Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Teh Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Diketahui Sejauh Ini

Manfaat Teh Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Diketahui Sejauh Ini

Pernah berpikir untuk meracik daun pepaya menjadi teh? Kata orang-orang, manfaat teh daun pepaya bagi kesehatan sangatlah beragam. Apakah medis setuju? Yuk, cari tahu!

Daun pepaya biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan. Namun, tak sedikit pula orang yang meracik daun pepaya untuk dijadikan sebagai teh. 

Menurut orang-orang yang mengonsumsinya, manfaat teh daun pepaya bagi kesehatan sangatlah beragam. Hal tersebut berkat kandungan vitamin A, vitamin C, karbohidrat, kalsium, dan protein yang ada di dalam daun pepaya.

Hal yang jadi pertanyaan, apakah medis mengakui manfaat minum teh daun pepaya? Atau, manfaat-manfaat tersebut hanyalah dugaan yang belum tentu sesuai fakta?

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Daun Pepaya untuk Kesehatan

Apa saja manfaat teh daun pepaya untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Memiliki Sifat Antikanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu.

Ekstrak daun pepaya ditemukan memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara dalam penelitian tabung reaksi.

Artikel Lainnya: Daun Pepaya Bisa Atasi Demam Berdarah?

  1. Mendukung Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala gangguan pencernaan, seperti kembung dan sakit perut.

Daun pepaya mengandung serat, yang merupakan senyawa untuk membantu mengoptimalkan fungsi saluran cerna. 

Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa unik yang disebut papain. Senyawa ini dikenal dengan kemampuannya memecah protein sehingga lebih mudah dicerna. Papain juga telah digunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut

Gangguan pada kulit kepala dan rambut dapat terjadi akibat kadar stres oksidatif yang tinggi di dalam tubuh. Di sisi lain, pepaya mengandung antioksidan kuat yang mampu melawan stres oksidatif.

Oleh karena itu, masker dan jus daun pepaya sering dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Konsumsi Daun Pepaya bagi Kesehatan Anda

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Papain adalah enzim pelarut protein yang dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Penggunaan senyawa tersebut pada kulit juga diduga dapat mengurangi sumbatan pada pori-pori, dan mengatasi jerawat.

Selain itu, papain juga dapat menurunkan risiko munculnya jaringan parut pada percobaan menggunakan kelinci.

  1. Mengatasi Demam Tifoid

Kehadiran tanin di dalam daun pepaya disebut dapat mencegah perkembangan cacing dan jamur berbahaya di dalam tubuh. Tidak heran, daun pepaya dianggap dapat mengurangi gejala demam tifoid apabila diracik sebagai minuman.

Meski terdengar menjanjikan, manfaat teh daun pepaya bagi kesehatan sebenarnya masih belum dapat dipastikan. Hal ini pun dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong. Menurutnya, kegunaan teh daun pepaya yang disebutkan di atas memang sudah melalui penelitian. Hanya saja, mayoritas penelitian tersebut masih terbatas pada binatang.

"Harus hati-hati saja interpretasinya. Dilihat dulu, itu penelitian sudah pada manusia apa belum? Kalau belum, berarti efeknya pada manusia masih belum dapat dipastikan," tegas dr. Sepriani.

Artikel Lainnya: Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Efek Samping Akibat Konsumsi Teh Daun Pepaya

Meski manfaat minum teh daun pepaya masih belum dapat dipastikan, tak ada salahnya jika Anda ingin coba mengonsumsi sajian tersebut. Namun, Anda mesti tetap berhati-hati terhadap efek samping yang mungkin saja terjadi. 

"Efek sampingnya mungkin terjadi kalau diseduh terlalu lama, atau dikonsumsi berlebihan," ungkap dr. Sepriani.

"Karena mengandung kafein, jadinya efek samping yang mungkin terjadi adalah gelisah dan sulit tidur. Dapat pula meningkatkan risiko anemia, sebab zat tanin di dalamnya dapat mengganggu penyerapan zat besi," pungkasnya.

Manfaat teh daun pepaya bagi kesehatan belum dapat dipastikan. Namun, jika Anda tetap memaksakan diri untuk mencoba sajian tersebut, pastikan mengolahnya dengan cara yang tepat dan membatasi porsi agar tidak berlebihan. 

Jika mengalami efek samping akibat konsumsi teh daun pepaya, jangan tunda untuk konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar