebutaan.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Lagi-lagi kandungan resveratrol dalam anggur hitam mengambil peran besar dalam kesehatan, salah satunya menurunkan risiko diabetes. Kandungan resveratrol dipercaya bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Pada akhirnya, manfaat ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa sehingga menurunkan kadar gula darah. Senyawa tersebut juga meningkatkan jumlah reseptor glukosa membran sel dan berkhasiat untuk membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Beragam Manfaat Anggur Merah untuk Kecantikan

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Makan Anggur Hitam

Menurut dr. Devia Irine, jika anggur hitam dimakan secara rutin atau setiap hari dalam jumlah pas, maka buah ini tidak akan memberikan efek samping.

Namun, bukan berarti buah ini boleh dimakan secara sembarangan. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang bisa menjadikan buah anggur jadi cukup berbahaya, misalnya:

  • Anggur hitam tidak boleh dimakan bersamaan ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya warfarin). Risikonya, bisa terjadi peningkatan bleeding atau memar.
  • Selain itu, jangan mengonsumsi anggur bersamaan dengan obat seperti haloperidol, clozapine, atau propanolol. Sebab kandungan anggur hitam bisa mengurangi efektivitas obat tersebut. Kalau memang sedang mengonsumsi obat tertentu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter yang memberikan obat.
  • Jangan makan buah anggur jika Anda memiliki masalah di sistem pencernaan. Buah anggur memiliki kandungan serat tidak larut air sehingga sulit dicerna dan memperparah kondisi gangguan pencernaan.

Nah, itu dia beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi jika Anda makan buah anggur dalam kondisi-kondisi tertentu. Untuk itu, batasi porsi harian makan anggur dan jangan lupa cuci buahnya sebelum disantap.

Cari tahu informasi dan manfaat kesehatan makan buah lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi kesehatan secara langsung dengan dokter via Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar