Berita Kesehatan

Makan Permen Karet Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Nesia Qurrota Ayuni, 16 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa orang gemar mengunyah permen karet saat beraktivitas. Ternyata, permen karet disebut mampu meningkatan konsentrasi. Bagaimana faktanya?

Makan Permen Karet Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Saat menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, seringkali beberapa pemain tampak mengunyah permen karet. Mereka mengunyah dan berlarian ke sana ke mari sambil mencari peluang untuk mencetak gol.

Tidak diketahui secara pasti alasan pemain bola gemar mengunyah permen karet. Namun, berbagai studi mengatakan, mengunyah permen karet dapat menghadirkan sejumlah manfaat kesehatan. Permen karet diyakini bisa meningkatkan konsentrasi sehingga seseorang bisa lebih fokus dan produktif.

Tidak hanya pemain bola saja rupanya yang suka mengunyah permen karet, Sebagian masyarakat pun banyak menggemarinya. Lalu, benarkah mengunyah permen karet bisa meningkatkan konsentrasi?

Penelitian: Mengunyah Permen Karet Bisa Mempertahankan Fokus

Menurut sebuah studi yang dilansir dari Science Daily dan dipublikasi oleh British Journal of Psychology, mengunyah permen karet dapat membantu seseorang tetap fokus saat mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi terus menerus.

Studi tersebut melibatkan 38 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok diminta menyelesaikan tugas audio selama 30 menit yang berisi materi mendengarkan daftar nomor 1-9 yang dibacakan secara acak.

Artikel Lainnya: Menelan Permen Karet, Ini Dampaknya pada Tubuh

Peserta dinilai berdasarkan seberapa akurat dan cepat mereka dalam mendeteksi urutan angka ganjil-genap-ganjil, seperti 7-2-1. Peserta juga mengisi kuesioner tentang suasana hati mereka sebelum dan sesudah melakukan tugas tersebut.

Hasil menunjukkan, partisipan yang  mengunyah permen karet memiliki waktu reaksi lebih cepat dan hasil jawaban yang lebih akurat dibandingkan partisipan yang tidak mengunyah permen karet. Hal tersebut utamanya terjadi menjelang akhir tugas.

“Peserta yang tidak mengunyah permen karet sedikit lebih baik di awal mengerjakan tugas, tetapi menurun di akhir. Penelitian ini menunjukkan, mengunyah permen karet membantu kita fokus terhadap tugas yang memerlukan pemantauan (konsentrasi) terus menerus dalam waktu yang lama,” kata Kate Morgan, peneliti yang terlibat dalam studi.

Artikel Lainnya: Makan Permen Karet Tanpa Merusak Gigi, Ini Caranya

Kata Psikolog Tentang Mengunyah Permen Karet dan Konsentrasi

Ikhsan Bella Persada M.Psi., Psikolog turut membenarkan anggapan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan konsentrasi.

“Karena ketika mengunyah itu akan memberikan stimulus fisiologis. Ketika fisiologisnya terstimulasi, maka bisa meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya ingat dalam proses belajar, dan bahkan kinerja kita saat bekerja. Jadinya orang itu bisa konsentrasi lebih lama dari biasanya ketika makan permen karet,” papar Ikhsan.

Di samping itu, menurut Ikhsan, makan permen karet dapat membuat tingkat stres menurun.  Alhasil, kinerja serta fokus terhadap pekerjaan juga jadi maksimal.  Dengan menimbang berbagai manfaat tersebut, maka tidak ada salahnya mencoba alternatif mengunyah permen untuk meningkatkan konsentrasi.

“Tapi ingat juga, tidak semua orang bisa menerapkan cara itu karena bisa saja ada yang pas makan manis-manis jadi hiperaktif atau ada yang punya sakit diabetes. Jadi perlu dipertimbangkan,” saran Ikhsan.

Kita tidak dianjurkan untuk makan permen karet terlalu banyak. Sebab jika terlalu sering atau banyak, makan permen karet akan berdampak bagi kesehatan, seperti nyeri rahang, timbul masalah pencernaan, dan lain sebagainya.

Itu dia fakta mengenai mengunyah permen karet dan manfaatnya untuk meningkatkan konsentrasi. Untuk tahu informasi kesehatan unik lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Tips Kesehatan

Konsultasi Dokter Terkait