Sukses

Posisi Tidur Pasangan dan Artinya Menurut Psikolog

Tahukah Anda, posisi tidur pasangan di atas ranjang memiliki arti yang berbeda-beda? Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pernahkah Anda memperhatikan posisi tidur pasangan? Apakah ia memiliki posisi tidur yang bervariasi, atau hanya itu-itu saja?

Nyatanya, posisi tidur pasangan dapat menjadi tolok ukur perasaan dan keinginan dalam dirinya. Dengan mengetahui arti di balik posisi tidur pasangan, Anda pun dapat lebih memahami maksud dari tindakan orang kesayangan.

 

1 dari 3 halaman

Menyingkap Posisi Tidur Pasangan dan Artinya

Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog., menjelaskan bahwa posisi tidur pasangan memang bisa menandakan gambaran hubungan yang sedang terjadi.

Berikut penjelasan mengenai beberapa tipe posisi tidur pasangan dan artinya:

1. Memeluk Pasangan dari Belakang

Menurut Ikhsan, posisi tidur ini memiliki arti bahwa pasangan ingin memberikan rasa nyaman dan aman pada Anda.

“Kalau biasa saling memeluk itu, mereka punya ikatan emosional yang lebih baik dibandingkan hanya salah satunya saja yang memeluk,” kata Ikhsan.

Artikel lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

2. Saling Memunggungi

Saling memunggungi juga jadi posisi tidur yang paling banyak dilakukan oleh pasangan. Hanya saja, menurut Ikhsan, saling memunggungi juga jadi posisi tidur yang menandakan bahwa Anda dan pasangan sedang memiliki masalah.

Posisi saling memunggungi saat tidur juga bisa jadi tanda bahwa Anda dan pasangan sudah saling percaya satu sama lain tanpa harus mengekang untuk selalu melakukan segala sesuatu bersamaan.

3. Saling Berhadapan

Posisi tidur ini dapat berarti bahwa pasangan sedang memiliki masalah dan butuh perhatian satu sama lain, tapi gengsi untuk membicarakannya.

4. Saling Berhadapan dengan Menyentuh Satu Sama Lain

Mirip dengan posisi saling berhadapan. Namun, posisi ini diikuti dengan gestur tubuh lain, seperti saling menyentuh.

Posisi ini menunjukan bahwa kedua pasangan merasa lebih dekat dan bahagia ketika bisa menghabiskan waktu bersama. Sayangnya, berdasarkan survei oleh University of Hertfordshire Inggris pada tahun 2014. hanya sekitar 4 persen pasangan yang melakukan posisi tidur ini.

Artikel Lainnya: Waspada, Inilah Dampak Menaruh Gadget Dekat Kepala

5. Menopangkan Kaki

Pasangan sering menopangkan kaki pada tubuh Anda ketika tidur? Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa ia sedang butuh perhatian lebih.

Jika keduanya saling menopangkan kaki, maka Anda dan pasangan sudah memiliki hubungan asmara yang seimbang.

6. Tidur di Atas Dada Pasangan

Tidur di atas dada pasangan juga bisa disebut dengan the Nuzzle. Posisi tidur ini bisa jadi tanda Anda merasa aman dan nyaman berada di dekat pasangan.

Selain itu, posisi ini juga dipercaya ampuh mengeluarkan hormon bahagia, yang nantinya dapat membuat Anda dan pasangan menjadi semakin intim.

Artikel Lainnya: Benarkah Tidur dengan Pasangan Sering Ngorok Pengaruhi Kesehatan?

7. Tetherball

Tetherball merupakan posisi di mana satu pasangan akan meringkuk seperti bola, dan pasangan lainnya terlentang sambil memegangnya.

Posisi tidur seperti ini dihubungkan dengan kesuksesan dan kebahagiaan pasangan dalam menjalin hubungan. Bahkan, sebesar 94 persen pasangan yang tidur dengan posisi ini melaporkan bahwa mereka lebih bahagia.

8. Tengkurap

Tidur tengkurap bukanlah posisi yang sehat, karena dapat menyebabkan sakit punggung.

Selain itu, posisi tidur ini juga dapat menjadi tanda bahwa Anda dan pasangan sama-sama kurang percaya satu sama lain.

9. Tentara

Posisi tentara dilakukan tanpa bergerak ke sana kemari selama tidur. Tangan Anda juga menjulur ke bawah, dengan kaki tegak lurus ke depan. Posisi ini dianggap tidak nyaman dan bisa memperburuk dengkuran.

10. Chasing Spoon

Chasing spoon merupakan posisi tidur, di mana satu orang akan menjauh ke sisi lain kasur dan orang lainnya akan memeluk dari belakang seolah-olah sedang mengejar.

Posisi ini memiliki dua arti, yakni pasangan ingin menggoda Anda, atau sedang membutuhkan ruang sendiri.

Artikel Lainnya: Ini Dia Posisi Tidur Terbaik agar Anda Bebas dari Mengorok

2 dari 3 halaman

Apakah Posisi Tidur Pasangan Selalu Punya Arti Demikian?

Tidak dimungkiri, setiap orang bisa saja memiliki posisi tidur yang berbeda-beda. Bukan tidak mungkin, posisi tidur yang dilakukannya di hari itu adalah ketidaksengajaan lataran dirinya sering ngulet.

“Boleh saja jika ingin percaya posisi tidur pasangan dan artinya, tapi jangan dijadikan sebagai patokan,” ucap Ikhsan.

“Pada dasarnya, posisi tidur tidak melulu mengartikan sesuatu. Jadi, jangan langsung menuduh atau merasa terpojok saat pasangan menunjukkan posisi tidur yang berbeda dari biasanya,” tegasnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai arti di balik posisi tidur pasangan? Punya keluhan dan pertanyaan seputar masalah kesehatan mental? Anda dapat mengonsultasikannya kepada psikolog dan dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar