Sukses

Manfaat Pepaya untuk Jerawat, Apakah Terbukti Efektif?

Selain baik untuk saluran pencernaan, makan buah pepaya disebut efektif dalam menghilangkan jerawat. Apa kata medis terkait hal ini?

Pepaya merupakan buah khas negara tropis yang telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini tidak hanya bisa melancarkan saluran pencernaan, tapi juga diduga dapat bantu mengobati jerawat. 

Manfaat pepaya untuk jerawat diduga berkat kandungan vitamin A, E, B, dan C yang ada di dalamnya. Pertanyaannya, apakah medis setuju dengan manfaat pepaya untuk jerawat? Yuk, cari tahu!

1 dari 3 halaman

Menyingkap Manfaat Pepaya untuk Jerawat

Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain dan chymopapain. Kandungan vitamin tersebut diketahui dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit secara efektif. 

Selain itu, dua enzim yang terkandung dalam pepaya dapat mendukung dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka di kulit. Kedua enzim tersebut dapat pula mencegah infeksi akibat jerawat. 

Pepaya mengandung vitamin A, yaitu senyawa yang dibutuhkan produksi sebum dalam menjaga kelembapan, serta perkembangan kulit dan rambut. Vitamin C di dalam pepaya berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan kolagen.

Enzim papain dan chymopapain juga bisa mengurangi peradangan, termasuk akibat jerawat, dengan membuang sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. 

Artikel Lainnya: Pakai Sabun Pepaya Palsu, Ini Efeknya Bagi Kulit

Pepaya tak hanya untuk bermanfaat untuk mengatasi jerawat, kesehatan kulit pun akan lebih terjaga. Khasiat ini diperoleh dari berbagai kandungan yang amat mendukung di dalam pepaya. 

Berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya untuk kulit: 

  • Mencerahkan Kulit Wajah 

Kandungan vitamin A dan C dalam pepaya dipercaya dapat secara efektif memutihkan kulit wajah. Anda cukup menjadikannya sebagai masker mingguan. 

Caranya, haluskan pepaya dan campur dengan satu sendok kunyit. Aduk hingga rata dan tambahkan satu sendok makan madu. Kembali aduk hingga rata, dan oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air sejuk setelahnya. 

  • Mengurangi Kerutan 

Faktanya, sebagian besar kerusakan kulit dan kerutan akibat penuaan berhubungan dengan aktivitas radikal bebas yang berlebihan.

Di sisi lain, pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang membantu menghambat aktivitas radikal bebas sehingga melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

  • Pengobatan Melasma 

Buah yang satu ini diduga bisa digunakan untuk mengobati melasma. Melasma adalah masalah kulit yang ditandai dengan bercak kecokelatan pada wajah.

Jika mengalami kondisi tersebut, Anda bisa memanfaatkan masker pepaya. Pasalnya, pepaya memiliki enzim, beta-karoten, vitamin, dan fitokimia yang semuanya memiliki efek pencerah kulit. 

Meski begitu, belum ada penelitian lanjutan mengenai manfaat masker pepaya yang satu ini. Dengan kata lain, manfaatnya untuk pengobatan melasma masih bersifat abu-abu alias belum pasti.

Artikel Lainnya: Cara Aman Membuat Masker Pepaya di Rumah

2 dari 3 halaman

Cara Pakai Pepaya Untuk Atasi Jerawat

Untuk mengatasi permasalahan jerawat, Anda bisa makan langsung buah pepaya sebagai pengobatan dari dalam.

Selain itu, Anda pun dapat mengolah pepaya untuk digunakan sebagai masker wajah. Ikuti beberapa cara di bawah ini: 

  1.  Membuat Masker Wajah Pepaya 

Haluskan beberapa potong buah tersebut dan langsung dioleskan ke wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. 

  1. Mengoleskan Jus Pepaya

Hancurkan papaya lalu ambil sari buahnya. Aplikasikan menggunakan kapas pada wajah. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Campurkan Pepaya dengan Madu 

Hancurkan pepaya, lalu campurkan dengan 2 sendok makan madu. Setelahnya, aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. 

Buah pepaya memang bermanfaat untuk membantu menangani kulit berjerawat. Anda bisa makan langsung pepaya atau menjadikannya sebagai masker. 

Tapi jangan lupa imbangi terapi tersebut dengan rajin mencuci wajah, mengonsumsi makanan sehat, serta memakai produk perawatan jerawat yang paling sesuai. 

Ingat, masker pepaya hanya sebatas mengurangi peradangan, bukan menyembuhkan jerawat. Artinya, butuh terapi pendukung lain agar manfaat pepaya untuk jerawat dapat dirasakan dengan optimal.

Punya pertanyaan seputar topik terkait atau kesehatan kulit dan kecantikan? Tanyakan kepada dokter melalui fitur Live Chat dari Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar